Sukses

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama untuk Orang Tersedak

Tersedak tak boleh disepelekan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta Tersedak terjadi ketika benda asing bersarang di tenggorokan atau batang tenggorokan dan menghalangi aliran udara. Pada orang dewasa, sepotong makanan sering menjadi penyebabnya. Sementara pada anak kecil, tersedak sering terjadi karena menelan benda-benda kecil.

Dalam keadaan normal, seseorang akan memiliki reflek batuk jika terdapat benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasannya. Namun, jika benda asing tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam saluran pernapasan, maka risiko tersumbatnya saluran pernapasan akan meningkat.

Makanan atau benda-benda kecil dapat menyebabkan tersedak jika tersangkut di tenggorokan dan menghalangi jalan napas. Ini membuat oksigen tidak sampai ke paru-paru dan otak. Jika otak berjalan tanpa oksigen selama lebih dari empat menit, Anda bisa mengalami kerusakan otak hingga kematian.

Anak kecil beresiko sangat tinggi tersedak. Mereka dapat tersedak makanan seperti hot dog, kacang-kacangan dan anggur, dan pada benda-benda kecil seperti mainan dan koin. Karena tersedak memotong oksigen ke otak, berikan pertolongan pertama secepat mungkin.

Jika orang disekitar Anda mengalami tersedak, segera beri pertolongan pertama untuk meredakannya. Berikut pertolongan pertama bagi orang yang tersedak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertolongan pertama saat tersedak

Jika orang tersebut dapat batuk dengan paksa, orang tersebut harus terus batuk. Jika orang tersebut tersedak dan tidak dapat berbicara, menangis atau tertawa dengan paksa, Palang Merah Amerika merekomendasikan pendekatan "five-and-five" untuk memberikan pertolongan pertama:

Berikan 5 tepukan punggung

Berdirilah di samping dan tepat di belakang orang dewasa yang tersedak. Untuk seorang anak, berlututlah di belakang. Tempatkan satu tangan di dada orang itu untuk bantuan. Tekuk orang di pinggang agar tubuh bagian atas sejajar dengan tanah. Berikan lima tepukkan punggung yang terpisah antara tulang belikat dengan tumit tangan.

Lakukan teknik tusukan perut (manuver Heimlich)

Lakukan lima dorongan perut yang juga dikenal sebagai manuver Heimlich. Heimlich maneuver adalah gerakan dengan mendesak perut ke atas. Gerakan ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang berada di rongga pernapasan. Lakukan bergantian antara 5 tepukan dan 5 dorongan sampai penyumbatan berhasil keluar. Cara melakukan manuver Heimlich:

Berdiri di belakang orang yang tersedak. Tempatkan satu kaki sedikit di depan yang lain untuk keseimbangan. Lilitkan lengan Anda di pinggangnya. ika seorang anak tersedak, berlututlah di belakang anak itu.

Buat kepalan dengan satu tangan. Posisikan sedikit di atas pusar orang tersebut.

Pegang kepalan dengan tangan lainnya. Tekan kuat-kuat ke perut dengan dorongan cepat ke atas seolah berusaha mengangkat orang tersebut ke atas. Lakukan antara enam dan 10 dorongan perut sampai sumbatan keluar.

Jika Anda adalah satu-satunya penyelamat, lakukan pukulan punggung dan perut sebelum menghubungi ahli medis atau nomor darurat lokal untuk mendapatkan bantuan. Jika orang tersebut menjadi tidak sadar, lakukan resusitasi kardiopulmoner (CPR) standar dengan kompresi dada dan napas penyelamatan.

3 dari 5 halaman

Manuver Heimlich untuk diri sendiri

Pertama, jika Anda sendirian dan tersedak, segera hubungi ahli medis atau nomor darurat lokal. Kemudian, meskipun Anda tidak akan dapat memberikan pukulan kembali secara efektif kepada diri Anda sendiri, Anda masih bisa melakukan dorongan perut untuk mengeluarkan benda yang menyumbat tenggorokan.

Tempatkan kepalan tangan sedikit di atas pusar Anda. Pegang tangan Anda dengan tangan yang lain dan tekuk dengan permukaan yang keras seperti meja atau kursi. Dorong kepalan tangan Anda ke dalam dan ke atas.

4 dari 5 halaman

Manuver Heimlich untuk orang hamil dan pingsan

Manuver Heimlich untuk wanita hamil atau orang gemuk

Posisikan tangan Anda sedikit lebih tinggi daripada dengan manuver Heimlich yang normal, di dasar tulang dada, tepat di atas penyambungan tulang rusuk terendah. Lanjutkan seperti dengan manuver Heimlich, menekan keras ke dada, dengan dorongan cepat.Ulangi sampai makanan atau penyumbatan lainnya keluar.

Manuver Heimlich pada orang yang pingsan

Jika orang itu berbaring atau tidak sadarkan diri, posisikan dia dan letakkan tumit tangan Anda tepat di atas pinggang. Jika penyumbatan terlihat di bagian belakang tenggorokan atau tinggi di tenggorokan, Anda dapat menjangkau jari ke mulut penyebab penyumbatan.

Jangan mencoba memasukkan jari jika Anda tidak dapat melihat objek. Berhati-hatilah untuk tidak mendorong makanan atau benda lebih dalam ke jalan napas, yang bisa terjadi dengan mudah pada anak kecil.

Mulailah CPR jika objek tetap bersarang dan orang tersebut tidak merespons setelah Anda mengambil langkah-langkah di atas.

5 dari 5 halaman

Manuver Heimlich pada bayi di bawah usia 1 tahun

Letakkan bayi menghadap ke bawah di lengan Anda. Sokong kepala dan leher bayi dengan tangan Anda. Beri tepukkan lembut tetapi kuat lima kali di bagian tengah punggung menggunakan tumit tangan Anda. Jaga agar jari Anda tetap mengarah ke atas untuk menghindari memukul bayi di bagian belakang kepala.

Balikkan bayi menghadap ke bawah pada lengan Anda, sandarkan pada paha Anda dengan kepala lebih rendah jika bayi masih tidak bernapas. Dengan menggunakan dua jari yang diletakkan di tengah tulang dada bayi, berikan lima penekanan dada yang cepat. Tekan ke bawah sekitar 1 1/2 inci, dan biarkan dada naik lagi di antara setiap kompresi.

Jika anak berusia 1 tahun lebih dan sadar, berikan dorongan perut saja. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak kekuatan untuk menghindari kerusakan tulang rusuk atau organ dalam.

Untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi situasi ini, pelajari manuver Heimlich dan CPR dalam kursus pelatihan pertolongan pertama yang tersertifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini