Sukses

Profil PT Elnusa Petrofin, Perusahaan Jasa Transportasi BBM Pertamina

PT Elnusa Petrofin merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bidang jasa logistik dan distribusi BBM.

Liputan6.com, Jakarta PT Elnusa Petrofin merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bidang jasa logistik dan distribusi BBM. Adapun bisnis PT Elnusa Petrofin mencakup Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management, Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service.

PT Elnusa Petrofin sendiri sebenarnya adalah anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk. Sementara itu, PT Elnusa Tbk sendiri merupakan anak perusahaan dari PT. Pertamina Hulu Energi, Sub Holding PT Pertamina (Persero).

Dengan kata lain, PT Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

PT Elnusa Petrofin memiliki visi untuk menjadi perusahaan terkemuka dalam layanan energi, solusi rantai pasokan, dan bahan kimia terpadu. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Elnusa Petrofin menjalankan misi dengan memberikan solusi dengan dukungan sumber daya, produk, teknologi dan jaringan, HSE, dan budaya perusahaan yang unggul.

Untuk mengenal PT Elnusa Petrofin, berikut profil selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah PT Elnusa Petrofin

PT Elnusa Petrofin didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. Pada 1997, PT Elnusa Petrofin menjadi perusahaan distributor BBMK (Bahan Bakar Minyak Khusus). Pada 1999, PT Elnusa Petrofin mulai mengembangkan bisnisnya dengan merambah bidang ritel SPBU, transportasi BBM, penjualan aditif BBM, dan agen pelumas.

Tahun 2005 merupakan tahun di mana PT Elnusa Petrofin sudah tidak lagi menjadi distributor BBMK (Bahan Bakar Minyak Khusus). Namun di sisi lain, bisnis PT Elnusa Petrofin terus mengembangkan bisnis, khususnya dalam hal penjualan pelumas dan bahan kimia.

Pada 2009 sampai dengan 2011, PT Elnusa Petrofin berperan dalam transportasi BBM, Ritel Bahan Bakar, penyediaan mobil bunker agent.

Sekarang, PT Elnusa Petrofin berfokus pada Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management, Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service.

3 dari 5 halaman

Layanan PT Elnusa Petrofin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis PT Elnusa berfokus pada Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management , Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service. Berikut rincian layanan dari Pt Elnusa Petrofin.

Jasa Transportasi BBM

Sebagai salah satu elemen penting dalam ekosistem pendistribusian BBM, ketersediaan armada mobil tangki merupakan hal yang terpenting. Oleh karena itu PT Elnusa Petrofin menghadirkan armada mobil tangki yang telah dilengkapi sistem yang terintegrasi dengan Pertamina, serta sudah teruji secara keamanan, keselamatan dan terstandarisasi dengan menerapkan teknologi terkini untuk mendukung Aspek HSSE (Health, Safety, Security Environment) dalam setiap operasinya di seluruh penjuru negeri.

Mobil tangki yang digunakan terdiri dari berbagai tipe yang disesuaikan dengan kapasitas, jarak dan jenis BBM yang diangkut. Jasa pendistribusian BBM sudah berjalan sejak tahun 1996 oleh PT Elnusa Petrofin.

Energy Storage Management

Energy Storage Management adalah layanan dari PT Elnusa Petrofin yang mencakup layanan penyimpanan LPG, BBM, dan metering.

a. Fuel Storage Solution

PT Elnusa Petrofin Petrofin memiliki layanan jasa pengelolaan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang melayani proses penerimaan, penyimpanan serta penyaluran bahan bakar Avtur untuk Pesawat Udara di sejumlah Bandar Udara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, PT Elnusa Petrofin juga memiliki dan mengoperasikan beberapa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar) di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan BBM/BBK masyarakat Indonesia.

b. LPG Storage Services

PT Elnusa Petrofin memiliki layanan jasa peng)lolaan LPG Storage untuk memenuhi kebutuhan Elpiji di Indonesia. Salah satu Terminal LPG yang telah dikelola adalah di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Jasa layanan PT Elnusa Petrofin meliputi penerimaan, penyimpanan serta penyaluran LPG.

Selain itu, PT Elnusa Petrofin memiliki dan mengoperasikan beberapa SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji) yang melayani penyimpanan serta pengisian LPG untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

c. Metering System Service

Jasa ini merupakan komitmen PT Elnusa Petrofin untuk menjadi solusi bagi para pelaku industri oil & gas. Metering system dari PT Elnusa Petrofin didukung dengan sistem monitoring online stock yang memungkinkan untuk memonitor stok yang tersedia secara real time dan akurat. Jasa ini meliputi dari pengadaan barang, perawatan, kalibrasi dan akurasi dari kinerja ATG (Automatic Tank Gauging).

Industry and Marine Fuel

Trading BBM Industri & Marine merupakan salah satu layanan jasa yang diberikan oleh Elnusa Petrofin yang mencakup aktivitas pembelian, penjualan, pemasaran dan mendistribusikan produk BBM Non-Subsidi untuk wilayah penjualan seluruh Indonesia.

