Sukses

Berakhir Tragis, Pria Ini Terlempar Saat Bermain Air Mancur Terkuat di Dunia

Pria nekat memasukkan kepalanya ke air mancur terkuat di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mengalami luka serius setelah bermain dengan Jet D'Eau, air mancur terbesar di dunia yang terkenal di Danau Jenewa, Swiss. Kejadian ini dinilai sangat berbahaya. Pria berusia sekitar 20 tahun yang namanya belum diketahui, nekat bermain di area yang terlarang. Tepatnya di sekitar air mancur raksasa, Jet D'Eau.

Dia memasukkan kepalanya ke dalam pancuran air yang sangat kuat dari air mancur tersebut. Jet D'Eau bisa memancarkan 500 liter air per detik dengan kecepatan 200 kilometer per jam, setinggi 140 meter (460 kaki) di udara.

Melansir dari Oddity Central, bahwa ketika air keluar dengan kuat, pria itu sampai terangkat beberapa meter ke atas oleh tenaga airnya. Beruntung, dia selamat dari kejadian ini saat pertama kali mencobanya.

Berikut Liputan6.com rangkum kejadian ketika seorang pria Swiss nekat bermain dengan air mancur terbesar di dunia, pada Rabu (30/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percobaan Berulang Berhadapan dengan Air Mancur Terkuat

Namun, dia tidak berhenti di situ. Dia mencoba lagi, dan kali ini air kuat dari Jet D'Eau mengangkatnya beberapa meter lagi lebih tinggi sebelum ia jatuh keras ke lantai beton.

Setelah kejadian nahas itu, pria ini kabur melompat ke dalam Danau Jenewa dekat air terjun.

Polisi datang setelah mendapat laporan dari saksi mata dan menyelamatkannya dari danau. Pria itu kemudian dibawa ke rumah sakit untuk memeriksa luka-lukanya. Sampai sekarang, belum ada informasi pasti tentang kondisinya.

Orang yang melihat kejadian itu mengatakan, "Polisi datang dan meminta Jet D'Eau dimatikan agar mereka bisa menyelamatkannya," kata seorang saksi mata.

 

3 dari 3 halaman

Air Mancur Terkuat Pancarkan 500 liter Air Per Detik

Services Industriels de Genève (SIG), yang mengelola Jet D'Eau, berencana untuk melaporkan pria itu karena masuk tanpa izin ke dalam area air mancur raksasa. Ini adalah langkah penting untuk menunjukkan bahwa keamanan adalah hal yang sangat penting.

Menurut laporan dari BBC, Jet D'Eau telah menjadi tempat wisata di Jenewa selama lebih dari 130 tahun. Ini adalah salah satu air mancur tertinggi di dunia yang bisa memancarkan 500 liter (110 galon) air per detik dan mencapai ketinggian 140 meter (459 kaki) sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Atas kejadian ini, banyak pihak setuju tindakan pria ini bermain-main air mancur raksasa dengan arus yang kuat, sangat membahayakan. Kejadian ini menjadi contoh yang tidak seharusnya diikuti oleh siapa pun.

Ketika berita ditulis, kondisi pria yang terlempar air mancur terkuat di dunia belum dikabarkan dengan pasti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.