Sukses

Jangan Panik, Ini 6 Langkah Atasi Bayi Tersedak

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang sedang dalam masa oral cenderung memasukkan benda-benda ke mulut sehingga berisiko tersedak. Orangtua perlu waspada agar tersedak tak berujung fatal. Tapi bagaimana bila bayi terlanjur tersedak? Simak tips Mommy Yuniana Awang dari Babyologist seputar cara mengatasi bayi tersedak.

Sebagai orangtua yang memiliki balita, kita harus benar-benar waspada Moms. Apalagi jika si Kecil sedang asyik sekali memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Salah satu kelalaian yang banyak dialami karena kurangnya kewaspadaan tersebut ialah, bayi bisa tersedak sesuatu.

Mengatasi bayi tersedak dapat menjadi suatu kesulitan bagi orangtua. Terkadang kita merasa bingung harus melakukan apa. Tersedak pada bayi disebabkan oleh beberapa hal seperti makanan, mainan, ataupun air saat ia sedang asyik bermain di kolam.

Lalu apa yang harus kita lakukan bila si Kecil tersedak?

1. Pegang wajah bayi

Dalam posisi duduk, pegang wajah si Kecil dengan telapak tangan kiri. Pastikan hidung si Kecil tetap terbuka untuk bernafas di sela jari Moms.

2. Tepuk punggung bayi

Balikan badan si Kecil bersamaan telapak tangan kiri Moms yang berada di wajahnya. Taruh tubuh si Kecil dalam posisi tengkurap di paha Moms. Tepuk punggung si Kecil sebanyak 5 kali sampai ia membuang obyek/benda yang membuatnya tersedak.

3. Balikkan tubuh bayi

Setelah punggung bayi ditepuk, balikan tubuh bayi sampai telentang. Kepalanya tetap lebih rendah dari kaki.

4. Taruh jari di tengah dada bayi

Taruh dua jari kanan di tengah dada si Kecil, urut dengan lembut bagian tersebut seperti memberi kompresi.

5. Ulangi langkah 1-4

Ulangi langkah tersebut sampai bayi kembali bernapas normal.

6. Hubungi panggilan darurat

Jika si Kecil tak kunjung bernapas, Moms harus segera menghubungi panggilan darurat / segera bawa ke rumah sakit terdekat.

Semoga bermanfaat.

Viral, Bayi Ini Diberi Nama Joko Widodo Ma'ruf

Tutup Video