Sukses

Kenali Penyakit Gout, Penyebab, Jenis dan Gejalanya

Penyakit gout lebih dikenal dengan asam urat.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit gout adalah jenis radang sendi umum yang menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kekakuan pada persendian. Biasanya penyakit gout mempengaruhi sendi di jempol kaki.

Penyakit gout paling umum terjadi pada pria. Wanita pada masa menopause juga rentan terhadap penyakit ini. Penyakit Gout disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam darah, atau hiperurisemia. Maka dari itu penyakit gout lebih sering dikenal sebagai asam urat.

Serangan penyakit gout dapat terjadi secara tiba-tiba. Sendi yang terkena akan terasa panas, bengkak, dan begitu lunak. Mengetahui penyebab, jenis, dan gejala penyakit gout akan membuat Anda lebih waspada terhadap penyakit ini di usia lanjut.

Berikut ulasan mengenai penyakit gout, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin, (20/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab penyakit gout

Menurut Mayo Clinic, penyakit gout terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri hebat. Kristal urat dapat terbentuk ketika seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Tubuh menghasilkan asam urat ketika memecah purin, zat yang ditemukan secara alami di tubuh. Purin juga ditemukan dalam makanan tertentu, seperti steak, daging organ dan makanan laut. Makanan lain juga meningkatkan kadar asam urat, seperti minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman yang dimaniskan dengan fruktosa.

Biasanya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke dalam urin. Namun terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat yang tajam, seperti jarum di dalam sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan.

3 dari 7 halaman

Gejala penyakit gout

Nyeri sendi yang intens

Penyakit gout biasanya memengaruhi sendi besar jempol kaki, tetapi itu bisa terjadi pada sendi mana pun. Sendi yang sering terkena lainnya termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya mungkin paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah dimulai.

Rasa tidak nyaman

Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung berlangsung lebih lama dan memengaruhi lebih banyak persendian.

4 dari 7 halaman

Gejala penyakit gout

Peradangan dan kemerahan

Sendi yang terkena atau sendi menjadi bengkak, lunak, hangat dan merah.

Rentang gerak terbatas

Saat penyakit gout berkembang, seseorang mungkin tidak dapat menggerakkan sendi secara normal.

Sering terjadi di malam hari

Gejala penyakit gout biasanya muncul tiba-tiba tanpa peringatan, sering di tengah malam. Jika penyakit gout tidak segera diobati, penyakit ini akan berkembangn menjadi kronis. Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya dapat berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. Deposit ini secara permanen dapat merusak sendi.

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis penyakit gout

Hiperurisemia asimptomatik

Seseorang mungkin memiliki kadar asam urat yang meningkat tanpa gejala luar. Pada tahap ini, pengobatan tidak diperlukan, meskipun kristal urat dapat mengendap di jaringan dan menyebabkan sedikit kerusakan.

Gout akut

Tahap ini terjadi ketika kristal urat yang telah mengendap tiba-tiba menyebabkan peradangan akut dan nyeri hebat. Serangan mendadak ini disebut sebagai "suar" dan biasanya akan mereda dalam waktu 3 hingga 10 hari. Suar kadang-kadang dapat dipicu oleh peristiwa stres, alkohol dan obat-obatan, serta cuaca dingin.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis penyakit gout

Gout interval atau interkritis

Tahap ini adalah periode di antara serangan gout akut. Gejala penyakit gout berikutnya mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, meskipun jika tidak diobati, seiring waktu, mereka dapat bertahan lebih lama dan terjadi lebih sering. Selama interval ini, kristal urat lebih lanjut disimpan di jaringan.

Gout tophaceous kronis

Gout tophaceous kronis adalah jenis gout yang paling melemahkan. Kerusakan permanen mungkin terjadi pada sendi dan ginjal. Pasien dapat menderita radang sendi kronis dan mengembangkan tophi, benjolan besar kristal urat, di area tubuh yang lebih dingin seperti sendi jari.

Pseudogout

Gejala-gejala pseudogout sangat mirip dengan gejala-gejala gout, meskipun peningkatan suar biasanya kurang parah. Perbedaan utama antara gout dan pseudogout adalah bahwa persendian teriritasi oleh kristal kalsium pirofosfat daripada kristal urat. Pseudogout membutuhkan perawatan yang berbeda dengan asam urat.

7 dari 7 halaman

Makanan yang harus dihindari pengidap gout

Makanan tertentu secara alami tinggi purin, yang tubuh urai menjadi asam urat. Kebanyakan orang tidak memiliki masalah dengan makanan purin tinggi, tetapi jika tubuh mengalami kesulitan melepaskan asam urat berlebih, jenis makanan ini perlu dihindari:

- Jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya yang biasanya ditemukan pada berbagai masakan.

- Daging, termasuk sapi, domba, dan babi serta konsumsi daging lain dalam jumlah yang besar.

- Ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), haring, dan kerang.

- Kuah daging yang lebih kental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.