Sukses

6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Masalah Susah Tidur

Lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Maka dari itu perlu untuk jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Sulit tidur sering disebut sebagai insomnia. Namun, sebenarnya insomnia memiliki arti yang lebih luas dari sekadar sulit tidur. 

Dikutip dari KlikDokter, insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat dan sulit untuk kembali tidur.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamu mengalami insomnia, di antaranya adalah stres, jadwal yang padat, kebiasaan tidur yang buruk, obat-obatan hingga makan terlalu banyak menjelang tidur. 

Menjelang tidur, kamu tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berbaring, terlebih jika kamu memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya, beri jarak makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.

Ketika kamu sudah melakukan evaluasi terhadap beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab susah tidur, berikut ini adalah sejumlah cara menghilangkan masalah susah tidur. 

1. Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan kamu susah tidur. Oleh karena itu, mengatasi sulit tidur dapat dilakukan dengan tidur teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Baik

Lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Maka dari itu perlu untuk jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Selain, itu suhu kamar tidak jangan terlalu dingin atau panas. Suara juga sebaiknya terkontrol, sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pastikan Tempat Tidur Nyaman

3. Pastikan Tempat Tidur Nyaman

Agar bisa tidur cepat, kamu perlu memastikan bahwa tempat tidur sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil.

4. Rileks Sebelum Tidur

Cara selanjutnya untuk cepat tidur adalah dengan merilekskan tubuh. Agar bisa rileks, lakukan beberapa hal, seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga.

 

3 dari 3 halaman

5. Hindari Konsumsi Kafein

Kamu perlu menghindari atau mengurangi konsumsi stimulan, seperti kafein pada teh dan kopi, terutama di malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga dapat mengganggu proses tidur, serta mencegah tidur malam.

6. Jangan Merokok

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu perlu menghentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan tidur.

Kebiasaan tidur yang baik dapat mencegah dari kekurangan energi pada siang hari, sehingga membuat kerja lebih semangat dan efektif. Oleh karena itu, terapkan cara mengatasi susah tidur di atas untuk memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.