Sukses

Koleksi 5 Tanaman Ini di Rumah Bantu Anda Lebih Bahagia

Terkadang, bahagia bisa muncul dari hal-hal sederhana, seperti tanaman misalnya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal di dunia yang bisa memicu timbulnya rasa bahagia. Dan terkadang, bahagia bisa muncul dari hal-hal sederhana, seperti tanaman misalnya.

Mungkin agak sedikit aneh di telinga, tapi tanaman hijau memang secara ilmiah terbukti bisa memperbaiki suasana hati. Masih belum yakin? Coba simak keterkaitan lima tanaman berikut dengan hadirnya bahagia di hati.

1. Lavender

Sejak ratusan tahun lalu, tanaman dengan bunga ungu ini telah digunakan dalam pengobatan kuno untuk mengatasi ketegangan saraf, meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri saat melahirkan, mencegah insomnia, hingga mengatasi depresi.

Melansir laman Purewow, Rabu (30/8/2017), banyak penelitian telah membuktikan khasiat lavender bagi kesehatan. Bahkan, studi yang dilakukan pada 2009 menunjukkan, aroma lavender memiliki efek nyata menurunkan detak jantung mahasiswa keperawatan yang tengah dalam kondisi tertekan.

2. Lidah buaya

Tanaman ini kerap disebut "tanaman keabadian" oleh orang Mesir. Beberapa orang percaya, tanaman ini akan membawa energi positif jika digantungkan di pintu masuk.

Dari kacamata ilmiah, lidah buaya mampu menjadi penjernih udara dari karsinogen serta menghasilkan oksigen pada malam hari, sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Ini akan berdampak pada mood pagi hari Anda yang lebih baik.  

 

Saksikan juga video berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Basil

3. English ivy

Tanaman dengan dedaunan mungil nan hijau ini merupakan pemurni udara yang efektif. Bahkan, para ilmuwan NASA mengakui keunggulan english ivy dalam membersihkan udara.

Nilai tambah lainnya, tanaman english ivy ini mudah ditanam karena tak memerlukan banyak air atau cahaya untuk hidup.

4. Basil

Tanaman basil jadi salah satu rempah yang sering digunakan masyakarat Italia. Tanaman ini mengandung senyawa organik linalool yang biasa digunakan sebagai aroma terapi.

Sekelompok ilmuwan Jepang melakukan studi terhadap tikus untuk mengetahui manfaat linalool. Hasilnya, tikus-tikus yang terpapar zat tersebut menjadi lebih tenang ketika berada dalam situasi penuh tekanan.

5. Peace lily

Selain tampak cantik karena bentuk bunganya yang indah, peace lily juga efektif memurnikan udara dan menetralisasi gas-gas beracun seperti karbon monoksida dan formaldehyde.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.