Sukses

5 Potret Kate Middleton Kenakan Perhiasan Favorit Putri Diana

Kate Middleton atau Putri Catherine ternyata punya perhiasan favorit yang sama dengan mertuanya, Putri Diana.

Liputan6.com, London - Saat Pangeran William menikahi Kate Middleton atau sekarang bergelar Putri Catherine dari Wales seketika menjadi jelas siapa yang akan mewarisi sejumlah besar perhiasan Putri Diana, baik itu perhiasan kerajaan yang sering dipakainya maupun koleksi perhiasan pribadinya.

Salah satu perhiasan Putri Diana yang akrab di mata publik adalah cincin safir biru yang merupakan cincin tunangan dengan mantan suaminya yang kini bergelar Raja Charles III.

Cincin yang disebut-sebut sebagai salah satu cincin kerajaan paling ikonik dalam sejarah itu kini melekat di jari Kate Middletone.

Dalam wawancara terkait pertunangannya pada tahun 2010, Pangeran William mengisahkan sedikit makna cincin Putri Diana tersebut baginya.

"Ini cincin pertunangan ibu saya, jadi saya rasa ini sangat baik karena jelas dia (Putri Diana) tidak ada di sekitar untuk berbagi kebahagiaan... dan ini adalah cara saya untuk membuatnya tetap dekat," tutur pewaris takhta Kerajaan Inggris berikut itu seperti dikutip dari Hello, Rabu (14/6/2023).

Kate Middleton sendiri menekankan bahwa cincin tersebut indah dan sangat, sangat spesial.

Dalam 12 tahun statusnya sebagai istri calon raja Inggris serta menantu Putri Diana, Kate Middleton sering tampil mengenakan perhiasan-perhiasan yang membuat ingatan publik melayang ke sosok mertuanya.

Berikut potret sejumlah penampilan Kate Middleton mengenakan perhiasan favorit Putri Diana, selain cincin pertunangannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tiara Cambridge Lover’s Knot

Kate Middleton telah mengenakan tiara Cambridge Lover's Knot lebih dari 10 kali. Tiara tersebut diberikan kepada Putri Diana sebagai hadiah pernikahannya dari Ratu Elizabeth II pada tahun 1981 dan telah menjadi salah satu perhiasan favoritnya mengingat cukup sering dia pakai.

Salah satu penampilan paling memukau Putri Diana saat mengenakan tiara Cambridge Lover's Knot adalah pada tahun 1989, ketika ia mengunjungi Culture Centre di Hong Kong. Dia memadukan tiara itu dengan gaun bertabur mutiara rancangan Catherine Walker.

Sejak Putri Diana meninggal pada tahun 1997, tiara Cambridge Lover’s Knot tidak pernah terlihat di muka publik. Mahkota itu baru terlihat lagi pada Desember 2015 saat Kate Middleton pertama kali mengenakannya untuk menghadiri resepsi diplomatik di Istana Buckingham.

Penampilan terakhir Kate Middleton dengan tiara Cambridge Lover’s Knot adalah saat dia menghadiri pesta pernikahan Putra Mahkota Yordania Pangeran Hussein dan Rajwa Al Saif pada 1 Juni 2023.

3 dari 6 halaman

2. Anting-anting Safir dan Berlian

Anting-anting safir dan berlian yang senada dengan cincin pertunangan Putri Diana ini merupakan hadiah pernikahannya dari Pangeran Fahd dari Arab Saudi.

Putri Diana tergolong sering mengenakannya, termasuk saat berkunjung ke Ottawa, Kanada, pada tahun 1991 dan menghadiri Met Gala di New York, Amerika Serikat, pada tahun 1996.

Pangeran William sebagai pewarisnya memberikan anting-anting itu kepada Kate Middleton setelah melamarnya pada tahun 2010. 

Perhiasan ini juga menjadi salah satu yang sering dipakai Kate Middleton. Dia mengenakannya saat menghadiri parade Trooping the Color 2022, memadukannya dengan dress putih rancangan Alexander McQueen.

Kate Middleton juga memakai anting-anting yang sama saat berkunjung ke Prince’s Foundation di London pada Februari 2022 dan Commonwealth Day Service di Westminster Abbey pada Maret 2022. 

