Sukses

Omnivora adalah Pemakan Segala, Kenali Ciri-ciri dan Contohnya

Omnivora adalah organisme yang makanannya terdiri dari tumbuhan dan hewan. berikut pengertian omnivora, ciri-ciri omnivora dan contoh-contoh omnivora yang sering kita temui.

Liputan6.com, Jakarta Omnivora adalah istilah yang mungkin kerap kita dengar selama mempelajari materi biologi, dimana omnivora adalah jenis organisme yang merupakan pemakan segala. Organisme perlu makan makanan untuk mendapatkan energi dan bertahan hidup dalam ekosistem. 

Makhluk hidup juga dikategorikan berdasarkan cara mereka memperoleh makanan. Untuk tanaman, mereka membuat makanan mereka sendiri, sehingga dikenal sebagai autotrof. Namun, hewan biasanya harus mencari dan mengkonsumsi makanan dari luar. Yang kemudian membuat hewan dikategorikan sebagai herbivora, karnivora dan omnivora.

Herbivora mengkonsumsi tumbuhan dan karnivora mengkonsumsi daging. Sedangkan omnivora adalah kategori organisme yang memakan keduanya. Untuk mendefinisikan omnivora, orang dapat dengan mudah mengatakan bahwa ini adalah hewan yang memakan tumbuhan dan hewan.

Untuk lebih mengenal apa itu omnivora, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/11/2022). Pengertian omnivora, ciri-ciri omnivora dan contoh-contoh omnivora yang sering kita temui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Omnivora Adalah

Omnivora Adalah

Omnivora adalah organisme yang makanannya terdiri dari tumbuhan dan hewan. Mereka berbeda dari herbivora dan karnivora. Omnivora mendapatkan sebagian besar makanannya dari tumbuhan dan hewan. Sumber makanan lain, termasuk ganggang, jamur dan bakteri, juga bisa dimasukkan ke dalam makanan mereka. 

Kata omnivora berasal dari kata Latin omnis, yang berarti "semua", dan vora, yang berarti "mengkonsumsi atau melahap". Itu ditemukan oleh orang Prancis dan kemudian dipopulerkan oleh Inggris pada tahun 1800-an. Sebelumnya, klasifikasi omnivora didasarkan pada perilaku, yaitu hanya dengan “melakukan diet produk hewani dan nabati”.

Omnivora juga dikenal sebagai pemakan semua karena sumber makanannya yang beragam. Dalam dunia biologi, Omnivora adalah makhluk yang mengkonsumsi berbagai bahan secara teratur, seperti jamur, ganggang, tumbuhan dan hewan. Definisi ini kemudian memunculkan beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah “Apakah manusia omnivora?” 

Ya, manusia secara alami adalah omnivora meskipun banyak yang memilih menjadi vegan yang tidak makan daging atau produk berbahan dasar daging. Manusia adalah omnivora seperti yang ditunjukkan oleh jenis gigi yang mereka miliki di tubuhnya. Gigi omnivora terdiri dari gigi taring dan gigi seri untuk merobek daging dan juga gigi geraham untuk menggiling tanaman. 

Hal ini adalah salah satu bentuk adaptasi omnivora. Banyak omnivora memiliki adaptasi biologis yang memungkinkan mereka mengonsumsi berbagai macam makanan. Mereka telah mengadaptasi beberapa fitur karnivora dan herbivora. 

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Omnivora

Ciri-Ciri Omnivora

Ciri-ciri fisik hewan omnivora merupakan gabungan dari ciri-ciri kedua jenis tersebut. Ini memiliki campuran karakteristik hewan karnivora dan herbivora lainnya. Namun, ada beberapa karakteristik yang unik dan umum pada semua hewan omnivora. Berikut penjelasannya:

1. Gigi

Omnivora memiliki gigi yang merupakan gabungan dari hewan karnivora dan herbivora. Gigi menonjol karena memiliki gigi seri atau taring dan gigi pipih lainnya. Gigi seri digunakan untuk merobek daging dan gigi pipih untuk menghancurkan tanaman dan biji. Gigi ini tidak sebesar hewan karnivora karena memiliki gigi seri yang paling tajam. 

2. Sistem pencernaan

Omnivora umumnya memiliki sistem pencernaan dengan perut tunggal dan usus yang panjangnya menengah antara hewan herbivora dan karnivora. Sistem pencernaan omnivora lebih sederhana daripada herbivora. Namun, ini lebih kompleks daripada karnivora. Dan itu dalam sistem pencernaan kita dapat memanfaatkan nutrisi dari makanan daging dan sayuran.

