Sukses

Sungai Elbe Meluap, Sejumlah Kota Terancam Banjir

Limpahan air Sungai Elbe telah merendam sejumlah ruas jalan dan permukiman penduduk Kota Dresden, Jerman. Luapan air sungai yang membelah Dresden itu juga mengancam sejumlah kota di wilayah timur Jerman.

Liputan6.com, Dresden: Kendati disambut baik, kehangatan musim semi di Jerman juga membawa masalah. Sejumlah kota di wilayah timur Jerman kini terancam banjir seiring bertambahnya ketinggian air Sungai Elbe akibat salju yang mencair. Luapan air antara lain mengancam Kota Barby, Zerbst, dan Magdeburg di Negara Bagian Saxony dan Saxony-Anhalt.

Hingga Ahad (20/3), ketinggian air Sungai Elbe dilaporkan bertambah 1,5 meter dari ketinggian normal, yaitu dua meter. Luapan air bahkan telah merendam Kota Dresden, Jerman. Air terlihat menggenang di sejumlah ruas jalan dan permukiman di kota itu.

Kota Dresden kini bersiap menghadapi luapan air yang lebih besar. Sejumlah pakar cuaca setempat memperkirakan, air Sungai Elbe dapat mencapai ketinggian lebih dari enam meter pada Senin ini. Pemerintah setempat telah membagikan kantong-kantong pasir kepada warga untuk mencegah air masuk ke rumah penduduk.

Kendati demikian, kemungkinan itu masih jauh di bawah luapan sungai tiga tahun silam. Saat itu, ketinggian air sungai mencapai 9,4 meter dan disebut-sebut menyamai air bah pada 1845. Banjir merendam sebagian besar wilayah kota dan merusak sejumlah bangunan bersejarah [baca: Dresden Digenangi Air].(TOZ/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini