Sukses

Agar Lansia Tak Jatuh Sakit Selama Perjalanan Mudik

Cara mencegah lansia jatuh sakit selama perjalanan Mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Apabila kita ingin mengajak lanjut usia (lansia) mudik Lebaran, sebaiknya perlu konsultasi ke dokter. Kondisi fisik yang tak sebugar masa muda dulu membuat lansia rentan terkena penyakit, bahkan terserang keletihan selama perjalanan.

Jangan lupa ajak orangtua kita berkonsultasi ke dokter sebelum mudik dan persiapkan obat-obatan rutin yang harus dikonsumsi selama perjalanan mudik. Bawa alat bantu dan kesehatan penunjang lainnya," jelas dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri Jaya Purwita Wijaya Laksmi dalam keterangan rilis kepada Health Liputan6.com, ditulis Senin (3/6/2019).

Perhatikan dosis dan frekuensi obat untuk lansia serta cara penyimpanan obat yang baik dan benar. Anda juga bisa membawa dosis obat-obatan rutin lebih banyak dibandingkan lamanya perjalanan yang direncanakan.

"Hal ini untuk mengantisipasi jika ternyata mereka (lansia) ingin tinggal lebih lama di kampung halaman,” tambah Purwita.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Selama Perjalanan

Menyusun rencana yang mencakup kapan dan di manatempat untuk transit dan beristirahat menjadi kunci utama. Anda dapat memperhitungkan soal keberadaan fasilitas tempat makan.

"Cek lokasi toilet, penginapan yang ramah lansia serta informasi keberadaan fasilitas kesehatan di rute perjalanan yang dilewati," Purwita menambahkan.

Pilihlah moda transportasi yang nyaman bagi lansia. Selama perjalanan mudik, dampingi pula lansia melakukan peregangan tubuh.

"Bisa berdiri dan berjalan setiap beberapa jam sekali saat perjalanan agar sirkulasi darah tetap lancar dan sendi-sendi tak menjadi kaku," tutup dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah – Bintaro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.