 

4 dari 6 halaman

3. Anting-anting Mutiara dan Berlian Collingwood

Anting-anting mutiara ini merupakan hadiah pernikahan Putri Diana yang diberikan olen perusahaan perhiasan Collingwood. Lady Di pertama kali memakainya sebulan sebelum pernikahannya pada tahun 1981.

Dikutip Daily Mail, anting-anting mutiara ini termasuk salah satu perhiasan favorit Putri Diana. Dia memakainya dalam tur kerajaan ke Australia, Kanada, dan Italia.

Anting-anting mutiara itu juga dipakainya dalam kunjungan ke AS pada November tahun 1985, di mana dia memadukannya dengan gaun cream berenda rancangan Murray Arbeid dan tiara Cambridge Lover's Knot ketika menghadiri gala dinner di Kedutaan Besar Inggris di Washington.

Putri Diana kembali memakainya dan memasangkannya dengan gaun hitam saat menghadiri pesta Vanity Fair di Serpentine Gallery, London, pada November 1994. Gaun hitam itu dikenal publik sebagai "revenge dress" karena dipakai di hari yang sama ketika Charles mengakui hubungannya dencan Camilla.

Sementara itu, Kate Middleton pertama kali mengenakan anting-anting mutiara itu pada tahun 2017 saat menghadiri kunjungan kenegaraan Spanyol di Istana Buckingham.

Dalam potret resmi yang dirilis untuk menandai ulang tahunnya yang ke-40 pada awal tahun 2022, Kate Middleton mengenakan anting-anting mutiara yang sama.

Selama tahun 2022, Kate Middleton terlihat cukup sering menggunakan anting-anting ini, yaitu saat menghadiri upacara peringatan mendiang Pangeran Philip pada Maret 2022 di Westminster Abbey; kebaktian untuk memperingati Hari Anzac pada April 2022 di Westminster Abbey; dan pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022. 

5 dari 6 halaman

4. Anting-anting Berlian dan Mutiara Laut Selatan

Perhiasan yang menampilkan desain berlian melingkar dan satu buah pir bertatahkan berlian dengan mutiara gantung ini dilaporkan pertama kali dipakai Putri Diana ketika menghadiri penobatan Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko dari Jepang pada November 1990. 

Lady Di termasuk sering mengenakannya, salah satunya saat menghadiri Gala Evening in Aid of Cancer Research di Bridgewater House, London, tahun 1995.

Sementara itu, Kate Middleton pertama kali memakainya saat menghadiri British Academy Film Awards (BAFTA) ke-72.

Dan sepanjang tahun 2022, dia tertangkap kamera mengenakan anting-anting berlian dan mutiara Laut Selatan lebih dari sekali.

Selengkapnya di sini…

6 dari 6 halaman

5. Gelang Mutiara Tiga Untai

Gelang mutiara tiga untai ini dirancang oleh Nigel Milne pada tahun 1988 untuk keperluan amal. Sepanjang tahun 1989, Putri Diana sering mengenakannya.

Sebut saja saat tur ke Hong Kong pada tahun 1989 di mana dia memadukannya dengan gaun bertabur mutiara rancangan Catherine Walker dan tiara Cambridge Lover's Knot. 

Putri Diana mengenakan gelang yang sama saat menghadiri acara amal di Savoy Hotel di London pada Maret 1989. Pada Oktober 1989, dia kembali memakainya saat menyaksikan opera di London Coliseum.

Namun, gelang itu tidak ikonik seperti sejumlah perhiasan lain yang dikenakannya. Itulah mengapa pembuat gelang itu terkejut ketika melihat Kate Middleton mengenakannya saat resepsi di Berlin's Clärchens Ballhaus pada malam terakhir kunjungannya ke Jerman pada Juli 2017.

Pada tahun 2021, Kate Middleton memakai gelang mutiara itu saat menghadiri KTT G7 di Cornwall. Dan dia kembali tampil dengan perhiasan yang sama saat jamuan makan siang yang diadakan untuk gubernur jenderal Negara Persemakmuran di Istana Buckingham pada September 2022.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini