Sukses

Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dengan Mudah, Alami, dan Tanpa Produk Mahal

Banyak sekali wanita maupun pria yang menginginkan untuk memiliki rambut panjang atau gondrong. Panjangnya rambut pun bukan semata hal yang diinginkan.

Jakarta Banyak sekali wanita maupun pria yang menginginkan untuk memiliki rambut panjang atau gondrong. Panjangnya rambut pun bukan semata hal yang diinginkan. Pasalnya rambut sehat, berkilau, dan kuat juga diinginkan seiring panjangnya rambut.

Namun, berbagai faktor dari luar maupun dalam diri seringkali jadi aspek yang dapat menurunkan kesuburan rambut. Hal ini membuat pertumbuhan alami dari rambut jadi terhambat. Tingkat kecepatan pertumbuhan rambut Anda pun memiliki hubungan dengan keturunan (genetik). Biasanya rambut tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya.

Jadi, bagaimana cara yang cepat untuk memanjangkan rambut? Berikut deretan cara cepat memanjangkan rambut dengan alami dan cepat seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (3/9/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Menggunakan Masker Rambut

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah dengan menggunakan masker rambut. Menggunakan masker rambut juga adalah cara yang bagus untuk menjaga agar rambut Anda terlihat indah, yang tidak hanya akan membantu agar rambut Anda bisa tumbuh lebih cepat, tapi juga akan membuat rambut terlihat lebih bersinar, lebih sehat dan lebih indah. Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan masker rambut.

  1. Dalam mangkuk kecil, masukkan sebuah kuning telur, satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun extra virgin (atau minyak linen) dan satu sendok makan Vodka (atau Cognac).
  2. Campur semua bahan ini sampai rata dan menjadi pasta.
  3. Oleskan pasta ini pada kulit rambut Anda dan dan pijit-pijit.
  4. Tutupi kepala Anda dan dengan handuk atau shower cap.
  5. Tunggu sekitar tiga puluh menit.
  6. Keramasi rambut Anda.

Lakukan perawatan masker rambut ini secara teratur, seminggu sekali atau dua minggu sekali, selama satu atau dua bulan.

3 dari 12 halaman

Alternatif Masker telur

Sebagai cara cepat memanjangkan rambut namun tak menggunakan masker telur, berikut alternatifnya.

  1. Siapkan minyak kelapa, minyak almond manis dan masker rambut madu.
  2. Campurlah ketiga bahan ini dalam proporsi yang sama, lalu hangatkan sebentar dalam pot
  3. Oleskan masker ini pada rambut Anda, dan pijit-pijit.
  4. Biarkan sekitar tiga puluh menit.
  5. Keramasi rambut Anda
4 dari 12 halaman

2. Mengkonsumsi protein

Sebagai cara cepat memanjangkan rambut, Anda tak selalu butuh nutrisi dari luar. Anda ternyata juga perlu memperhatikan apa yang Anda makan jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah.

Tahukah Anda bahwa makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda? Sebagai cara cepat memanjangkan rambut, pastikan untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, serta daging merah ke dalam menu diet seimbang Anda.

5 dari 12 halaman

3. Menyisir rambut Anda setiap hari selama 1 atau 2 menit

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah dengan menyisir rambut. Pastikan untuk menyisir kepala Anda dengan lembut, jangan terlalu keras. Dengan menyisir rambut Anda perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala Anda dan akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala Anda.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyikat rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala Anda.

6 dari 12 halaman

4. Memijat Kulit Kepala

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut yang lain adalah dengan memijat kulit kepala. Ketika memijat kulit kepala, lakukanlah dengan lembut, gunakan jari Anda, pijat dan urut kepala Anda selama satu atau dua menit. Hal ini bertujuan agar merangsang aliran darah di kulit kepala Anda dan akan membantu untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

7 dari 12 halaman

5. Jus kentang

Kentang bisa jadi cara cepat memanjangkan rambut. Hal ini bisa didapat menggunakan masker rambut. Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan masker kentang.

  1. Blender 2 buah kentang besar.
  2. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu buah kuning telur.
  3. Oleskan campuran ini pada rambut Anda (terutama aplikasikan pada akar rambut).
  4. Tunggu setengah jam, lalu keramasilah rambut Anda.
8 dari 12 halaman

6. Merawat kulit kepala

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah menaruh perhatian lebih untukmerawat kulit kepala. Salah satu tips yang penting dalam merawat kulit kepala adalah jangan sekali-kali mengaplikasikan hair conditioner pada akar rambut Anda.

Hal ini karena bukan hanya akan menyebabkan hilangnya volume, tapi rambut Anda mungkin akan menjadi sangat berminyak. Terlebih lagi beberapa kondisioner rambut mengandung wax dan silicons. Jadi jika Anda menerapkannya pada kulit kepala Anda, hal ini bisa mencegah pernapasan dan menyumbat pori-pori kulit kepala Anda. jadi, oleskan kondisioner rambut Anda hanya pada batang rambut Anda, bukan pada kulit kepala Anda.

9 dari 12 halaman

7. Menggunakan Minyak Hangat

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah memijat dan urut kulit kepala Anda menggunakan minyak hangat. Cukup panaskan sedikit minyak (minyak linen, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan atau minyak jojoba), lalu mengaplikasikannya ke kulit kepala Anda.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut menggunakan minyak hangat:

  1. Jangan merebus minyak sampai mendidih, cukup sedikit menghangatkannya saja.
  2. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut melewati akar rambut Anda dengan gerakan melingkar.
  3. Pijat sekitar 15 - 20 menit, lalu oleskan minyak di rambut Anda
  4. Tunggu sekitar 30 menit, lalu keramasilah rambut Anda.
  5. Perawatan ini akan cepat memanjangkan rambut dan juga membuat rambut Anda terlihat mengkilap dan sehat, terutama jika Anda melakukannya secara teratur.
10 dari 12 halaman

8. Buang perilaku yang bisa merusak rambut

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah berperilaku yang tidak merusak rambut. Jangan pernah tidur dalam keadaan rambut terikat atau mengepang rambut Anda dengan ketat, karena akan menghambat pertumbuhan rambut Anda dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Tidurlah dengan menggunakan sarung bantal dengan material lembut seperti sutra, karena hal ini tidak akan menyebabkan gesekan dan hal itu jauh lebih baik dan lembut untuk rambut Anda. Selain itu sarung bantal dengan material lembut tidak hanya bermanfaat untuk rambut Anda, tapi juga bisa membantu untuk mencegah agar keriput pada wajah tidak muncul.

11 dari 12 halaman

9. Minyak Jarak

Cara cepat menumbuhkan rambut yang lainnya adalah dengan mengaplikasikan minyak jarak. Pijat rambut Anda dengan menggunakan minyak jarak sebelum tidur dan biarkan semalaman sembari tidur. Lalu, keesokan harinya, cuci rambut Anda.

Minyak jarak memang sudah lama terkenal untuk menebalkan rambut serta alis mata Anda. Setidaknya, cara cepat memanjangkan rambut dengan minyak jarak ini akan membuat rambut Anda sehat dan ternutrisi.

12 dari 12 halaman

10. Membilas rambut dengan cuka apel

Salah satu bahan yang bisa jadi cara cepat memanjangkan rambut adalah cuka apel. Cuka sari apel bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel di rambut Anda, juga mampu menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh produk perawatan rambut. Cuka sari apel tidak hanya membantu Anda untuk cepat memanjangkan rambut, tapi juga berfungsi sebagai deterjen alami.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan cuka apel:

  1. Tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam 1 liter air, lalu bilas rambut Anda dengan larutan tersebut
  2. Lakukan perawatan ini sebagai langkah terakhir dari rutinitas keramas atau pengkondisian rambut Anda
  3. Jika Anda tidak suka dengan bau cuka, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda ke dalam cuka sari apel Anda (seperti minyak esensial mawar)
  4. Alternatif lainnya, Anda juga bisa mencampur jus lemon dengan air, dengan proporsi yang sama, daripada menggunakan cuka sari apel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.