Sukses

[VIDEO] Bulatan Cahaya Terang Melintas di California, Meteor?

Sebuah cahaya yang diyakini sebagai meteor terlihat melesat di langit California. Apakah sebenarnya itu?

Sebuah cahaya yang diyakini sebagai meteor terlihat melesat di langit California pada Rabu, 6 November malam waktu setempat. Menurut berita yang beredar, penampakan meteor itu terjadi di Santa Barbara menuju San Diego.

"Kami telah mendapat banyak panggilan telepon dari orang-orang yang melaporkan melihat sesuatu yang terang --konsisten mengatakan hujan meteor-- melintasi masyarakat gurun bagian timur San Diego," kata Letnan Michael Munsey dari Departemen Sheriff San Diego seperti dilansir dari CNN yang dilansir The Space Reporter dan dimuat Liputan6.com, Jumat (8/11/2013).

Komunitas meteror di AS atau American Meteor Society (AMS) juga menerima lebih dari 150 laporan saksi mata yang melihat hujan meteor. Bahkan, orang-orang di Arizona, Nevada, dan Utah juga melaporkan melihat cahaya meteor itu di langit.

"Saya sedang mengemudi dari Rancho Mirage menuju Whitewater, California di Interstate 10 ketika ada cahaya besar yang menerangi langit. Saya pikir itu adalah petir, meskipun tampaknya aneh karena tidak ada awan di langit," kata salah satu commenter di website AMS.

Reaksi masyarakat yang mengaku melihat meteor juga 'bertebaran' di Twitter. Berikut beberapa petikan yang dikutip dari USA Today:

"Tidak yakin apakah aku melihat sebuah meteor atau bintang jatuh, tapi aku membuat keinginan untuk berjaga-jaga," kicau akun Ireeene_xo.

"Apakah aku melihat meteor atau aku sedang mabuk? Entah aku hanya melihat meteor melintasi Los Angeles, atau teman facebook-ku dan aku sedang menghayal," tulis ToMyAssistant menanggapi perbincangan terkait kemunculan meteor.

Pada 30 Oktober, kemuNculan benda langit lain memicu 'badai' di media sosial. Meskipun bola api itu terlihat jelas di dari Portland, Oregon. Namun bberapa saksi mata juga mengaku melihatnya di Washington, British Columbia, Idaho dan Montana.

Penampakan benda langit yang tak kalah membuat heboh masyarakat juga terjadi di Chelyabinsk, Rusia. Menurut BBC News, sebuah tim peneliti internasional memperkirakan bahwa meteror tersebut berukuran sangat besar.

Peristiwa astronomi luar biasa terjadi pada Jumat 15 Februari 2013 pagi atau Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB. Sebuah meteorit -- atau menurut NASA bisa juga disebut asteroid -- meledak di langit Kota Chelyabinsk, Pegunungan Ural, Rusia. Batu angkasa itu berdiameter 17 meter, berat 10.000 ton.

Profesor Peter Brown, penulis utama dari University of Western Ontario, Kanada mengatakan kepada BBC bahwa sistem peringatan dini terhadap benda-benda langit sangat dibutuhkan untuk melindungi penghuni bumi dari kedatangan asteroid besar. (Tnt)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini