Sukses

Kala, Bayi Harimau Sumatra Muncul Perdana di Kebun Binatang Roma

Anak harimau Sumatra di kebun binatang Roma, Italia melakukan debut publiknya pada Kamis (7/3/2024), tiga bulan setelah kelahirannya.

Liputan6.com, Roma - Anak harimau Sumatra di kebun binatang Roma, Italia melakukan debut publik pada Kamis (7/3/2024), tiga bulan setelah kelahirannya.

Lewat kelahirannya, ia menambah jumlah spesies harimau Sumatra yang terancam punah, dikutip dari laman bhpiooner, Sabtu (9/3).

Pengunjung yang melihat kehadiran hewan itu mengungkapkan kegembiraannya, terutama saat anak harimau bernama Kala menjelajahi kandang bagian luar.

Ia keluar bersama induknya yang bernama Tila dan menghabiskan cukup banyak waktu duduk di atas kepala induknya.

"Saya tidak menyangka ukurannya akan sangat kecil, ternyata sebesar anjing kami, ini luar biasa," kata Arnaud Champalle, turis asal Prancis yang mengunjungi kebun binatang Bioparco.

Harimau Sumatra adalah spesies di terkecil dan paling langka dibandingkan jenis lainnya.

"Ada sekitar 500 ekor yang tersisa di alam liar," kata Presiden Yayasan Bioparco Paola Palanza.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi kebun binatang untuk berkontribusi pada strategi konservasi, menjaga kumpulan gen di dalam kebun binatang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Anak Harimau Sumatra Lahir di Kebun Binatang Memphis AS

Bicara soal Harimau Sumatra, pada Mei 2023 Kebun Binatang di Tennessee, Amerika Serikat kedatangan tamu spesial.

Dilaporkan oleh media UPI, dua anak harimau Sumatra dilahirkan di kebun binatang Memphis yang terletak di Midtown, Tennessee, Amerika Serikat.

Seekor harimau Sumatra bernama Dari, yang berusia 7 tahun, melahirkan anak-anaknya pada 5 Mei tahun ini. Induk jantannya merupakan seekor harimau berusia 4 tahun bernama Gusti.

"Setelah berlatih selama beberapa minggu untuk menyempurnakan teknik ini, kami sangat gembira untuk secara pasti memastikan janin yang layak di sisi kiri," kata Dokter Hewan Senior Kebun Binatang Memphis Felicia Knightly.

"Tak lama setelah itu, kami memastikan adanya janin kedua di sisi kanan."

Harimau Sumatra terakhir lahir di kebun binatang itu pada tahun 1998, dan induk betina dari anak-anaknya adalah nenek Dari.

"Sebagai harimau asal pulau yang terakhir, melestarikan harimau Sumatra sangatlah penting," kata Kurator West Zone Dan Dembiec.

"Harimau Sumatra dikelola secara kolaboratif dalam program pengembangbiakkan oleh kebun binatang terakreditasi secara global. Jadi, kelahiran anak harimau di Kebun Binatang Memphis ini merupakan tonggak sejarah dengan dampak dunia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.