Sukses

Cara Membuat Tahu Sumedang yang Enak dan Gurih, Dibikin dari Tahu Biasa

Tahu Sumedang memiliki tekstur kulit yang lebih kering atau krispi membuat makanan satu ini berbeda dari tahu lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tahu Sumedang adalah kuliner yang sangat terkenal dari Sumedang, Jawa Barat. Makanan khas Sumedang ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang gurih dan renyah. Tahu berwarna cokelat ini biasanya disantap bersama cabai rawit sebagai pelengkap.

Tahu Sumedang memiliki tekstur kulit yang lebih kering atau krispi membuat makanan satu ini berbeda dari tahu lainnya. Cara membuat tahu Sumedang yang mentah sebenarnya dapat dibilang susah-susah gampang dalam mengolahnya.

Hal ini karena, cara membuat tahu Sumedang memiliki waktu tahan lebih sedikit dari pada tahu biasanya. Untuk itu, cara membuat tahu Sumedang juga berbeda dari tahu lainnya. Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak yang digunakan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat tahu Sumedang yang dapat dibikin dari tahu biasa, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tahu Sumedang dari Tahu Biasa

Bahan:

- 10 buah tahu putih

- 1 butir telur ayam

- 80 gr tepung terigu

- ¼ sendok teh baking powder

- 3 siung bawang merah, ulek halus

- 3 siung bawang putih, ulek halus

- kunyit 2 cm, ulek halus

- 1 sdm penyedap rasa

- Garam halus 1 sdt

- Secukupnya minyak goreng

- Secukupnya air putih bersih untuk rendaman

Cara membuat tahu Sumedang:

a. Tuangkan tepung terigu ke dalam wadah adonan yang sudah disiapkan lalu tambahkan dengan garam halus, penyedap rasa, dan baking powder. Aduk merata.

b. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kunyit lalu tuangkan pada wadah baru dan siram dengan secukupnya air. Aduk merata.

c. Bagi tahu putih sampai empat, potong atau sesuai selera lalu letakkan pada wadah yang sudah berisi air bumbu. Siram-siram potongan tahu putih dan biarkan sejenak supaya meresap. Tiriskan.

d. Pecahkan telur dan tampung dalam wadah baru lalu kocok.

e. Ambil potongan tahu putih yang sudah bercampur bumbu dan celupkan pada kocokan telur kemudian masukkan ke dalam campuran tepung bumbu yang sudah dibuat tadi hingga melapisi tahu. Ulangi langkah ini sampai semua potongan tahu terbalur telur dan tepung bumbu.

f. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng tahu yang sudah berbalut telur dan tepung bumbu sampai matang garing dan tekturnya renyah. Bila sudah matang, warnanya akan terlihat sedikit gelap. Angkat dan tiriskan.

g. Nikmati tahu sumedang selagi hangat dengan cocolan saus sambal, mayonaise, dan atau kecap pedas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Berikut manfaat tahu yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Kedelai pada tahu mengandung protein yang bebas lemak. Protein bebas lemak tersebut dapat membantu kamu menekan kadar gula berlebih dalam darah, sehingga kamu dapat terhindar dari risiko diabetes.

2. Jaga Kesehatan Jantung

Minyak yang berasal dari kedelai adalah bahan dasar dari tahu yang merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan bebas kolesterol dan juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh. Tahu dapat membantu mengatur tekanan darah dan kontraksi otot jantung. Selain itu, tahu juga memiliki serat larut yang membantu dalam menurunkan kadar kolestrol.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Asam linoleat lagi yang memiliki peran penting dalam tahu. Asam linoleat berperan sebagai sumber lesitin yang dapat menjaga metabolisme dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

4. Miliki Sifat Antikanker Endometrium

Kedelai yang merupakan bahan dasar tahu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium pada wanita. Khususnya bagi wanita lanjut usia yang telah mengalami menopause.

5. Bantu Sehatkan Fungsi Otak

Omega 3, asam linoleat, dan kalsium yang terdapat pada tahu memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan otak yang kurang sehat akibat benturan, hantaman, atau karena asupan gizi yang tidak mencukupi.

6. Cegah Kanker Payudara

Kandungan isoflavon pada tahu mengandung hormon estrogen yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara. Cara membuat tahu juga memiliki senyawa anti kanker seperti genistein dan saponin yang membantu melawan kanker. Tahu juga mengandung asam fenolat yang dapat mencegah menyebarnya sel kanker.

7. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Selain diyakini dapat mengontrol gula darah, kandungan isoflavon di dalam tahu juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Sebuah studi menyatakan bahwa isoflavon dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menurunkan risiko terkena osteoporosis, terutama pada wanita yang baru memasuki masa menopause. Tak hanya itu, tahu juga kaya akan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Mengontrol Gula Darah

Tahu mengandung isoflavon yang berasal dari bahan baku utamanya, yaitu kacang kedelai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon di dalam kedelai dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Oleh karena itu, tahu menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, kaitan antara konsumsi tahu dan penurunan kadar gula dalam darah masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Resep Olahan Tahu Sumedang

Setelah mengetahui cara membuat tahu Sumedang, berikut ini terdapat resep olahan tahu Sumedang yang dapat dibuat di rumah:

1. Tahu gejrot

Bahan:

- 20 buah tahu pong atau tahu Sumedang

- 2 siung bawang putih

- 5 butir bawang merah

- 7 buah cabai merah keriting

- 10 buah cabai rawit keriting

- 1 buah gula Jawa ukuran sedang

- 1 sdm gula pasir

- Garam

- 1 sdt asam Jawa buang bijinya

- 800 ml air

Cara membuat olahan tahu Sumedang:

a. Cuci bersih tahu, lalu goreng, potong-potong, sisihkan.

b. Ulek kasar bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit.

c. Dalam panci, didihkan air bersama gula Jawa, gula pasir, asam Jawa dan garam.

d. Setelah mendidih, masukkan sebagian bumbu, didihkan lagi sebentar. Cek rasa.

e. Penyelesaian: tata tahu dalam piring, Ambil bumbu yang tersisa lalu letakkan di atas tahu, setelah itu guyur dengan kuah. Sajikan.

2. Tahu walik

Bahan:

- 10 buah tahu cokelat atau tahu kulit

- 10 sdm tepung tapioka atau sagu

- 6 sdm tepung terigu

- 2 siung bawang putih

- Daun bawang sesuai selera

- 1/2 sdt garam

- 1/2 sdt penyedap rasa

- 1/2 sdt lada bubuk

- Air panas

Cara membuat olahan tahu Sumedang:

a. Tahu cokelat atau tahu Sumedang dibelah lalu diambil isinya sedikit agar bisa dibalik.

b. Membuat isi: campur tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, lada, daun bawang, sama isi tahu, lalu aduk rata.

c. Lalu masukkan air panas sedikit demi sedikit, aduk.

d. Lalu masukkan ke dalam tahu, sisa adonan isian bisa digoreng menggunakan cetakan sendok.

e. Panaskan minyak, goreng hingga krispi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.