Sukses

Bau Mulut hingga Pusing, Ini 6 Efek Samping Jika Berhenti Konsumsi Karbohidrat

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda pernah atau sedang mengikuti diet rendah karbohidrat yang terkenal cepat untuk menurunkan berat badan.

Walaupun ada benarnya menghilangkan karbohidrat akan membantu Anda untuk membakar lemak, ada beberapa efek samping yang buruk bagi tubuh Anda.

Dikutip dari Bright Side, berikut adalah efek samping yang dapat terjadi bagi tubuh jika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat:

2 dari 10 halaman

1. Anda Mungkin Akan Merasa Pusing

Jika Anda benar-benar tidak konsumsi karbohidrat, tubuh anda akan stres berat karena tubuh Anda tidak dapat membakar glukosa untuk membuat energi lagi.

Hal tersebut menyebabkan gejala seperti mual, sakit, kepala, dan Anda juga akan mudah tersinggung.

3 dari 10 halaman

2. Akan Menjadi Sulit Untuk Aktif

Ketika tubuh Anda sedang beradaptasi dengan pola makan yang baru tanpa karbohidrat, tubuh anda akan mulai membakar lemak untuk membuat energi.

Lemak adalah sumber bahan bakar yang lebih lambat dibanging glukosa yang akan membuat Anda merasa lebih sulit untuk olahraga atau aktivitas lainnya.

4 dari 10 halaman

3. Tidak Baik Untuk Hati

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi sedikit karbohidrat akan memperbesar resiko untuk mengalami kematian dini akibat penyakit jantung.

Sebuah pakar medis merekomendasikan untuk menghindari diet yang rendah karbohidrat.

Alasan dari hal tersebut adalah karena karbohidrat yang sehat akan melawan peradangan dan akan membantu untuk menurunkan risiko penumpukan di pembuluh darah.

5 dari 10 halaman

4. Metabolisme Anda Mungkin Melambat

Jika Anda memutuskan untuk melakukan diet karbohidrat secara tiba-tiba, hal tersebut dapat membuat Anda memiliki metabolisme yang melambat.

Karbohidrat dapat mempercepat metabolisme Anda dan hal tersebut justru akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

 

6 dari 10 halaman

5. Anda Mungkin Mengalami Kram Otot

Banyak yang menjalani diet tanpa karbohidrat mungkin merasakan kram otot yang menyakitkan.

Penurunan drastis karbohidrat akan membuat tubuh kehilangan lebih banyak elektrolit melalui buang air kecil dan karena mineral ini penting untuk komunikasi sel, jika meninggalkan tubuh dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan kejang-kejang otot.

7 dari 10 halaman

6. Nafas Anda Mungkin Akan Berbau Tidak Sedap

Setelah melakukan diet tanpa karbohidrat ini selama beberapa hari, beberapa orang mungkin mulai merasakan rasa aneh di mulut mereka serta perubahan dalam bau napas.

Hal tersebut terjadi karena jika tubuh Anda tidak memperoleh energi dari karbohidrat, tubuh akan memecah lemak untuk bahan bakar dan mengubah asam lemak menjadi bahan kimia alami yang disebut keton.

Bahan kimia alami itulah yang menyebabkan napas Anda akan berbau tajam yang beberapa orang gambarkan mirip dengan bau penghabus cat kuku.

8 dari 10 halaman

Karbohidrat yang Bermanfaat Untuk Anda

Berikut adalah karbohidrat yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh Anda.

1. Biji Gandum: Biji bergizi ini tinggi karbohidrat dan akan membantu menurunkan kadar gula darah serta membantu menurunkan badan dengan cepat.

2. Soba: Soba merupakan sumber protein dan serat yang bagus dan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Jelai: Jelai akan membantu menekan nafsu makan yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol dan menurunkan gula darah.

4. Susu Cokelat: Campuran karbohidrat dan protein yang baik ini akan membantu Anda membangun otot dan berfungsi sebagai minuman olahraga yang sempurna.

 

Reporter : Paquita Gadin

9 dari 10 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

10 dari 10 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: