Sukses

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Bahagia, Salah Satunya Menatap Foto Orang Tersayang

Berikut kebiasaan di pagi hari yang bisa dipraktikkan untuk merasa bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan di pagi hari berdampak pada tingkat kebahagiaan seseorang. Seorang psikolog berlisensi sekaligus founder DML Psychological Services di Michigan AS, Michele Leno mengatakan merasa bahagia di pagi hari tidaklah sulit untuk dirasakan, namun perlu latihan dan disiplin untuk meraihnya.

Berikut kebiasaan ketika bangun pagi hari yang bisa dipraktikkan untuk merasa bahagia, dilansir New York Post.

1. Awali hari dengan meditasi dan tarik napas dalam

“Hal pertama yang saya lakukan adalah mencoba memulai dengan beberapa jenis meditasi,” Leno berbagi.

“Dan ini tidak harus menyita waktumu.”

Leno mengatakan bahwa meluangkan beberapa menit di pagi hari untuk bernapas dalam-dalam dan menenangkan pikiran – baik saat Anda mengikuti meditasi terpandu atau hanya bernapas sendiri – dapat membantu Anda merasa lebih waspada dan berpikiran jernih. Ini juga akan membuat suasana hati jadi bahagia

2. Fokus pada apa yang diinginkan terjadi — dan buatlah daftar

Daripada memulai hari dengan merenungkan apa yang salah kemarin atau apa yang salah hari ini, pikirkan hal-hal yang ingin Anda capai.

Ini kedengarannya jelas, tetapi “bagaimana jika” negatif mudah muncul.

“Bahkan jika Anda yakin hari atau hari-hari Anda akan dipenuhi dengan kekacauan, mulailah memvisualisasikan sesuatu yang positif,” saran Leno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gantungkan sesuatu di kamar yang membuat tersenyum

Jika belum memiliki karya seni atau foto yang “memicu kegembiraan” tergantung di kamar, sebaiknya temukan dan gantungkan di dinding sekarang.

Bangun pagi dan langsung teringat akan liburan yang menyenangkan, orang yang dicintai, atau bahkan hanya sebuah karya seni yang benar-benar Anda nikmati bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari.

 

3 dari 4 halaman

4. Lakukan sedikit gerak tubuh

Ini tidak harus berupa latihan penuh. Anda dapat melakukan peregangan perlahan selama beberapa menit atau berlatih sedikit yoga.

Jika Anda punya waktu dan tenaga, kata Leno, lakukanlah olahraga. Namun Anda juga bisa mendapatkan suasana hati yang baik hanya dengan sedikit gerakan.

 

4 dari 4 halaman

5. Pertahankan kebiasaan baik apa pun sedang coba dilakukan

Tidak diragukan lagi, bagian tersulit dari setiap kebiasaan adalah membangunnya. Leno mencatat bahwa meskipun mungkin sulit untuk mengintegrasikan praktik-praktik ini – dan mungkin terasa dipaksakan – intinya adalah Anda terus berusaha dan tetap disiplin.

“Saya yakin Anda menyediakan waktu untuk hal-hal yang penting bagi Anda,” kata Leno. Dan pada waktunya, praktik Anda “akan muncul secara alami dan Anda akan ingin melakukannya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.