Sukses

Pemilu Italia Dimulai, Kelompok Sayap Kanan Diperkirakan Menang Dominan

Liputan6.com, Roma - Warga Italia, pada Minggu 25 September 2022 akan memilih pemerintah sayap kanan mereka yang paling dominan sejak Perang Dunia II dalam sebuah pemilu parlemen.

Politisi Girogia Meloni merupakan figur utama kelompok sayap kanan. Ia memimpin partai Brohers of Italy dan bertujuan untuk menjadi perdana menteri wanita pertama di Italia, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (25/9/2022).

Meski telah melunakkan citra-nya, Meloni kerap dikaitkan dengan kelompok fasis Italia di masa lalu.

Namun Meloni sendiri mendukung sanksi Barat terhadap Rusia dan telah meredam retorika anti-fasis di Eropa.

Tapi dia masih merangkul slogan fasis lama "Tuhan, tanah air dan keluarga", dia telah berbicara menentang "lobi LGBT" dan menyerukan blokade angkatan laut Libya untuk menghentikan migrasi.

Jajak pendapat dibuka di seluruh Italia pada pukul 07:00 (05:00 GMT) dan ditutup pada pukul 23:00, ketika jajak pendapat keluar akan memberikan gambaran tentang siapa yang telah menang.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kelompok Liberal dan Sayap Kiri Tumbang

Satu jam di selatan Roma, di kota Latina, para pengamat percaya bahwa kelompok sayap kanan ekstrem dapat merebut kota itu dari kiri.

Didirikan pada tahun 1932 oleh pemimpin fasis Benito Mussolini, Latina masih memiliki jejak diktator, tetapi telah menderita kekurangan dana selama bertahun-tahun.

"Coba lihat, ini bencana," kata seorang pejalan kaki. Kota ini telah memiliki walikota sayap kiri dalam beberapa tahun terakhir, tetapi paling kanan memilikinya di depan matanya.

Sekutu Meloni, Matteo Salvini datang ke sini pekan lalu di akhir kampanyenya. Dia juga mendapat dukungan dari veteran kanan-tengah Silvio Berlusconi.

"Meloni berbicara dengan nyali orang-orang," kata Gianluca Atlante, seorang jurnalis di surat kabar lokal Latina Oggi.

Di belakangnya menjulang Palazzo Emme yang mengesankan, dibangun dalam bentuk huruf M untuk Mussolini. Hari-hari ini adalah markas lokal untuk lembaga penegak hukum kementerian keuangan.

 

3 dari 4 halaman

Situasi Ekonomi Italia Pasca-Covid-19 Jadi Faktor Penentu

Ekonomi Italia meningkat setelah pandemi Covid-19, tetapi kemudian krisis energi - yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina - mengirim harga melonjak.

Sementara para politisi telah menghabiskan beberapa hari terakhir berdebat tentang Eropa dan Rusia, orang Italia paling khawatir tentang membayar tagihan mereka.

UE setuju untuk mengirim Italia € 200 miliar (£ 178 miliar) yang menggiurkan dalam hibah dan pinjaman pemulihan pasca-Covid tetapi itu tergantung pada reformasi yang disepakati oleh pemerintah persatuan Mario Draghi yang keluar.

Giorgia Meloni telah menyerukan agar rencana itu direvisi dan telah berbicara tentang berbuat lebih banyak untuk "membela" kepentingan nasional Italia di UE.

Tidak heran banyak pemimpin Eropa mengawasi pemungutan suara ini dengan cermat.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Pemilu di Italia

Orang Italia memilih dua majelis parlemen - Kamar dan Senat - dan di bawah aturan baru ukurannya telah dipotong sepertiga, sehingga Kamar memiliki 400 kursi dan Senat 200.

Itu kemungkinan akan paling membantu aliansi pemenang, ketika digabungkan dengan sistem pemilihan campuran Italia.

Lebih dari sepertiga kursi dimenangkan oleh kontes konstituensi ala Inggris, dan lebih dari 60% oleh perwakilan proporsional di seluruh Italia.

Aliansi apa pun yang memenangkan 40% suara dapat memenangkan sebanyak 60% kursi, komentator Italia percaya.

Ini adalah sistem baru sehingga sedang diawasi dengan ketat, dan oleh aliansi sayap kanan khususnya, karena mereka membutuhkan dukungan dari dua pertiga parlemen untuk melaksanakan salah satu kebijakan utama mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.