Sukses

5 Kebiasaan Sehat yang Penting untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Berikut ialah lima kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Tentunya semua orang ingin bahagia, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu bahwa definisi kebahagiaan bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Beberapa orang menemukan kebahagiaan dalam kehidupan keluarga, bisnis, atau percintaan.

Orang lain mungkin menemukan kebahagiaan dalam kekayaan finansial, kekuasaan politik, atau membentuk tubuh yang ideal. Yang lainnya lagi mungkin menemukan kebahagiaan dalam bidang akademis, praktik spiritual, atau seni kreatif

Mari kita bedah, dimana ada beberapa jenis kebahagiaan yang berbeda.

Menurut ahli psikoterapis yaitu Sean Grover L.C.S.W. ia selalu mempertimbangkan dua bentuk kebahagiaan:

Pertama, kebahagiaan sementara yaitu ledakan spontan kesenangan yang menyenangkan yang berkobar namun cepat memudar-pikirkan tentang liburan, liburan, pesta, atau hadiah.

Kedua, kebahagiaan yang berkelanjutan yaitu jenis kebahagiaan sehari-hari yang bisa tahan lama dan bahkan abadi, yang dibangun di atas identitas, hubungan, harga diri, prestasi, atau bakat-bakat unik Anda.

Untuk lebih ringkasnya yaitu memanglah kebahagiaan sementara memberikan dampak yang sangat menyenangkan, sedangkan di sisi lain kebahagiaan berkelanjutan memberikan lebih banyak manfaat jangka panjang.

Namun, inilah kebenaran yang sebenarnya bahwa kebahagiaan yang berkelanjutan membutuhkan pengorbanan yang luar biasa seperti halnya kerja keras yang membutuhkan usaha, dedikasi, dan latihan yang tepat.

Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan berfokus pada kebiasaan-kebiasaan sehat yang dapat Anda praktikkan setiap hari untuk membuat kebahagiaan Anda lebih kuat dan tahan lama.

Dan berikut ialah lima kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia, melansir dari Psychologytoday, Jum’at (05/04/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bersyukur

Memupuk rasa syukur sangat penting untuk kebahagiaan yang langgeng. Apa pun situasi Anda, Anda dapat menemukan sesuatu untuk disyukuri.

Sebagai contoh, Sean bercerita dalam Psychologytoday bahwa ia memiliki seorang teman yang berada dalam kondisi kritis, dan dokternya merekomendasikan hospis dan memperkirakan dia hanya memiliki beberapa minggu untuk hidup.

Ketika ia mengunjungi temannya di rumah sakit, ia terkejut melihat temannya itu dalam keadaan bersemangat dan sumringah senyuman di mukanya tidak hilang.

Temannya menjelaskan bahwa dia bersyukur atas waktu yang tersisa dan bertekad untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Dia juga menolak perawatan di rumah sakit dan baru-baru ini dipulangkan kembali ke rumah.

Sean tidak meragukan bahwa rasa syukur yang dilakukan oleh temannya telah meningkatkan semangat dan memperpanjang kehidupan temannya itu.

3 dari 6 halaman

2. Acts of service.

Acts of Service (tindakan pelayanan/membantu orang lain dengan ikhlas) selalu memberi Anda dorongan kebahagiaan.

Terlalu memikirkan dengan masalah Anda sendiri, merenungkan kekurangan Anda, membandingkan diri Anda dengan orang lain, tindakan-tindakan seperti itu pasti akan merusak kebahagiaan.

Membantu orang lain mengingatkan Anda bahwa ada banyak orang yang kurang beruntung daripada Anda. Hal ini juga memberi manfaat tambahan untuk memupuk kebaikan dan membersihkan hati Anda, tentunya hal itu sangat penting untuk kebahagiaan yang berkelanjutan.

4 dari 6 halaman

3. Perawatan diri

Perawatan diri adalah aktivitas apapun yang dapat memperkaya hidup Anda, mengurangi stres, dan menyegarkan Anda.

Contohnya: berolahraga, berkebun, berjalan-jalan, menonton konser, atau apa pun itu. Ini berarti meluangkan waktu untuk kesehatan mental Anda dan menghindari kelelahan dan depresi yang dimana itu adalah musuh utama kebahagiaan.

5 dari 6 halaman

4. Memperkuat persahabatan

Kenyataan yang menyedihkan dari bertambahnya usia adalah bahwa orang-orang yang Anda kenal menjadi terpisah, bahkan sampai kehilangan kontak mereka.

Membina persahabatan yang berkualitas sangat penting untuk kebahagiaan Anda ini adalah salah satu sumber daya kebahagiaan yang tidak akan pernah mengecewakan Anda.

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan teman yang baik, Anda akan merasa hidup menjadi lebih ringan, segar, dan terinspirasi.

Dimana kesepian dapat merusak kebahagiaan, disitulah persahabatan akan memutarbalikkan keadaan dan memperkuat kebahagiaan Anda.

6 dari 6 halaman

5. Kreativitas

Intinya: Mengkonsumsi media sosial secara berlebihan dapat menimbulkan depresi.

Luangkan waktu untuk melepaskan diri dari layar handphone atau komputer Anda dan lakukan sesuatu yang kreatif.

Seperti: melukis, mengambil foto, menulis, menari, bernyanyi. Apa pun kegiatannya itu tidak masalah, kreativitas adalah hadiah yang Anda berikan untuk diri sendiri.

Temukanlah cara untuk menjadi kreatif, dan Anda mengambil langkah menuju kebahagiaan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.