Sukses

28 Tempat Wisata di Pasuruan, Tawarkan Liburan Keluarga yang Seru

Liputan6.com, Jakarta Pasuruan merupakan salah satu kota dengan julukan kota pegunungan, atau yang sering disebut sebagai City of Mountain. Oleh karena itu, tempat wisata di Pasuruan yang cukup terkenal dan populer dikalangan masyarakat adalah Gunung Bromo. Pasuruan juga merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki atraksi pariwisata yang lengkap dari berbagai segi.

Oleh karena itu, jika ingin melepas penat saat melakukan banyak aktivitas maka dengan liburan, Anda bisa membuat pikiran kembali segar. Namun ada sebagian orang, yang memutuskan untuk menghabiskan waktu di rumah bersama dengan keluarga, dan yang lain memilih untuk liburan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Bagi kamu yang memilih untuk liburan, maka tempat wisata di Pasuruan adalah rekomendasi menarik, yang menawarkan berbagai wahana untuk dinikmati mulai dari dataran, laut, hingga pegunungan. 

Tempat wisata di Pasuruan juga menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan, mulai dari deretan air terjun yang jernih, hamparan pasir putih pantai sejauh mata memandang, hingga gunung dan bukit juga bisa pengunjung nikmati saat berada di Pasuruan.

Berikut ini tempat wisata di Pasuruan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pasuruan

 

1. Gunung Arjuno

Tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi adalah Gunung Arjuno. Apalagi buat para pengunjung yang suka dengan tantangan, atau suka dengan petualangan. Wisata Gunung Arjuno ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah, berbondong - bondong melakukan pendakian. Bahkan Gunung Arjuno ini selalu berhasil menarik perhatian para pencinta alam, karena pemandangan yang memukau juga indah yang sayang jika dilewatkan.

2. Hutan Mangrove Nguling

Tempat wisata di Pasuruan yang sayang jika dilewatkan oleh pengunjung adalah wisata hutan mangrove. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat akan edukasi, karena saat berada di sini, pengunjung bisa memberi edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya mencintai lingkungan agar terjaga kelestariannya. Dengan keindahan yang diberikan, hutan ini cukup menarik banyak wisatawan.  Baik lokal maupun wisatawan mancanegara. Tempat wisata ini terletak di salah satu  Sawah dan Tambak, Penunggul, Nguling.

3. The Taman Dayu

Tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi adalah The Taman Dayu Pandaan yang merupakan salah satu objek wisata yang sarat akan edukasi serta cukup populer dikalangan masyarakat. Terdapat banyak fasilitas hiburan yang berbeda dan bisa pengunjung wisata untuk nikmati. Tempat wisata Pasuruan ini lebih didominasi dengan outbound activity, ada The Pines Camping Ground, Golf Clubhouse, Golf Course hingga Driving Range. The Taman Dayu berada di Jalan Raya Surabaya-Malang 16, Karang Jati, Pandaan.

4. Taman Safari Prigen

Tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi adalah Taman Safari Prigen. Tempat wisata ini cukup populer untuk disambangi pengunjung, karena berlokasi di Kota Pasuruan serta tepat berada di lereng Gunung Arjuno. Tempat ini juga berdiri di lahan seluas 340 hektar, serta dijadikan sebagai salah satu konservasi dan observasi satwa langka yang dapat memadukan konsep rekreasi unik dan menarik. Saat berada di sini, pengunjung bisa lebih aware tentang kehidupan satwa dan habitat aslinya. Tempat wisata ini juga menyuguhkan beragam atraksi satwa yang bertujuan dalam mengedukasi pengunjung.

5. Wisata Tretes Prigen

Tempat wisata di Pasuruan ini, hanya bisa ditempuh dengan waktu 1 jam saja, dan pengunjung yang mengunjungi wisata Tretes Prigen, bisa menikmati wisata alam yang sejuk dan begitu menenangkan. Menjadi salah satu tempat untuk healing karena keindahan alam yang tersaji, membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Tempat ini juga memiliki view pegunungan dan menjadi tempat favorit untuk bisa mengisi waktu liburan. Terdapat banyak spot wisata yang menarik, yang juga bisa kamu dapatkan seperti kawasan wisata air terjun, hutan, taman satwa dan masih banyak lainnya. 

6. Coban Waru

Tempat wisata di Pasuruan yang wajib untuk dikunjungi adalah Coban Waru. tempat yang  berada di Taman, Kayu Kebek, Tutur, Pasuruan, mempunyai ketinggian kira kira 25 meter. Dengan kondisi alam yang sejuk membuat wisata Pasuruan ini cocok dijadikan sebagai lokasi refreshing untuk melepas penat. Coban Waru dikelola secara swadaya oleh warga sekitar dan menjadi destinasi baru di Pasuruan.

7. Air Terjun Kakek Bodo

Wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi juga populer adalah Air Terjun Kakek Bodo. Wisata Air Terjun Kakek Bodo ini, berlokasi di Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Semeru, Pasuruan. Air terjun ini berada di Lereng Gunung Arjuno, dan sepanjang perjalanan menuju air terjun ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan. Curug Kakek Bodo sendiri juga memiliki ketinggian pancur mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligetik. Konon, curug ini dulunya adalah tempat pertapaan seorang kakek yang disebut kakek Bodo.

8. Air Terjun Gumandar

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya adalah Air Terjun Gumandar. Tempat wisata yang cukup populer ini, terletak di Jalan Raya Ledug, Prigen, Pasuruan. Jika air terjun biasanya memiliki aliran sungai untuk mengaliri air yang jatuh dari atas, maka Air Terjun Gumandar sedikit berbeda. Air tidak memiliki aliran sungai, namun air yang jatuh dari atas diserap kembali ke tanah dan akan keluar di sekitar pemukiman penduduk.

9. Air Terjun Alap-alap

Air terjun Alap-alap merupakan air terjun yang tidak berada tak jauh dari air terjun Kakek Bodo, tepat berada di atasnya. Air terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Oleh karena itu, medan menuju wisata Pasuruan ini cukup curam sehingga tidak banyak orang yang menjangkaunya. Namun, keindahan yang disajikan air terjun ini tak dapat diragukan lagi, indah dan juga memesona.

10. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya merupakan salah satu wisata di Pasuruan yang terletak di Gunung Sari, Tutur, Pasuruan. Air Terjun Sumber Nyonya memiliki tinggi pancur sekitar 15 meter. Uniknya, sebelum jatuh ke hulu sungai, pancuran air terjun Sumber Nyonya membentur bebatuan cadas yang ada di badan air terjun. Terdapat 3 tingkatan di air terjun ini, yang pertama memiliki tinggi sekitar 15 m, tingkat dua 7 m dan tingkat tiga setinggi 15 m.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pasuruan

 

11. Pantai Blandongan

Tempat wisata dI Pasuruan yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Blandongan. Tempat ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup populer dengan nuansa alam memesona juga cukup romantis. Pantai yang buka selama 24 jam ini hanya mematok harga tiket hanya Rp 5.000 namun pengunjung sudah bisa mengeksplor tempat romantis ini sepuasnya. Untuk pengunjung disarankan agar datang sore hari, untuk bisa menikmati matahari terbenam. Pantai Blandongan menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto dan juga bermain menikmati alam baharinya.

12. Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading adalah salah satu tempat wisata di Pasuruan yang berlokasi di Cemorogading, Ngadirejo, Tutur, Pasuruan. Lokasi ini memiliki air terjun yang cukup mudah dijangkau, serta memiliki fasilitas lengkap mulai dari lahan parkir, tempat untuk ibdah, kamar mandi, hingga rumah makan. Coban Cemoro Gading juga aman untuk bermain air karena kolam airnya yang tidak terlalu dalam. Tempat wisata ini menjadi salah satu rekomendasi menarik untuk liburan keluarga. 

13. Pantai Kesek

Pantai Kesek merupakan salah satu pantai yang masih sepi dari pengunjung, namun jika pengunjung datang ke pantai ini, maka bisa melihat banyak kapal nelayan dihiasi oleh pemandangan yang indah di sore hari. Di wisata Pasuruan ini pengunjung bisa menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang berderet di pinggir pantai. Pemandangannya semakin indah ketika hari mulai senja, jadi akan sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas. 

 

14. Pantai Lekok

Pantai Lekok merupakan salah satu wisata Pasuruan yang wajib kamu kunjungi. Pasir putih kecoklatan menjadi salah satu daya tariknya. Pantai yang berlokasi di Desa Pangaletan, Jatirejo, Kecamatan Lekok, Pasuruan ini mengeksplor pemandangan yang memukau dan juga wisata bahari. Di sini pengunjung bisa berburu berbagai ikan-ikan segar. Hanya perlu membayar tiket seharga Rp 7.500 saja, pengunjung sudah bisa menikmati deru ombak dan angin. Pengunjung juga bisa melihat perahu-perahu nelayan di bibir pantainya. Saat berada di Pantai Lekok juga sering diadakan acara pertunjukan rakyat.

15. Coban Baung

Salah satu tempat wisata Pasuruan yang selanjutnya adalah Coban Baung. Coban Baung atau Air Terjun Baung ini merupakan wisata yang berlokasi di Taman Wisata Air (TWA) di lereng gunung Baung. Air terjun ini berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

16. Ranu Grati

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Ranu Gati. tempat wisata ini merupakan danau yang terletak di tengah-tengah pemukiman warga serta memiliki luas sekitar 1.085 hektare. Wisata Pasuruan ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur\, yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Saat berkunjung, wisatawan bisa menikmati wahana yang tersedia di sini, mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, hingga memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau.

17. Air Terjun Rambut Moyo

Salah satu tempat wisata di Pasuruan yang wajib untuk dikunjungi adalah Air Terjun Rambut Moyo. tempat wisata ini berlokasi di Palangsari, Puspo, Pasuruan. Wisata Pasuruan ini masih memiliki keasrian yang alami dan indah, namun tempat ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat bersemayamnya pertapa bernama Mbah Moyo.

18. Air Terjun Grojogan Limo

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Grojogan Limo. Tempat ini terletak di Krikilan, Ngembe, Kec. Beji, Pasuruan. Lokasi ini masih cukup populer di Pasuruan dan menjadi salah satu primadona wisata pasuruan. Sesuai dengan namanya, terdapat 5 grojogan kecil di lokasi air terjun ini. Oleh karena itu, sempatkan diri untuk mampir ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga. 

19. Pantai Penunggul

Salah satu tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi bersama dengan keluarga adalah Pantai Penunggul. Wisata ini adalah pantai yang terkenal dengan pasirnya yang putih, sehingga saat berkunjung. maka wisatawan akan menikmati wisata mangrove atau bakau yang memiliki luas 144 hektar. Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini akan dikenakan tiket seharga Rp 10.000 saja. 

20. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu wisata di pasuruan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini berada di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air terjun ini dikenal juga dikenal dengan legenda kisah cinta tak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari, yang hidup pada zaman kejayaan Kerajaan Majapahit. Konon wisata Pasuruan ini merupakan tempat Putri Sri Gading Lestari diasingkan agar tidak bertemu lagi dengan sang pangeran. Oleh karena itu, sampai sekarang, para pengunjung percaya, jika berkunjung ke air terjun Putuk Truno, akan diberkahi cinta yang kekal abadi.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pasuruan

21. Bromo Forest

Salah satu wisata di Pasuruan yang cukup populer dan wajib dikunjungi oleh pengunjung adalah Bromo Forest. Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang berada di empat wilayah yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Di Bromo Forest Park Tosari, Pasuruan kamu akan menemukan berbagai spot foto instagramable. Udaranya yang sejuk tentunya menambah kenyamanan kamu dalam menikmati liburan.

22. Pantai Tambak Bahak

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tambak Bahak. Tak hanya ingin menikmati keindahan pemandangan alam, namun pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan ikan. Hanya dengan tiket masuk yang murah, pengunjung sudah bisa melihat air laut yang biru jernih dan juga pasir putih yang memanjakan sejauh mata memandang. 

23. Pemandian Banyu Biru

Wisata di Pasuruan yang cukup populer, serta sayang untuk dilewatkan adalah Pemandian Banyu Biru. Hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Pasuruan ke arah selatan, atau bisa ditempuh dalam waktu 30-40 menit, kamu juga bisa singgah ke Pemandian Banyu Biru yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Selain fasilitas yang ada di sini cukup memadai, sehingga pengunjung bisa menikmatinya, selain itu, suasana alam yang menyejukkan, di kolam ini terdapat ikan-ikan berukuran besar yang konon dikeramatkan. Lokasinya berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

24. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi adalah salah satu pusat konservasi tumbuhan di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lokasinya terletak di Jalan Raya Surabaya Malang, Capang, Purwodadi ini, memiliki wahana yang sangat sejuk juga asri. Sehingga  membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat. Keindahannya membuat tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre wedding. 

25. Kampung Kelir

Salah satu wisata di Pasuruan yang wajib untuk dikunjungi adalah Kampung Kelir Tosari tempat wisata ini berupa sebuah kampung di lereng gunung Bromo. Tempat ini terdapat  pemukiman penduduk warna-warni dan tentunya alam yang indah dan sejuk. Apalagi dengan latar gunung Bromo, menambah kecantikan kampung ini.

26. Finna Golf & Club Resort

Tempat wisata di Pasuruan yang wajib Anda kunjungi adalah Finna Golf dan Club Resort. Saat berada di sini, pengunjung akan diajak untuk melakukan petualangan, dengan lahan yang lumayan luas, sekitar 6.345 m dan  kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar kota. Finna Golf & Club Resort terletak di daerah yang lumayan sejuk karena berdekatan dengan pegunungan Welirang. Terdapat pula area bermain anak, jogging trek yang bisa Anda gunakan juga lengkap dengan berbagai fasilitas. 

27. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark merupakan tempat wisata di Pasuruan yang sangat pas untuk dijadikan destinasi berlibur apalagi jika membawa serta keluarga besar dan atau teman-teman. Destinasi wisata ini, dibangun di atas lahan yang cukup luas, serta menawarkan banyak pilihan wahana untuk segala usia. Wahana permainan yang ada di Saygon Waterpark tersebut diantaranya adalah kolam arus, kolam ombak, waterpark anak, slide kecepatan ekstrim, dan masih banyak lagi, sehingga menjadi rekomendasi liburan menyenangkan untuk keluarga. 

28. Bhakti Alam

Tempat wisata di Pasuruan yang satu ini adalah sebuah wahana wisata buah yang berada di atas area seluas kurang lebih 60 hektar. Saat berada di sini, pengunjung bisa menemukan setidaknya sekitar 15 jenis buah-buahan yang tumbuh dengan subur. Buah-buah yang ada di sana antara lain mangga, durian, klengkeng, naga, jeruk, melon, semangka, dan masih banyak lagi lainnya. Jangan khawatir, karena dengan dampingan dari petugas di sana, anda dapat langsung memetik buah yang telah matang, sambil mendapat edukasi dari pihak pengelola terkait buah - buahan. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS