Sukses

Ini 3 Ciri Sepatu yang Baik untuk Penerbangan Jauh

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan jauh terasa lebih nyaman jika Anda menggunakan sepatu yang tepat. Apabila selama ini yang orang fokuskan hanya makanan, minuman, atau baju, mulai sekarang pikirkan juga sepatu yang cocok Anda kenakan saat akan melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat.

Memilih sepatu yang tepat penting untuk dipertimbangkan karena berkaitan dengan mobilitas seseorang saat traveling.

Bepergian dengan pesawat terbang tentu melibatkan suatu proses, dari menuju ke bandara, sampai di tempat tujuan, hingga perjalanan ke lokasi tujuan dari bandara. Oleh sebab itu, kenyamanan sangat penting untuk diperhatikan guna memastikan kelancaran dari proses tersebut.

Berikut ini adalah kriteria sepatu yang sebaiknya Anda bawa saat traveling dengan penerbangan jarak jauh:

1. Nyaman dan berukuran pas

Pada saat menjalani penerbangan jarak jauh, jenis sepatu yang sangat disarankan adalah tipe sepatu yang sederhana, nyaman, dan berukuran pas. Sepatu yang kebesaran dapat mengganggu saat berjalan. Sedangkan sepatu yang kekecilan akan membuat kaki sakit.

Menurut Dr. Balvinder Rana, Additional Director Foot and Ankle Surgery dari Fortis Bone and Joint Institute, 9 dari 10 wanita mengenakan sepatu yang terlalu kecil hingga membuat kaki mereka lecet, kapalan, dan mendapatkan masalah kaki lainnya. Jika Anda menggunakan sepatu kekecilan selama traveling, Anda akan berisiko mengalami iritasi pada sendi kaki hingga radang.

2. Hindari sepatu bertumit tinggi

Hindari sepatu yang memiliki hak atau tumit, karena dapat mempersulit perjalanan Anda. Selain itu, karena bepergian dengan pesawat, umumnya Anda juga akan melewati proses check in, imigrasi, dan berkeliling di bandara, sehingga berjalan merupakan hal yang tidak dapat dihindari saat bepergian. Oleh sebab itu, menggunakan sepatu yang nyaman merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

 

2 dari 3 halaman

Pilihlah Sepatu yang Pas

3. Mudah dilepas

Sebagai tambahan, Anda juga disarankan untuk memilih sepatu yang mudah dilepas dan digunakan kembali, seperti sepatu jenis slip-on. Hal ini untuk menunjang kenyamanan saat berada di dalam pesawat. Jenis sepatu ini dapat mempermudah Anda bila ingin melepas sepatu saat duduk di kursi pesawat

 

3 dari 3 halaman

Selain Sepatu, Apalagi?

Selain memilih jenis sepatu di atas, sebagian besar tenaga medis merekomendasikan populasi tertentu, seperti wanita hamil, orang berusia lanjut, dan sebagainya, untuk menggunakan stocking kompresi atau kaus kaki saat bepergian dengan pesawat.

Selain itu, penggunaan bahan kompresi pada tungkai juga merupakan pilihan yang tepat pada individu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, individu yang bepergian jarak jauh, atau individu yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang.

Kaus kaki atau stocking, yang berperan dalam memperbaiki aliran darah, dapat membantu mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki serta melindungi kaki dari terjadinya trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT).

Kaus kaki dan stocking tersebut bekerja dengan cara meningkatkan tekanan pada otot tungkai serta meningkatkan aliran darah.

Menggunakan alas kaki yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat akan melakukan penerbangan jarak jauh. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu yang sederhana dan nyaman, agar momen traveling Anda dapat berlangsung dengan lancar.

 

Reporter : dr. Nitish Basant Adnani BMedSc/Klik Dokter

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepatu Hak Tinggi Tanpa Rasa Sakit Ramai di Jepang, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Sepatu Boots Ini Punya Pembuka Botol di Tumitnya, Berapa Harganya?