4 dari 6 halaman

Contoh Hewan Omnivora

Contoh Hewan Omnivora

1. Burung

Burung adalah omnivora, meskipun tidak semua burung. Namun banyak spesies burung diklasifikasikan sebagai omnivora karena mereka cenderung memakan serangga selain pola makan nabati mereka. Burung yang lebih besar seperti burung hantu dan elang bahkan memakan hewan pengerat kecil seperti tikus. 

2. Anjing 

Anjing adalah omnivora. Pemeriksaan mendetail tentang anatomi, perilaku, dan kebiasaan makan anjing mengungkapkan bahwa mereka adalah omnivora, yang mampu makan dan menjadi sehat dengan pola makan omnivora. 

3. Simpanse

Simpanse adalah omnivora. Ini juga menunjukkan bahwa nenek moyang omnivora bisa eksis. Banyak mamalia dan hewan darat lainnya dengan nenek moyang yang sama atau serupa tidak hanya berbagi ciri dan proses tetapi juga kebiasaan makan yang serupa.

Lebih lengkap, berikut ini hewan omnivora dan contoh omnivora yang sering kita jumpai dan merupakan omnivora:

- Tupai – omnivora

- Beruang – omnivora

- Gorila – omnivora

- Rubah – omnivora

- Serigala – omnivora

- Tikus – omnivora

- Gajah – omnivora

- Landak - omnivora

- Jerapah – omnivora

- Zebra – omnivora

- Kadal – omnivora

5 dari 6 halaman

Contoh Tumbuhan Omnivora

Contoh Tumbuhan Omnivora

Selain hewan, tumbuhan juga ada yang masuk ke dalam kategori omnivora. Bladderworts (genus Utricularia) tidak seperti kebanyakan tanaman. Selain menghasilkan makanan melalui fotosintesis, bladderworts juga mencari makan. Mereka juga memakan hewan kecil bertubuh lunak, seperti cacing air, jentik nyamuk, berudu, benih ikan, dan lain sebagainya.

Saat mereka mencari makan, mereka melepaskan bahan kimia manis yang menarik mangsanya. Menggunakan kantung berongga penjebak khusus, yang disebut kandung kemih, mereka menyedot makanan mereka dan menjebaknya di dalam.

Saat mangsa mendekat dan masuk, bulu-bulu dari kandung kemih akan tersegel, air di dekatnya bersama mangsa akan tersedot saat katup kandung kemih terbuka dalam waktu 1/460 detik. Kandung kemih lalu tertutup dan mangsa yang terperangkap di dalamnya dicerna oleh enzim pencernaan yang dilepaskan ke dalam kandung kemih. Nutrisi kemudian diserap.

Studi terbaru menemukan bahwa diet bladderwort bukan hanya daging. Para ilmuwan menemukan bahwa kandung kemih mereka juga akan mengambil ganggang dan serbuk sari . Oleh karena itu, peneliti menganggap bladderworts sebagai tumbuhan omnivora.

6 dari 6 halaman

Klasifikasi Omnivora

Klasifikasi Omnivora

Meskipun Carnivora menjadi takson untuk kategorisasi spesies, tidak ada tandingan untuk omnivora karena mereka ditemukan dalam banyak kelompok taksonomi. Hewan karnivora tidak semuanya ada dalam ordo Carnivora, dan tidak semua spesies Carnivora adalah karnivora. 

Adalah umum untuk melihat karnivora fisiologis melahap bahan tumbuhan atau herbivora fisiologis menelan bahan hewani, seperti anjing memakan rumput dan hewan seperti berburu rusa dan memakan burung. 

Ini akan membuat mereka omnivora dari segi perilaku, tetapi dari sudut pandang fisiologis, ini mungkin karena zoo farmakognosi. Untuk digambarkan sebagai omnivora, organisme harus dapat menerima energi dan nutrisi dari komponen tumbuhan dan hewan.

Akibatnya, makhluk seperti itu masih dapat dikategorikan sebagai karnivora dan herbivora ketika memperoleh nutrisi dari sumber yang tampaknya tidak melengkapi kategorisasi mereka. Misalnya, secara umum diketahui bahwa hewan seperti sapi serta jerapah dan unta akan menggerogoti tulang, idealnya tulang kering, untuk mendapatkan mineral dan nutrisi tertentu. 

Kucing, yang merupakan karnivora, juga kadang-kadang mengkonsumsi rumput untuk dapat memuntahkan benda yang tidak sengaja termakan dan yang tidak dapat dicerna misalnya rambut dan tulang, untuk membantu pembentukan hemoglobin dan sebagai obat pencahar.

Banyak serangga, seperti kumbang dalam keluarga Meloidae, mulai memakan jaringan hewan seperti larva tetapi akhirnya beralih memakan tumbuhan. Demikian pula, banyak spesies nyamuk awal membutuhkan darah, tetapi saat mereka tumbuh, nyamuk jantan terus memakan sisa tanaman dan nektar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.