Sukses

Stres Bikin Cepat Tua, Mitos atau Fakta?

Benarkah stres bisa bikin kamu jadi cepat tua? Simak jawabannya di sini!

Liputan6.com, Jakarta Jarang ada orang yang mau terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, terutama perempuan. Inilah yang membuat banyak wanita berusaha sebisa mungkin menghindari stres, karena mereka percaya, stres bisa bikin cepat tua. Tapi, apa benar stres bisa sebabkan penuaan dini?

Dilansir dari KlikDokter, dr. Alvin Nursalim menuliskan, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyimpulkan bahwa orang yang mudah marah atau stres bisa mengalami penuaan dini. Jadi kalimat "marah bisa cepat tua" bukan sekadar mitos.

Stres menyebabkan peningkatan berbagai zat peradangan. Berbagai zat kimiabisa menyebabkan perubahan metabolik yang menyebabkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala, masalah pencernaan, sampai dengan masalah kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko stres terlalu lama

Ketika terjadi dalam waktu panjang, stres bisa mengganggu sistem imun, kerentanan terhadap infeksi serta kerusakan pda sel tubuh. Selain mendatangkan penuaan dini, stres bisa jadi pangkal dari peningkatan risiko berbagai penyakit.

Benarkah stres bisa bikin kamu jadi cepat tua? Simak jawabannya di sini! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Penyakit jantung pun bisa hadir karena stres. Jadi, Anda tidak boleh menyepelekan apalagi ketika terjadi dalam jangka waktu yang panjang, ya. Baca artikel selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini