Sukses

Kasus COVID-19 Melonjak, China Dilaporkan Kekurangan Pasokan Darah

Rumah sakit China memperingatkan potensi kekurangan darah di tengah lonjakan infeksi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Beijing - Infeksi COVID-19 yang menyebar cepat di China menyebabkan kekurangan darah di rumah sakit di berbagai provinsi dan kota, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi oleh sistem perawatan kesehatan negara.

The Blood Center (Pusat Darah) Provinsi Shandong, yang terpadat kedua di China, mengeluarkan red alert warnings atau peringatan siaga untuk persediaan yang tidak mencukupi atas dua golongan darah dalam beberapa hari terakhir, China National Radio melaporkan.

Lebih sedikit orang yang turun ke jalan karena situasi COVID dan cuaca dingin, sementara liburan awal di universitas juga mengurangi jumlah donatur mahasiswa, kata media milik negara, mengutip para pejabat.

Red alert adalah tingkat peringatan tertinggi, yang berarti darah yang disimpan hanya dapat memenuhi dosis pasien yang sakit akut dan kritis selama tiga hari, menurut laporan tersebut.

Komisi Kesehatan Kota Suzhou di provinsi timur Anhui menyerukan donor darah sukarela dalam pernyataan 20 Desember di situs resminya. Pandemi COVID memberikan "tantangan besar" pada pengambilan darah, yang mengakibatkan keterbatasan pasokan dalam perawatan medis, bunyi pernyataannya.

Kasus COVID-19 Melonjak Usai Pelonggaran Protokol Kesehatan Pandemi

China mengalami gelombang infeksi COVID-19 setelah dengan cepat melonggarkan sebagian besar pengendalian pandemi sejak bulan lalu.

Kasus COVID-19 telah melonjak di kota-kota besar termasuk Beijing dan Shanghai, di mana pasien berbondong-bondong ke rumah sakit dan penduduk yang tidak siap berebut obat-obatan.

Meningkatnya tekanan pada sistem kesehatan negara menambah ketakutan bahwa pembukaan kembali dapat menyebabkan kasus dan kematian yang lebih parah, meskipun tidak semua kematian dicatat dalam laporan resmi.

Awal bulan ini, China merevisi pedoman yang memungkinkan orang yang mengembangkan COVID tanpa gejala kritis untuk menyumbangkan darah tujuh hari setelah mereka dites negatif melalui tes asam nuklir atau tes antigen.

Aturan sebelumnya bahkan melarang mereka yang kontak dekat dengan pasien COVID untuk mendonorkan darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus COVID-19 di Kota Qingdao China Dilaporkan Tembus Setengah Juta Sehari

Setengah juta orang di satu kota di China terinfeksi COVID-19 setiap hari, kata seorang pejabat kesehatan senior, dalam pengakuan yang jarang dan cepat disensor bahwa gelombang infeksi negara itu tidak tercermin dalam statistik resmi.

Dari laporan AFP didapati bahwa outlet berita yang dioperasikan oleh Partai Komunis yang berkuasa di Qingdao pada Jumat 23 Desember 2022 melaporkan, kepala kesehatan kota mengatakan bahwa kota timur itu mengalami "antara 490.000 dan 530.000" kasus COVID-19 baru setiap hari.

Kota pesisir berpenduduk sekitar 10 juta orang itu "dalam periode penularan cepat menjelang puncak yang mendekat," kata Bo Tao, menambahkan bahwa tingkat infeksi akan meningkat 10 persen lagi selama akhir pekan.

Laporan tersebut dibagikan oleh beberapa outlet berita lain tetapi tampaknya telah diedit pada Sabtu pagi untuk menghapus angka kasus Virus Corona COVID-19 tersebut. Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Sabtu bahwa 4.103 infeksi rumah tangga baru tercatat secara nasional pada hari sebelumnya, tanpa kematian baru.

Di Shandong, provinsi tempat Qingdao berada, pihak berwenang secara resmi hanya mencatat 31 kasus domestik baru.

Pemerintah China menjaga ketat media negara itu, dengan legiun sensor online untuk menghapus konten yang dianggap sensitif secara politik.

Sebagian besar publikasi yang dikelola pemerintah telah meremehkan parahnya gelombang keluar negara, alih-alih menggambarkan pembalikan kebijakan sebagai hal yang logis dan terkendali.

Tetapi beberapa outlet mengisyaratkan kekurangan obat dan rumah sakit di bawah tekanan, meskipun perkiraan jumlah kasus sebenarnya masih jarang. Pemerintah Provinsi Jiangxi timur mengatakan dalam posting media sosial hari Jumat bahwa 80 persen populasinya – setara dengan sekitar 36 juta orang – akan terinfeksi pada bulan Maret.

Lebih dari 18.000 pasien COVID-19 telah dirawat di institusi medis besar di provinsi tersebut dalam dua minggu hingga Kamis, termasuk hampir 500 kasus parah tetapi tidak ada kematian, kata pernyataan itu.

3 dari 4 halaman

Sulit Menghitung Kasus

China bulan ini dengan cepat meruntuhkan pilar-pilar utama dari strategi nol-COVID, menghapus lockdown cepat, karantina yang lama, dan pembatasan perjalanan sebagai pembalikan yang mengejutkan dari strategi penahanan ciri khasnya.

Kota-kota di seluruh negeri telah berjuang untuk mengatasi karena lonjakan infeksi telah mengosongkan rak apotek, memenuhi bangsal rumah sakit dan tampaknya menyebabkan penumpukan di krematorium dan rumah duka.

Tetapi berakhirnya mandat pengujian yang ketat telah membuat beban kasus COVID-19 hampir tidak mungkin dilacak, sementara pihak berwenang telah mempersempit definisi medis dari kematian akibat COVID-19 dalam suatu langkah yang menurut para ahli akan menekan jumlah kematian yang disebabkan oleh virus tersebut.

4 dari 4 halaman

WHO: Rumah Sakit di China Kewalahan Tangani Pasien COVID-19

Rumah sakit di China kini mulai dipenuhi pasien di tengah kekhawatiran tentang gelombang baru COVID-19 yang melanda. Kepala Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Michael Ryan mengatakan, unit perawatan intensif (ICU) di China kini sibuk meskipun pejabat mengatakan jumlahnya "relatif rendah".

Dilansir BBC, Jumat (23/12/2022), angka kasus di China menunjukkan tidak ada yang meninggal karena COVID-19 pada Rabu 21 Desember, tetapi ada keraguan tentang dampak nyata penyakit tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir rumah sakit di Beijing dan kota-kota lain telah terisi karena gelombang COVID-19 terbaru melanda China. Sejak 2020, China memberlakukan pembatasan kesehatan yang ketat sebagai bagian dari kebijakan nol COVID-19.

Namun, pemerintah mengakhiri sebagian besar tindakan tersebut dua minggu lalu setelah gelombang protes terjadi terhadap kontrol ketat tersebut. Jumlah kasus COVID-19 pun sejak itu melonjak, menimbulkan kekhawatiran akan tingginya angka kematian di kalangan orang tua, yang sangat rentan.

Meski meningkat, angka resmi menunjukkan hanya lima orang meninggal akibat COVID-19 pada Selasa 20 Desember dan dua orang pada Senin 19 Desember. Dr Ryan pun mendesak China untuk memberikan lebih banyak informasi tentang penyebaran virus terbaru.

Dia berkata, "Di China, apa yang dilaporkan adalah jumlah kasus yang relatif rendah di ICU, tetapi secara anekdot ICU sedang penuh."

"Kami telah mengatakan ini selama berminggu-minggu bahwa virus yang sangat menular ini akan selalu sangat sulit untuk dihentikan sepenuhnya, hanya dengan langkah-langkah kesehatan masyarakat dan sosial."

Berbicara selama konferensi pers mingguan di Jenewa, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku "sangat prihatin dengan situasi yang berkembang di China."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.