Sukses

Amerika Serikat Kembali Tembak Jatuh Objek Terbang Tak Dikenal, Balon Mata-Mata China Lagi?

Insiden penembakan objek terbang ini merupakan yang keempat kalinya sepanjang Februari 2023.

Liputan6.com, Washington - Amerika Serikat kembali menembak jatuh objek terbang tak dikenal. Kali ini di atas Danau Huron di dekat perbatasan Kanada. Insiden ini merupakan yang keempat kalinya sepanjang Februari 2023.

Anggota kongres Elissa Slotkin mengungkapkan, objek terbang tak dikenal tersebut ditembak jatuh oleh pilot Angkatan Udara dan Garda Nasional pada Minggu (12/2/2023).

"Kerja bagus oleh semua yang menjalankan misi ini," twit Slotkin.

Washington berada dalam siaga tinggi sejak militernya menembak jatuh balon mata-mata China pada Sabtu, 4 Februari 2023. Setelah puing-puing balon mata-mata dikumpulkan dan diteliti, pejabat mengonfirmasi bahwa objek tersebut digunakan untuk aktivitas spionase.

Namun, China membantah balon itu untuk memata-matai. Beijing mengklaimnya sebagai perangkat pemantau cuaca yang menyimpang dari jalur karena force majeure.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berturut-turut

Pada Jumat (10/2), Presiden AS Joe Biden dilaporkan memerintahkan penembakan terhadap sebuah objek di langit Alaska. Kemudian pada Sabtu (11/2), objek terbang tak dikenali lainnya juga ditembak jatuh di Yulon, Kanada barat laut.

Pejabat AS belum secara terbuka mengidentifikasi dugaan ketiga objek tak dikenal yang ditembak jatuh. Baik AS dan Kanada masih bekerja untuk mengumpulkan sisa-sisa objek, tetapi pencarian di Alaska terhambat oleh kondisi Arktik. Demikian dikutip dari BBC, Senin (13/2).

"Benda-benda ini tidak mirip, dan jauh lebih kecil dari balon (yang ditembak jatuh pada 4 Februari) dan kami tidak akan secara definitif mencirikannya sampai kami dapat menemukan puing-puingnya," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional di Gedung Putih John Kirby.

3 dari 3 halaman

Diyakini Balon Mata-Mata

Sedikit yang diketahui tentang objek yang ditembak jatuh pada Minggu. Pejabat belum memberikan rincian, baik tentang ukuran atau penampilannya.

Namun, sebelumnya pada Minggu, petinggi Demokrat di kongres mengatakan, para pejabat intelijen yakin benda-benda terbang yang ditembak jatuh pada Jumat dan Sabtu juga merupakan balon pengintai.

"Mereka percaya itu (balon), ya," kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer kepada ABC News, menambahkan bahwa ukuran objek tersebut jauh lebih kecil dibanding yang pertama ditembak jatuh di lepas pantai South Carolina.

"Intinya, sampai beberapa bulan lalu, kami tidak mengetahui balon-balon ini," katanya. "Kita mungkin bisa mengumpulkan seluruh balon ini untuk tahu persis apa yang terjadi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.