Sukses

Di India Ada Bayi Berbelalai Mirip Dewa Ganesha, Bocah di Amerika ini Punya Kaki Seperti Putri Duyung

Noelle Spivey, seorang asisten dokter gigi berusia 35 tahun dari Lubbock, Texas, AS, melahirkan "putri duyung" cilik.

Liputan6.com, Texas - Jika di India ada bayi laki-laki terlahir dengan wajah disebut-sebut mirip Dewa Ganesha -- memperlihatkan ciri-ciri fisik tidak biasa pada tubuhnya termasuk memiliki belalai, di Inggris ada bayi 'putri duyung'.

Mungkin adalah kisah dongeng favorit sebagian anak-anak di dunia. Namun, bagaimana jadinya jika seorang anak terlahir dengan bentuk kaki seperti putri duyung?

Adalah Noelle Spivey, seorang asisten dokter gigi berusia 35 tahun dari Lubbock, Texas, Amerika Serikat, yang melahirkan "putri duyung" cilik itu.

Dilansir Metro pada Minggu (8/10/2023), Noelle mendapati bahwa putrinya, Blaire, memiliki kelainan janin langka yang dikenal sebagai sirenomelia pada pemindaian kehamilan 12 minggu. Bayi tersebut terlahir dengan kakinya menghadap ke belakang dari lutut dan menyatu satu sama lain, memberikan kesan seperti kaki putri duyung.

Prognosis atau prediksi yang diberikan dokter tidak dapat memastikan sampai kapan Blaire dapat bertahan hidup setelah terlahir di dunia. Sebagai seorang ibu, Noelle lantas merasa putus asa mendengar kabar tersebut. 

Meskipun dihadapkan pada ketidakpastian, Noelle tidak menyerah. Ia menjalani masa kehamilannya dengan ketat diawasi oleh tim medis. 

"Ini bukan soal apakah dia akan mati, tapi soal kapan," ucap Noelle, menjelaskan momen sulitnya.

Selanjutnya Noelle juga menjelaskan sesuatu yang menambah ketakutannya yakni sebagian besar bayi yang didiagnosis dengan sindrom putri duyung pada saat masih menjadi janin dikabarkan bahwa ginjal, usus, atau kelaminnya tidak berkembang.

Beruntungnya Blaire dikabarkan lahir dengan selamat.

Noelle menggambarkan kelahiran Blaire sebagai "momen paling membahagiakan dalam hidupnya." Melihat anaknya menangis dan sehat, Noelle merasakan kelegaan yang luar biasa. 

"Dia dilahirkan dengan paru-paru, jantung, otak – semuanya normal," ungkapnya. "Tapi dia hanya memiliki satu dari dua tulang di kaki bagian bawahnya. Di bawah lututnya, bagian itu terputar ke belakang dan semuanya menyatu."

Baca Bayi India Terlahir dengan Belalai di Wajah Mirip Dewa Ganesha di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blaire Kini Bisa Berjalan

Blaire, meski menghadapi beberapa masalah kesehatan, terus menunjukkan kekuatan dan semangatnya.

"Putri duyung" kecil itu menjalani operasi pemasangan kantong kolostomi pada usia satu hari untuk membantunya mengatasi masalah usus. 

Noelle sangat bersyukur putrinya dapat terlahir dengan selamat. Tanpa memikirkan kelainan dan kesulitan pada proses kehamilannya, ia bersuka cita atas kehadiran sang anak.

"Saya pikir, dia hanya bayi saya. Dia sempurna."

Sang Ibu bahkan mengatakan bahwa Blaire terlahir sebagai putri duyung. Dan saya berkata kepadanya, "Tidak semua orang bisa mendapat kaki keren seperti kamu."

Pada usia 18 bulan, Blaire kecil berhasil menjalani operasi berisiko tinggi selama tujuh jam untuk memisahkan dan mengamputasi kakinya di bagian lutut ke bawah.

Saat ini, Blaire telah bisa berjalan. Dengan kaki palsu berukuran penuh, dia sudah mampu mengambil langkah pertamanya. "Dia hanya anak biasa. Sungguh menakjubkan menjadi ibunya," tambah Noelle dengan penuh kebanggaan.

3 dari 4 halaman

Balita di China Lahir dengan Kepala Besar, Ternyata Ada Bayi di Dalamnya

Bayi unik lain dan mungkin mampu mencengangkan Anda ada di China.

Seorang bayi di China lahir dengan ukuran kepala yang lebih besar dari umumnya, yang kemudian diidentifikasi terdapat pasangan bayi lain di dalam kepalanya.

Dilansir laman Mirror, Jumat (10/3/2023), temuan ini bermula ketika orangtuanya khawatir soal ukuran kepala dan keterampilan motoriknya yang tidak normal dalam usianya yang belum setahun. Mereka kemudian membawa anaknya ke Rumah Sakit Huashan di Universitas Fudan, China. 

Bayi itu kemudian menjalani CT scan yang mengungkapkan gambar mengejutkan, bahwa saudara kembarnya selama ini hidup di dalam kepalanya, dan kini posisinya menekan otaknya. 

Ketika ditemukan, ia masih hidup, dan bertahan lama karena berbagi suplai darah dengan saudaranya.

Bayi tersebut diketahui terus bertumbuh di dalam organ saudara kembarnya selama berbulan-bulan, bahkan lengkap dengan memiliki tungkai atas, tulang dan kuku. Namun, bayi itu harus diangkat dengan cara operasi.

Klik disini untuk baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Bayi di India Lahir dengan 26 Jari, Keluarga Meyakini Sebagai Titisan Dewi Hindu

Kisah kelahiran bayi tak biasa lain terjadi di India, digadang-gadang sebagai titisan dewa.

Seorang bayi di India jadi sorotan karena terlahir dengan total 26 jari. Orang tuanya meyakini sang buah hati sebagai inkarnasi dari dewi Hindu.

Dilansir Mirror, Jumat (22/9/2023), bayi perempuan itu lahir di Bharatpur, Rajasthan, India, dengan 14 jari tangan dan 12 jari kaki.

Sang orang tua meyakini bahwa anaknya itu merupakan perwujudan dari Dholagarh Devi, dewi populer yang memiliki kuil dekat tempat bayi itu lahir.

Gopal Bhattacharya dan istrinya, Sarju Devi (25), mengatakan sangat bahagia atas kelahiran putri mereka.

Kakak laki laki Devi turut meyakini bahwa keponakannya itu merupakan inkarnasi dewi dan mengatakan, "Adikku telah melahirkan seorang bayi yang memiliki 26 jari, dan kami mempertimbangkannya sebagai inkarnasi Dholagarh Devi. Kami sangat bahagia."

Kendati demikian, dokter dan ahli medis rumah sakit telah menjelaskan bahwa bayi itu mengalami kelainan genetik.

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini