Sukses

12 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami, Sehat dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan kulit wajah merupakan salah satu upaya yang banyak dicari. Hal ini dikarenakan kulit wajah kasar membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Adapun beragam penyebab wajah menjadi tidak halus atau kasar. Misalnya saja akibat terpapar polusi dan debu mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas dan kasar, bekas jerawat atau bopeng, komedo yang menumpuk, bopeng bekas cacar atau lukadan lain sebagainya.

Untuk memiliki kulit wajah kembali halus dan sehat, beragam cara menghaluskan kulit wajah pun dilakukan. Salah satu cara yang dipercaya ampuh dan menyehatkan dengan cara menghaluskan kulit wajah secara alami.

Selain ampuh dan menyehatkan, penggunaan bahan-bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah terbilang mudah dan aman untuk digunakan. Risiko efek samping pun sangat kecil ketika menggunakan bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah ini.

Berikut 12 cara menghaluskan kulit wajah secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Scrub Kopi dan Gula

Cara menghaluskan kulit wajah pertama yang bisa dicoba dengan scrub kopi dan gula. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah kering hingga mengelupas atau bersisik, kamu bisa menggunakan kopi dan gula sebagai scrub.

Gabungan kedua bahan ini dapat digunakan sebagai scrub kulit wajah agar kulit mati terangkat sehingga wajah menjadi halus dan mulus. Caranya dengan membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir.

Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Scrub Kopi dan Tomat

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami berikutnya bisa dengan kopi dan tomat. Senyawa antioksidan yaitu lycopene dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, tidak berminyak, dan menghaluskan wajah. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara menggunakannya dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

3 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Masker Lemon dan Madu

Lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu, kamu bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

Masker Kulit Jeruk dan Lemon

Bukan hanya air perasan jeruk saja yang berguna sebagai cara menghaluskan kulit wajah, melainkan kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menghaluskan wajah secara alami. Dibandingkan dengan daging buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Untuk mendapatkan kulit halus bebas noda, kamu bisa menggunakan kulit jeruk.

Caranya, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah kamu yang sebelumnya telah dibersihkan.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

4 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Masker Putih Telur, Jeruk Nipis, dan Madu

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah serta mencerahkan kulit, karena kaya protein dan sumber mikronutrien. Sedangkan jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Madu berguna sebagai pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya antioksidan dan dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi halus dan mulus.

Untuk membuat masker alami ini cukup campurkan putih telur, jeruk nipis, dan madu. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

Masker Pisang dan Yogurt

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami berikutnya dapat menggunakan pisang dan yogurt. Nutrisi pisang kaya akan vitamin C yang efektif untuk menghaluskan wajah secara alami.

Sedangkan yogurt mengandung kalsium dan zinc. Maka kedua campuran bahan alami ini dapat berguna untuk menghaluskan kulit wajah secara alami. Caranya, cukup haluskan 1 buah pisang kemudian tambahkan 2 sdm yogurt. Campur hingga merata lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

5 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Masker Mentimun

Mentimun kaya mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam dan menghaluskan kulit wajah.

Cara menghaluskan kuilit wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan diparut lalu aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

Gel Lidah Buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, gel lidah buaya juga berguna untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke wajah.

6 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Masker Alpukat dan Madu

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami berikutnya dengan menggunakan alpukat dan madu. Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C.

Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan juga halus.

Masker Pepaya dan Minyak Zaitun

Adanya enzim papain dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan kulit wajah.

Pepaya juga bisa berguna menjadi tabir surya alami bagi kulit wajah. Selainn itu, kandungan zat linoleic acid yang ada dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga mampu mencegah keriput dan membuat kulit tetap halus.

7 dari 7 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Masker Kunyit

Kunyit merupakan ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Bisa melembutkan, menyamarkan noda, dan meringankan pigmentasi (penggelapan).

Campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan susu hingga terbentuk pasta kental. Aplikasikan ke daerah wajah dan leher setiap hari untuk kulit yang halus tak bernoda.

Masker Tepung Beras

Tepung beras memiliki kandungan yang hampir sama dengan beras asli. Kandungan tepung beras antara lain karbohidrat, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin C. Kelima kandungan bahan alami inilah yang berguna untuk menghaluskan kulit wajah, menyerap minyak, menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, dan mengencangkan kulit wajah.

Cara menggunakan tepung beras untuk menghaluskan kulit wajah yang bopeng atau wajah bekas jerawat cukup mudah. Larutkan tepung beras hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit atau hingga masker tepung beras mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini