Sukses

Ini Alasan Sepatu Harus Dilepas di Luar Pintu Rumah

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, umumnya orang-orang memang meninggalkan sepatu mereka di luar rumah. Ternyata, budaya ini jauh lebih baik dibanding kebiasaan orang Barat yang menggunakan sepatu mereka di dalam rumah. Kenapa?

Penelitian yang dilakukan di University of Arizona membuktikan, ada banyak efek buruk dari kebiasaan mengenakan sepatu di dalam rumah, seperti melansir Huffington Post, Rabu (25/4/2018) berikut ini:

1. Bakteri

Beberapa bakteri baik untuk kita, yang lainnya sangat merugikan. Studi dari University of Arizona tadi meneliti bakteri di sepatu.

Mereka menemukan, rata-rata ada 421 ribu bakteri yang menempel di bagian luar sepatu, yang terjadi dari sembilan jenis bakteri berbeda.

Beberapa bakteri jahat yang ditemukan di sepatu termasuk Escherichia coli, atau E. coli. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi usus, diare, dan dalam kasus yang cukup jarang, meningitis.

Bakteri lainnya adalah, Klebsiella pneumoniae, yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Lalu ada juga Serratia ficaria. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi respiratori (pernafasan).

Belum lagi, bakteri ini ternyata bisa menempel sampai berminggu-minggu di sepatu, ujar Kelly Renolds, PhD, pakar mikrobiologi dan profesor di University of Arizona.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

2. Racun

Racun juga bisa menempel di sepatu. Sebuah studi di Battelle Memorial Institute, kelompok riset nirlaba menemukan, racun dari saat kamu merawat halaman, bisa dengan mudah menempel di sepatu.

Studi lain dari Baylor University menemukan orang-orang yang tinggal di dekat jalanan beraspal yang dilapisi dengan tar, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker dari racun.

Racun-racun ini, bisa masuk ke dalam rumah dan menetap dalam wujud partikel debu. Partikel-partikel ini bisa dibawa masuk oleh sepatu kamu.

"Bayangkan air hujan di jalan," ujar Dr. Reynolds. Air hujan itu bisa mengandung gasolin dan zat kimia, yang bisa menempel ke sepatu, dan masuk ke rumah.

2 dari 3 halaman

3. Tanah

"Tanah itu sendiri tidak berbahaya," ujar Dr. Reynolds, tapi tetap saja kamu harus menjauhkannya dari anak-anak kecil.

"Anak-anak sering memasukkan tangan mereka ke mulut, atau mengambil mainan dari lantai dan memasukkannya ke mulut," ujarnya lagi.

Dengan memastikan kamu melepas sepatu di luar rumah, lantai bisa terbebas dari tanah.

Artikel Selanjutnya
Pilihan Sepatu Stylish dan Nyaman untuk Si Kecil Saat Traveling
Artikel Selanjutnya
Mau Mudik Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Perhatikan 9 Tips Ini