Sukses

Dikira Toilet, Penumpang di China Buka Pintu Darurat Pesawat

Pelaku mengaku baru pertama kali melakukan perjalanan dengan pesawat.

Liputan6.com, Beijing - Seorang penumpang di China yang baru pertama kali terbang telah membuat kepanikan dan kekacauan ketika dia membuka pintu darurat  pesawat yang ia kira pintu toilet. Kejadian ini menyebabkan evakuasi penumpang dan penerbangan dibatalkan.

Pesawat Air China CA2754 dari kota Quzhou telah dijadwalkan terbang ke Chengdu pada tanggal 4 Juli. Namun, seorang penumpang yang baru pertama kali naik pesawat itu tak sengaja membuka pintu darurat, menyebabkan perintah evakuasi.

Alhasil, penumpang harus turun dari pesawat dan penerbangan dibatalkan. Para penumpang pun dipindahkan ke hotel dan diberikan kompensasi sebesar 400 yuan (Rp896 ribu) untuk masing-masing orang.

Pelaku yang membuka pintu darurat itu juga dipindahkan ke hotel untuk ditanya oleh polisi.

Salah seorang penumpang, yang bernama Cheng, mengatakan bahwa penumpang itu membuka pintu secara diam-diam, tanpa seseorang melihatnya.

"Ketika slide evakuasi muncul, bahkan pramugari terkejut. Penumpang perempuan menangis ketika dia mendengar bahwa pesawat mengalami masalah," kata Cheng, seperti dilansir SCMP, Selasa (9/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuai Komentar di Media Sosial

Kejadian ini mendapatkan perhatian yang luas di media sosial China. 

Di Weibo, seorang pengguna menulis, "Tidak ada alasan untuk menjadi penumpang pertama kali. Dia bisa saja bertanya kepada kru di mana letak toilet."

"Jika pintu darurat dapat dibuka dengan mudah, tidakkah itu rentan terhadap aktivasi kecelakaan? Ini tampak seperti kesalahan desain pesawat," kata seorang lainnya.

Pintu keluar pesawat dirancang untuk dapat dibuka dengan mudah untuk memastikan akses cepat dalam keadaan darurat.

Dalam keadaan normal, kru penerbangan akan terus-menerus mengingatkan penumpang untuk tidak secara tidak sengaja mengaktifkan pintu darurat.

 

3 dari 3 halaman

Aturan Pintu Darurat

Harga aktivasi pintu darurat berbeda-beda tergantung pada model pesawat, yang dapat berkisar dari 100,000 hingga 200.000 yuan (Rp448 juta).

Setelah slide evakuasi menyebar, pesawat dapat diperbaiki selama beberapa hari sebelum dapat melanjutkan operasinya.

Di China, pembukaan pintu darurat pesawat yang tidak sah merupakan tindakan ilegal dan dapat menyebabkan denda besar dan penahanan administratif.

Pada Juni 2017, seorang penumpang di Bandar Udara Beijing ditahan selama 12 hari setelah secara tidak sengaja membuka pintu darurat dan mengaktifkan slide evakuasi.

Pada Februari 2015, seorang penumpang di bandar udara di provinsi Jilin, timur laut China, membuka pintu darurat dekat tempat duduknya selama taxiing. Dia harus membayar 35.000 yuan (Rp78,4 juta) sebagai kompensasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.