Chemical Integrated Supply & Services

Chemical Integrated Supply & Services adalah layanan dari PT Elnusa Petrofin yang menawarkan produk dan jasa yang mencakup Drilling Fluid Chemicals, Upstream & Refinery Specialty Chemicals, Chemicals for Enhanced Oil Recovery (C-EOR), dan Fuel Additives for Downstream/Retail Business.

Khusus untuk aplikasi C-EOR, Elnusa Petrofin bersama dengan SNF SA telah sukses menjadi pioneer dalam implementasi Polymer Flooding di PT. Pertamina EP. Selain itu PT Elnusa Petrofin memiliki kapasitas produksi hingga 6 Juta Ton per annum (TPA) baik untuk water based maupun oil based chemical. Kami selalu memastikan mutu dan kualitas produk dengan didukung oleh Laboratorium & Instrumen yang lengkap dan memadai.

4 dari 5 halaman

Jajaran Komisaris PT Elnusa Petrofin

Bachtiar Soeria Atmadja - Komisaris Utama

Bachtiar Soeria Atmadja menjabat sebagai Komisaris Utama PT Elnusa Petrofin Sejak April 2022 sampai saat ini. Bachtiar Soeria Atmadja merupakan lulusan S1 Teknik Perminyakan – Universitas Trisakti, Jakarta (1991) dan S2 Teknik Perminyakan – University of Tulsa, Oklahoma (1994). Selain itu Bachtiar Soeria Atmaja juga menjabat sebagai Direktur Keuangan PT. Elnusa Tbk yang merupakan Induk Usaha PT Elnusa Petrofin.

Mirza Mahendra - Komisaris

Mirza Mahendra menjabat sebagai Komisaris PT Elnusa Petrofin sejak Maret 2022 sampai dengan saat ini. Mirza Mahendra merupakan lulusan S1 Teknik Mesin, Universitas Trisakti - Jakarta (2003), juga lulusan S2 Magister of Engineering, Universitas Indonesia - Jakarta (2008), dan menyelesaikan Gelar S3 Doktoral di Universitas Indonesia - Jakarta (2015). Selain itu, pada tahun 2021, Mirza Mahendra juga menyelesaikan Magister of Business Administration di Universitas Prasetiya Mulya. Saat ini, Beliau juga menjabat sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan - Minyak & Gas, Direktorat Minyak & Gas Bumi di Kementerian ESDM.

5 dari 5 halaman

Jajaran Direksi PT Elnusa Petrofin

Aditya Budi Prabowo - Direktur Utama

Aditya Budi Prabowo menjabat sebagai Direktur Utama PT Elnusa Petrofin sejak 23 Desember 2021 sampai saat ini. Aditya Budi Prabowo merupakan lulusan Magister General Management - Institut Pengembangan Manajemen Indonesia ( IPMI Business School ) pada tahun 2003 dan Sarjana Teknik Industri - Institut Teknik Indonesia pada Tahun 1996.

Telah bergabung di Pertamina Group sejak tahun 2004 dan menempati berbagai jabatan strategis dalam bidang sales dan marketing sebagai General Manager. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo dipercaya menduduki jabatan antara lain GM Region, Manager Region Petrochemical, Manager Government Sales, dan Manager Industrial Sales PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading (C&T) PT Pertamina (Persero).

Nur Kholis - Direktur Operasional dan Marketing

Nur Kholis menjabat sebagai Direktur Ops. & Marketing PT Elnusa Petrofin dari November 2018 sampai saat ini. Nur Kholis merupakan lulusan Magister Management – Universitas Bina Nusantara (S2) tahun 2009 dan Auditing Akuntansi – Sekolah Tinggi Administrasi Negara (S1) tahun 1997.

Masuk dalam Manajemen Elnusa sejak tahun 2002 dan menempati berbagai jabatan strategis di Elnusa sebagai Division Head di bidang keuangan. Sebelum menjabat sebagai Direktur Ops. & Marketing PT Elnusa Petrofin, Nur Kholis dipercaya sebagai Komisaris PT Elnusa Petrofin dan pernah menjabat sebagai Division Head of Controller & Marketing PT Elnusa.

Hanny Retno Hapsari - Direktur Keuangan dan Administrasi

Hanny Retno Hapsari Menjabat sebagai Direktur Administrasi & Keuangan PT Elnusa Petrofin sejak 23 Desember 2021 sampai saat ini. Hanny Retno Hapsari merupakan lulusan Magister Manajemen - Universitas Prasetiya Mulya pada tahun 2005 dan Sarjana Ekonomi Akuntansi - Universitas Diponegoro pada tahun 1999.

Telah bergabung di Elnusa Group sejak tahun 2008 dan menempati berbagai jabatan strategis di bidang Business Management dan Finance Management sebagai GM maupun Vice President. Sebelum menjabat sebagai Direktur Administrasi & Keuangan PT Elnusa Petrofin, Hanny Retno Hapsari dipercaya menduduki jabatan sebagai Division Head, General Manager, Direktur PT Elnusa Patra Ritel (saat ini Merger dengan PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi), dan VP Strategic Planning & Corporate Management PT Elnusa Tbk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.