Sukses

Kedubes Gelar Lomba Tulis dan Bicara Bahasa Korea Berhadiah Laptop hingga Smart TV

Liputan6.com, Jakarta - Kepopuleran Korean Hallyu semakin hari semakin mendunia, tak hanya budaya K-Pop. Oleh sebab itu, semakin tinggi pula minat untuk mempelajari bahasa Korea

Di Indonesia, semakin banyak masyarakat terutama kalangan muda yang menaruh minat pada bahasa Korea dan secara serius mempelajarinya.

Melihat animo tersebut, seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang Liputan6.com muat Selasa (4/5/2021), Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia bersama dengan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) akan menyelenggarakan 'Kompetisi Menulis & Berbicara Bahasa Korea untuk para Pemuda Indonesia ke-1 Tahun 2021'.

Kompetisi yang bertujuan untuk menyebarluaskan bahasa Korea ini akan digelar pada 22 Mei 2021. Teruntuk pelajar SMP dan SMA di bawah usia 20 tahun.

Siswa SMP dan SMA yang mengikuti kompetisi ini haruslah seorang warga negara Indonesia dan menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa ibu.

KCCI juga telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada 34 dinaspendidikan di Indonesia agar informasi terkait kompetisi ini dapat sampaihingga ke sekolah terpencil dan terjauh di luar Jakarta.

2 dari 4 halaman

Pendaftaran Dibuka Hingga 16 Mei 2021

Dalam pernyataan tertulis, Direktur KCCI, Kim Yong-woon, mengatakan bahwa kompetisi ini adalah ajang bagi pemuda Indonesia untuk menunjukkan kemampuan bahasa Korea yang telah dikembangkan selama ini.

"Kompetisi ini adalah ajang bagi para pemuda Indonesia untuk menunjukkan kemampuan bahasa Korea yang telah mereka kembangkan selama ini," ucapnya.

"Walaupun sangat disayangkan karena para peserta tidak dapat berkumpul dan merasakan keseruan acara secara langsung, namun justru dengan digelar secara online, dapat memberikan kesempatan bagi peserta dari sekolah yang sangat jauh sekalipun untuk dapat berpartisipasi. Kami harap acara ini bisa menjadi sebuah wadah pertukaran antar sekolah serta menjadi motivasi bagi para siswa itu sendiri."

Dimulai dengan kompetisi ini, Kedutaan Besar Republik Korea bersama lembaga/instansi terkait akan terus berupaya menyelenggarakan kompetisi-kompetisi serupa untuk menghasilkan lebih banyakpemuda-pemudi berbakat di Indonesia.

Pendaftaran masih akan dibuka hingga 16 Mei 2021 melalui email kccindonesia@gmail.com

Upacara penganugerahaan pemenang akan dilaksanakan pada 29 Mei 2021.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kompetisi ini, kunjungi situs KCCI di http://id.korean-culture.org/id

 

 

3 dari 4 halaman

Daftar Hadiah

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Hadiah utama yang akan diberikan adalah laptop, sertifikat, dan gift card toko buku senilai satu juta rupiah. 

Bagi pemenang Gold, mereka akan diberi ponsel, sertifikat, dan juga gift card senilai toko buku senilai satu juta rupiah. Pemenang silver juga akan mendapat gift card dengan jumlah yang sama berserta smartwatch dan sertifikat. 

Gift card toko buku senilai satu juta rupiah dan sertifikat juga akan diberi kepada lima pemenang Bronze. 

Sekolah yang menang akan mendapatkan hadiah utama satu buah Smart TV

 

Reporter: Paquita Gadin

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia