Sukses

Baru Mau Mudik, Jangan Biarkan Anak Bermalam di Mobil Selama Perjalanan

Anak tidak dianjurkan bermalam di kendaraan selama mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik jadi hal yang ditunggu-tunggu. Bagi Anda yang baru akan melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, pastikan melakukan persiapan.

Apalagi jika membawa serta anak balita. Jangan sampai perjalanan mudik membuat si Kecil kelelahan hingga jatuh sakit. Hal pertama yang harus disiapkan adalah makanan dan minuman.

Lebih baik membawa sendiri makanan dan minuman dari rumah. Kebersihannya terjamin, termasuk nutrisinya. Disarankan untuk membawa makanan favorit anak supaya dia semangat untuk memakannya.

"Membawa anak persiapannya cukup banyak. Tapi intinya, harus membawa makanan sendiri dari rumah. Jangan sampai tiba-tiba harus beli makanan yang kualitasnya kita nggak tahu. Minuman juga harus bawa," kata dr. Reisa Brotoasmoro, beberapa waktu lalu

Sediakan camilan seperti biskuit dan makanan ringan Menurut dr. Reisa, bawa juga buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan membuat tubuh tetap segar selama perjalanan mudik yang pastinya melelahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Bawa Anak

Barang yang juga perlu dibawa jika membawa anak mudik adalah mainan. Bisa berupa boneka, puzzle, atau mainan sensorik.

" Kalau perlu, bawa mainan yang bisa mengola motorik dan sensorik anak. Jadi, jangan terus-terusan dikasih gadget. Kasihan, mata anak nanti capek," tutur Reisa.

Ia pun menyarankan untuk menyewa kamar hotel jika perjalanan terlalu jauh atau terlalu macet. Hindari tidur di mobil dengan anak.

" Tidur di mobil nggak disarankan. Karena berbahaya jika mobilnya tertutup, tapi banyak polusi ketika terbuka. Jadi, usahakan istirahat di penginapan," tutupnya.

Penulis : Cynthia Amanda Male / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.