Sukses

8 Manfaat Bawang Merah bagi Kecantikan, Tinggi Antioksidan

Gunakan jus bawang merah serta campuran bahan alami lainnya untuk mendapatkan kulit sehat.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari bawang merah. Mulai dari penambah cita rasa masakan, manfaat bawang merah bagi kesehatan, hingga manfaat bawang merah bagi kecantikan. 

Bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, seperti noda hitam. Bawang merah dapat memperbaiki tekstur kulit dengan menggunakannya sebagai bahan alami facial wajah.

Manfaat bawang merah bagi kecantikan didapat karena mengandung vitamin, antioksidan, mineral, serta senyawa sulfur yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaat bawang merah bagi kecantikan, gunakan jus bawang merah atau bawang merah yang dihaluskan.

Berikut delapan manfaat bawang merah bagi kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bawang Merah Kaya Antioksidan

Senyawa antioksidan sangat tinggi dan beragam di dalam bawang merah. Mulai dari quercetin, kaempreol, dan berbagai antioksidan sulfur terdapat dalam bawang merah.

Antioksidan bisa didapatkan dengan mengiris atau menghancurkan bawang merah. Ketika antioksidan dilepaskan, maka akan membentuk senyawa penting lainnya yang disebut allicin.

Senyawa ini mampu membantu mengurangi mutasi sel dan berbagai jenis kanker. Bawang merah juga mampu meningkatkan kesehatan otak dan bersifat sebagai anti-virus untuk mencegah infeksi.

Penelitian juga telah menghubungkan bawang merah dengan berkurangnya risiko kanker paru-paru, kanker mulut, kanker lambung, kolorektal, dan kanker payudara. Efek antioksidan dari bawang merah juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut kamu.

3 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Merah bagi Kecantikan

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang merah mengandung sulfur yang mampu membantu menjaga kulit agar terlihat lebih muda. Mencuci atau membasuh wajah di pagi hari dengan air seduhan bawang merah yang dikupas bisa dilakukan untuk merasakan manfaatnya.

Kamu juga dapat menyembuhkan sengatan serangga menggunakan bawang merah. Untuk mengobati sengatan serangga, aplikasikan dengan bawang merah yang telah dihaluskan pada area yang terkena sengat.

Menjadikan Kulit Wajah Lembut dan Cerah

Manfaat bawang merah bagi kecantikan berikutnya mampu menjadikan kulit wajah lembut dan cerah. Untuk merasakannya, kamu dapat mencampurkan jus bawang merah dengan air mawar.

Aplikasikan masker bawang merah. Setelah itu cuci wajah dengan air mawar. Bawang merah akan membantu membuka pori-pori pada wajah, sementara air mawar membersihkan dan menutup pori.

4 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Merah bagi Kecantikan

Mengatasi Noda Hitam

Gunakan masker bawang merah pada wajah. Setelah 15 menit cuci wajah dengan air kelapa. Air kelapa akan bereaksi dengan kadar asam pada bawang yang dapat membantu menghilangkan permasalahan pada kulit wajah seperti noda hitam.

Menjadikan Kulit Lebih Memesona

Cuci wajah kamu terlebih dahulu dengan susu yang didinginkan. Kemudian bersihkan wajah dan keringkan.

Aplikasikan masker bawang merah dan biarkan beberapa menit lalu bersihkan. Cara ini akan memberikan manfaat bawang merah bagi kecantikan dengan membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah kamu lebih memesona.

5 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Merah bagi Kecantikan

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat bawang merah bagi kecantikan selanjutnya mampu menjaga kesehatan rambut. Manfaat bawang merah ini didapatkan dari adanya kandungan sulfur yang mampu membantu memproduksi jaringan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut.

Caranya, oleskan bawang merah yang telah dihaluskan ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan sampo dengan komposisi ringan.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat bawang merah bagi kecantikan juga mampu mengatasi kerontokan rambut hingga menyembuhkan kebotakan. Caranya, cukup siapkan merica, bawang merah, dan garam.

Haluskan semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi seperti pasta. Diamkan campuran ini selama 15 menit dan lakukan dalam empat hingga lima kali dalam seminggu.

6 dari 6 halaman

Manfaat Bawang Merah bagi Kecantikan

Mengatasi Ketombe

Mencampurkan jus bawang merah dengan perasan lemon, buttermilk, dan madu dipercaya dapat membantu mengobati ketombe. Caranya, cukup oleskan campuran bahan-bahan tersebut dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan sampo anti ketombe ringan.

Mengatasi Infeksi Kulit Kepala

Manfaat bawang merah bagi kecantikan juga bisa dirasakan untuk mengatasi infeksi kulit kepala. Caranya, cukup mengaplikasikan jus bwang merah ke kulit kepala.

Lakukan pijatan ringan. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.