Sukses

Praktis, Coba Tips Perawatan Earbud Ini

Earbud menjadi keperluan yang tidak dapat dipisahkan oleh smartphone, tetapi jarang diperhatikan kebersihannya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, sepasang earbud telah menjadi kebiasaan bagi pengguna smartphone. Mendengarkan musik atau aktivitas lainnya tidak harus repot dengan kabel. Namun, jika tidak dirawat, earbud dapat menjadi sesuatu yang benar-benar menjijikan.

Earbud dapat kotor karena kotoran telinga, bakteri dan kontaminan lainnya yang dapat memengaruhi kualitas suara speaker. Sekarang, tidak perlu khawatir lagi untuk membersihkannya.

Seperti dikutip dari Mental Floss, Rabu (1/9/2021), sejumlah cara terbaik untuk membersihkan earbud dari berbagai jenis merek dipaparkan. Seperti menggunakan kain yang dibasahi dan mengelapnya dengan kain kering bebas serat.

Cara tersebut akan menyingkirkan sebagian besar kotoran di permukaan. Selanjutnya, dengan lap Clorox atau lap alkohol untuk membunuh kuman, dan dikeringkan lagi. Untuk tahap ini, kamu harus memastikan earbud benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam tempat pelindungnya.

Jaring speaker tidak boleh lembap. Oleh karena itu, coba gunakan kapas untuk membersihkannya. Hal ini dapat dilakukan juga untuk mikrofon yang terpasang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan Earbud Sesuai Pemakaian

Jika bagian ujung earbud yang menempel di telinga dapat dilepas, kamu dapat melepasnya untuk membersihkan kotoran di bawahnya dan bahkan memasukkan bagian plastik di bawah air setelah terpisah dari earbud itu sendiri.

Kamu juga dapat membeli alat pembersih khusus jika kesulitan untuk membersihkan kotorannya. Pastikan untuk tidak menggunakan apa pun dengan bulu yang kaku, karena dapat menggores atau merusak earbud.

Kontak pengisi daya juga harus selalu dibersihkan dengan kain kering, agar menghindari kelembapan yang dapat menyebabkan korosi.

Pasalnya, tidak semua produsen merekomendasikan bahan kimia untuk pembersihan. Misalnya Samsung yang hanya merekomendasikan tisu kering dan penyeka untuk earbud Galaxy Buds mereka. Sama halnya dengan Google, yang juga menyarankan hal serupa.

Memang agak sulit untuk mempraktikkannya, tetapi jika earbud sering digunakan, mereka akan kotor, dan membersihkan earbud tengantung pada penggunaannya.

Earbud yang dipakai sesekali hanya perlu dibersihkan secara berkala, tetapi jika earbud digunakan secara rutin, kamu dapat mengelap dan membersihkannya setiap satu atau dua minggu.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini