Sukses

8 Cara Menghaluskan Rambut dengan Perawatan di Rumah, Mudah dan Murah

Salah satu cara menghaluskan rambut adalah dengan menjaga kelembaban rambut.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan rambut membantu rambut tetap sehat dan berkilau. Memiliki rambut yang halus memang menjadi dambaan banyak orang. Selain karena tampilan karena akan nampak lebih rapi, rambut yang halus akan memudahkan saat menatanya. Saat ini banyak perawatan di salon yang menawarkan hasil rambut lembut, namun untuk mendapatkan perawatan tersebut Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit dan perlu meluangkan waktu yang tidak sedikit.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara menghaluskan rambut yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain menghemat biaya dan waktu, melakukan perawatan sendiri di rumah juga lebih efisien karena sembari melakukan perawatan, Anda bisa sambil melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga, baik bagi perempuan maupun laki-laki. Saat ini sudah tersedia berbagai produk perawatan rambut yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Berikut cara menghaluskan rambut yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Rambut: Lakukan Perawatan dengan Benar

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut 

Salah satu hal yang membuat rambut kasar adalah karena rambut kering. Salah satu cara menghaluskan rambut adalah dengan menjaga kelembaban rambut. Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami yang melembabkan rambut

2. Gunakan Air Dingin saat

Kepala manusia terdapat folikel rambut yang merupakan lubang kecil tempat tumbuhnya rambut. Cara menghaluskan rambut selanjutnya adalah dengan mencuci rambut dengan air dingin. 

Air dingin dapat membantu menyehatkan folikel rambut dan menjadikan rambut tidak mudah rontok. Sebaliknya, air hangat akan membuka folikel rambut yang mengakibatkan rambut mudah rontok. Air hangat juga akan mengikis kelembapan yang dimiki rambut.

3. Hindari Alat Styling Rambut yang Panas

Suhu panas dari alat styling rambut juga dapat menyebabkan rambut kehilangan minyak alami yang melembabkannya. Catokan memang kerap digunakan sebagai alat untuk menghaluskan rambut. Namun, terlalu sering menggunakan catokan justru akan membuat rambut kasar. Panas dari alat styling rambut, seperti hair dryer, catokan, curling iron dapat mengakibatkan rambut bercabang dan mudah patah.

3 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Rambut: Memberikan Nutrisi

Selain melakukan perawatan dasar rambut dengan benar, cara menghaluskan rambut selanjutnya adalah dengan memberikan nutrisi ke rambut. Memberikan nutrisi dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk perawatan rambut langsung ke rambut dan mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan rambut secara oral. Berikut cara menghaluskan rambut dengan memberikan nutrisi pada rambut.

1. Rutin Menggunakan Conditioner

Conditioner merupakan produk yang dibuat untuk mengembalikan kelembaban rambut setelah keramas. Conditioner sebaiknya digunakan setiap selesai mencuci rambut dengan sampo. Aplikasikan conditioner dari tengah batang sampai ke ujung rambut.

Selain untuk mengembalikan kelembaban rambut setelah keramas, conditioner dapat digunakan sebagai campuran pewarna rambut. Proses mewarnai rambut dengan bahan kimia pasti mengikis minyak alami yang ada di rambut. Untuk itu anda bisa menambahkan conditioner dalam campuran pewarna rambut.

2. Menggunakan Masker Rambut Seminggu Sekali

Cara menghaluskan rambut dengan memberikan nutrisi pada rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan hair mask seminggu sekali. Sama seperti masker untuk wajah, masker rambut juga bertujuan  untuk memberi nutrisi dan memberi kelembaban pada kulit kepala dan batang rambut agar rambut menjadi lebih sehat. Masker rambut bekerja secara lebih intensif dibanding conditioner.

Anda bisa membeli produk hair mask yang tersedia di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami, seperti pisang, alpukat, kemiri, dan lidah buaya. Caranya dengan mengaplikasikan masker rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut setelah keramas. Anda bisa menutup rambut dengan handuk hangat, kemudian biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

 

3. Mengaplikasikan Vitamin Rambut

Seperti namanya vitamin rambut berguna untuk memberikan nutrisi berupa vitamin ke rambut. Agar hasilnya maksimal, aplikasikan vitamin batang rambut saat rambut dalam keadaan lembab setelah keramas. Biarkan rambut kering dengan sendirinya agar vitamin terserap secara sempurna.

4. Mengkonsumsi Makanan mengandung Vitamin E

Vitamin E terbukti memiliki peran yang penting pada kesehatan kulit dan rambut,. Vitamin E membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak, sehingga rambut menjadi lebih sehat. Vitamin E sebagai membantu meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh kepala. Dengan begitu nutrisi dapat sampai dan terserap ke akar rambut secara maksimal. Selain itu vitamin yang memiliki sifat larut air ini bekerja dengan menguatkan akar rambut, sehingga rambut kuat dan tidak mudah rontok atau patah.

5. Melakukan Perawatan Semalam

Perawatan semalam adalah mengaplikasikan produk perawatan ke bagian tubuh kemudian membiarkannya semalaman dan baru membilasnya setelah bangun tidur. Dengan membiarkan produk semalaman dipercaya dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang terkandung dalam produk perawatan tersebut.

Rambut juga bisa mendapatkan perawatan semalam, ini dapat menjadi salah satu cara menghaluskan rambut.  Produk yang paling sering digunakan pada perawatan semalam rambut adalah minyak-minyakan yang dipercaya memiliki nutrisi yang baik untuk rambut, seperti minyak urang-aring, minyak kemiri, dan minyak cemceman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.