Sukses

Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Pancasila Berfungsi Sebagai Dasar Negara

Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai dasar negara dan ideologi Indonesia yang terdiri dari lima prinsip dasar yang menjadi landasan bagi pembangunan nasional dan kehidupan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila berfungsi sebagai dasar negara dan ideologi Indonesia yang terdiri dari lima prinsip dasar yang menjadi landasan bagi pembangunan nasional dan kehidupan masyarakat Indonesia. Kata "Pancasila" berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya "lima prinsip dasar".

Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai dasar nilai-nilai moral dan etika yang penting bagi kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Pancasila mengajarkan tentang pentingnya menjunjung tinggi keadilan, kebenaran, kesetaraan, kebebasan, dan persaudaraan sebagai nilai-nilai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai ideologi yang mengatur dan mengatur kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Pancasila adalah konsep dasar yang melandasi dan membimbing seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hubungan antara individu, masyarakat, dan negara.

Berikut ulasan Liputan6.com tentang sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai ideologi yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Pancasila berfungsi Sebagai Ideologi: Bulir Pancasila

Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai ideologi yang berasal dari kelima bulirnya. Berikut kelima prinsip dasar dalam Pancasila.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa 

Ketuhanan Yang Maha Esa mengakui bahwa ada kekuatan yang lebih tinggi yang mengatur alam semesta dan kehidupan manusia. Prinsip ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang beragama dan menghargai semua agama dan kepercayaan.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menekankan bahwa semua orang sama dalam martabat dan hak asasi manusia. Prinsip ini juga menegaskan bahwa keadilan sosial harus diterapkan dalam semua aspek kehidupan dan bahwa setiap individu harus diperlakukan dengan adil dan beradab.

3. Persatuan Indonesia 

Persatuan Indonesia menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya yang harus bersatu dan hidup bersama sebagai satu bangsa. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan nasional.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pembangunan nasional. Prinsip ini menunjukkan bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia menegaskan pentingnya memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki hak yang sama dalam kesempatan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Prinsip ini menunjukkan pentingnya mengatasi ketimpangan sosial dan ekonomi yang ada di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Sebagai Pandangan Hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi Sebagai Ideologi

Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai dasar negara Indonesia diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1945, saat proklamasi kemerdekaan Indonesia. Lima prinsip Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia diakui sebagai ideologi nasional Indonesia.

Pertama, prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa mengakui bahwa ada kekuatan yang lebih tinggi yang mengatur alam semesta dan kehidupan manusia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang beragama dan menghargai semua agama dan kepercayaan.

Kedua, prinsip Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menekankan bahwa semua orang sama dalam martabat dan hak asasi manusia. Prinsip ini juga menegaskan bahwa keadilan sosial harus diterapkan dalam semua aspek kehidupan dan bahwa setiap individu harus diperlakukan dengan adil dan beradab.

Ketiga, prinsip Persatuan Indonesia menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya yang harus bersatu dan hidup bersama sebagai satu bangsa. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan nasional.

Keempat, prinsip Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pembangunan nasional. Prinsip ini menunjukkan bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Kelima, prinsip Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia menegaskan pentingnya memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki hak yang sama dalam kesempatan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Prinsip ini menunjukkan pentingnya mengatasi ketimpangan sosial dan ekonomi yang ada di Indonesia.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia juga berfungsi sebagai kerangka kerja yang membimbing pembangunan dan pengembangan nasional. Konsep ini memberikan orientasi dan tujuan yang jelas bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemajuan nasional.

Pancasila juga berfungsi sebagai alat untuk membangun hubungan antara Indonesia dan negara lain di dunia internasional. Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila berfungsi sebagai, nilai-nilai moral dan etika yang penting bagi kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Pancasila mengajarkan tentang penting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.