Sukses

Cara Menghentikan Dengkuran

Liputan6.com, Jakarta Mendengkur sebenarnya merupakan pertanda orang tidur nyenyak, namun kalau hal ini terjadi pada orang dengan ciri-ciri badan terlalu gemuk dan terjadi tiap kali ia tidur. Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan tanda bahaya.

Sayang, rata-rata orang tak pernah menyadari bahwa, ketika ia mendengkur, ia telah membuat orang yang tidur di sebelah menjadi terganggu.

Mendengkur dapat disebabkan karena seseorang memiliki jaringan yang lebih besar di tenggorokan dan mulut. Ukuran jaringan ini dapat meningkat dengan bertambahnya berat badan, itulah mengapa seseorang yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk mendengkur saat tidur.

Orang yang mendengkur juga sering memiliki faktor risiko lain pada kesehatannya, seperti peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Mendengkur dapat diobati melalui kombinasi perubahan gaya hidup dan beberapa cara seperti yang dilansir dari laman Verywell, Selasa (12/7/2016) berikut ini:

1. Mengurangi berat badan

2. Menghindari rokok

3. Tidur menyamping

4. Mengangkat kepala Anda saat tidur dengan menggunakan lebih banyak bantal.

5. Mengobati penyumbatan

6. Menggunakan corong atau pipa yang dimasukkan ke dalam mulut yang sudah diresepkan oleh dokter gigi.

7. Menggunakan nose strip yang ditempatkan pada hidung Anda, yang akan membantu untuk menjaga lubang hidung tetap terbuka sepanjang malam.

8. Semprotan untuk mengobati dengkuran.

9. Meminum pil pencegah mendengkur

10. Mengubah udara di kamar tidur Anda juga dapat membantu kemacetan pernafasan.

11. Latihan mulut untuk membuka tenggorokan. Masyarakat Australia menyarankan untuk belajar bermain didgeridoo.

Loading