Sukses

John Lee, Pemimpin Baru Hong Kong yang Dekat dengan Pemerintah China

John Lee akan ditunjuk sebagai pemimpin baru Hong Kong pada hari Minggu, setelah proses pemungutan suara tertutup di mana ia adalah satu-satunya kandidat.

Liputan6.com, Hong Kong - John Lee akan ditunjuk sebagai pemimpin baru Hong Kong pada hari Minggu, setelah proses pemungutan suara tertutup di mana ia adalah satu-satunya kandidat.

Penunjukannya secara luas dilihat sebagai langkah oleh pemerintah China untuk memperketat cengkeramannya di kota itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/5/2022).

Dikenal sebagai pendukung setia Beijing, Lee mengawasi tindakan keras yang kadang-kadang keras terhadap demonstran pro-demokrasi pada tahun 2019.

Lee menggantikan kepala eksekutif Carrie Lam.

Para pemimpin Hong Kong dipilih oleh komite tertutup yang terdiri dari sekitar 1.500 anggota, yang hampir semuanya loyalis pro-Beijing - meskipun kali ini hanya ada satu pesaing bagi mereka untuk memilih.

Lee, yang merupakan mantan Kepala Sekretaris dan pejabat tertinggi kedua di kota itu, selalu diperkirakan akan menjadi pengganti yang disukai untuk Lam yang sebelumnya mengumumkan bahwa dia tidak akan mencari masa jabatan kedua di kantor.

Tetapi meskipun Lee mendapat dukungan Beijing, dia sangat tidak populer karena perannya dalam mengawasi tindakan keras terhadap para pemrotes selama demonstrasi atas RUU ekstradisi yang kontroversial pada tahun 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecaman Keras dari Kelompok Pro-demokrasi Hong Kong

Lee terus mendukung RUU itu meskipun ada kerusuhan, dan mendapat kecaman keras karena menyetujui penggunaan meriam air, peluru karet, gas air mata dan kadang-kadang amunisi hidup oleh polisi untuk membubarkan para pemrotes.

Pada tahun 2020, ia juga mendukung pengenaan undang-undang keamanan nasional yang kontroversial yang mengkriminalisasi sebagian besar bentuk protes politik dan perbedaan pendapat, dan mengurangi otonomi kota.

Lee menyatakan bahwa undang-undang itu akan membantu memulihkan "stabilitas dari kekacauan".

Dia diangkat ke jajaran kepemimpinan tahun lalu, sebagai tanda, kata para analis, tentang niat Beijing untuk fokus pada keamanan di Hong Kong.

Perannya dalam penerapan undang-undang tersebut menyebabkan sanksi AS terhadapnya dan selusin pejabat lainnya, dan pemblokiran YouTube pada kampanye pemilihan 2022-nya.

Hong Kong diserahkan kembali ke China dari Inggris pada tahun 1997 di bawah perjanjian bahwa hak-hak seperti kebebasan berkumpul dan kebebasan berbicara akan dijamin di wilayah tersebut.

Namun, para kritikus mengatakan hak-hak itu semakin terkikis ketika pihak berwenang Hong Kong menindak perbedaan pendapat di kota itu. Dukungan kuat Lee terhadap kebijakan Beijing telah memicu kekhawatiran bahwa kepemimpinannya akan mengantarkan era pengawasan China yang lebih ketat terhadap wilayah semi-otonom.

 

3 dari 3 halaman

Carrie Lam Tak Ingin Lanjut Jadi Pemimpin Hong Kong Periode 2

Sebelumnya, Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengumumkan dia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua setelah masa jabatannya yang sangat kontroversial.

Sebagai kepala eksekutif, Lam mengawasi periode yang bergejolak di mana protes pro-demokrasi besar-besaran menyebabkan kontrol China yang lebih besar di Hong Kong.

Lam (64) adalah pemimpin yang dipilih sendiri oleh Beijing pada 2017, seperti dikutip dari laman BBC, Senin (4/4/2022).

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa Beijing telah menerima keputusannya.

Dia juga mengungkapkan bahwa dia telah memberi tahu China tentang keinginannya untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua tahun lalu, meskipun belakangan ini menolak untuk menjawab pertanyaan tentang masa depan politiknya.

Lam mengatakan, dia mundur dan memprioritaskan keluarganya. "Hanya ada satu pertimbangan dan itu adalah keluarga. Mereka pikir sudah waktunya saya pulang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini