Sukses

Tega, Seorang Ibu Asal AS Rela Tinggalkan Bayi di Rumah Selama 10 Hari Demi Liburan

Pengadilan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap ibu tersebut atas tuduhan tindakan membahayakan dan menelantarkan anak.

Liputan6.com, Cleveland - Tangis seorang bayi bernama Jailyn di Cleveland, Amerika Serikat (AS) pecah, namun tak segera dihampiri oleh sang ibu lantaran sedang pergi berlibur.

Dilansir CNN, Jumat (22/3/2024), wanita bernama Kristel Candelario tega meninggalkan anaknya yang masih berusia 1,5 tahun sendirian di rumah selama 10 hari untuk pergi liburan.

Pihak berwenang menyebut bahwa Candelario berada di Puerto Rico bersama teman prianya, ketika para tetangga mendengar jeritan anaknya pada pukul 01.00 waktu setempat.

Sekembalinya ke rumah, putrinya itu pun telah meninggal.

Candelario mengaku bersalah bulan lalu atas satu dakwaan pembunuhan berat dan satu dakwaan membahayakan anak.

Saat menjatuhkan hukuman pada Senin kemarin, ahli patologi forensik Elizabeth Mooney mengatakan di ruang sidang bahwa anak-anak mengalami kecemasan perpisahan yang paling ekstrem antara usia sembilan dan 18 bulan. Dia menceritakan hari-hari terakhir Jailyn yang menyiksa.

"Rasa sakit dan penderitaan yang dia alami tidak hanya berlangsung berjam-jam, bukan berhari-hari, tapi mungkin bahkan seminggu," kata Mooney sambil menahan air mata.

"Perasaan ditinggalkan selama berhari-hari, ditambah dengan rasa sakit karena kelaparan dan rasa haus yang ekstrem adalah jenis penderitaan yang menurut saya tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh siapa pun di antara kita."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemukan dalam Kondisi Dehidrasi dan Kurus

Seorang hakim menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Candelario pada Senin (18/3), menandai babak terakhir dalam kasus yang sangat suram sehingga para penyelidik yang terlibat menggambarkannya sebagai kasus paling mengerikan yang pernah mereka saksikan dalam karier mereka.

Aparat penegak hukum, termasuk Sersan Polisi Cleveland Teresa Gomez, menahan tangis saat menggambarkan kondisi bayi tersebut.

"Ini adalah kasus yang … akan kami catat dalam pikiran dan hati kami selamanya," kata Gomez saat membacakan putusan.

Asisten Jaksa Wilayah Cuyahoga Anna Faraglia memutar video keamanan saat sang ibu sedang mengangkut kopernya ke mobil pada tanggal 6 Juni 2023 dan kembali ke rumah pada 16 Juni 2023. Beberapa menit setelah dia kembali, Candelario menelepon 911.

"Tolong, saya butuh bantuan," katanya meminta pertolongan. "Tolong, tolong, bantu aku. Putriku sedang sekarat."

Jaksa menyebut bahwa Candelario telah mendandani Jailyn dengan pakaian bersih sebelum petugas tanggap darurat tiba.

Bayi itu ditemukan dengan kondisi mata cekung, bibir kering dan kotoran di mulut dan kuku jarinya. Berat badannya berkurang tujuh pon dibandingkan saat kunjungan dokter terakhirnya dua bulan sebelumnya.

Penyelidik mengatakan Candelario telah meninggalkan Jailyn sendirian lagi selama dua hari sebelum dia pergi berlibur.

3 dari 4 halaman

Disebut Punya Masalah Kesehatan Mental

Menanggapi putusan hakim, orang tua Candelario pun memohon belas kasihan kepada hakim.

Dalam pernyataan yang telah disiapkan, ibunya, Ketty Torres, mengatakan putrinya telah berjuang melawan masalah kesehatan, termasuk penyakit mental.

Ketika putrinya berhenti minum obat, hal itu memperburuk depresi dan kecemasannya, serta berkontribusi pada ketidakmampuannya mengambil keputusan yang tepat.

Torres mengatakan keluarganya tidak mengetahui apa yang terjadi.

4 dari 4 halaman

Minta Pengampunan

Candelario mengatakan kepada pengadilan bahwa dia berdoa setiap hari untuk meminta pengampunan. Ia juga percaya bahwa Tuhan dan Jailyn telah memaafkannya.

"Saya tidak mencoba untuk membenarkan tindakan saya, tapi tidak ada yang tahu seberapa besar penderitaan saya dan apa yang saya alami," katanya.

Hakim Pengadilan Permohonan Umum Kabupaten Cuyahoga Brendan Sheehan pun menegurnya saat dia menjatuhkan hukuman.

Berbicara dengan tegas, dia mengatakan Candelario meninggalkan anaknya "terjebak di penjara kecil" selama berhari-hari sementara dia sedang bersenang-senang.

"Ikatan antara ibu dan anak adalah salah satu ikatan yang paling murni dan sakral. Ini adalah hubungan yang dibangun atas dasar cinta, kepercayaan, dan perlindungan yang tak tergoyahkan. … Anda melakukan tindakan pengkhianatan terakhir," kata Sheehan.

“Bayi kecil itu bertahan, menunggu seseorang untuk menyelamatkannya. Dan Anda dapat melakukannya hanya dengan panggilan telepon sederhana. Sebaliknya, saya melihat foto Anda di pantai sementara anak Anda memakan kotorannya sendiri dalam upaya untuk bertahan hidup.”

Hakim menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

"Sama seperti Anda tidak membiarkan Jailyn keluar dari selnya sampai dia meninggal, Anda juga harus menghabiskan sisa hidup Anda di sel tanpa kebebasan," kata Sheehan.

"Satu-satunya perbedaan adalah penjara setidaknya akan memberi Anda makan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini