Sukses

Bisnis Makanan di Jepang Bangkrut Massal Selama Pandemi COVID-19

COVID-19 memberi dampak buruk bagi bisnis restoran. Jepang mencatat rekor restoran bangkrut selama pandemi.

Liputan6.com, Tokyo - Bisnis makanan dan restoran di Jepang ramai-ramai bangkrut akibat pandemi COVID-19. Jenis restoran yang paling banyak bangkrut adalah restoran khas Jepang atau ramen.

Angka itu diketahui berdasarkan survei dari Tokyo Shoko Research. Ada total 792 perusahaan yang bangkrut tahun ini. Mereka adalah perusahaan yang utangnya minimal mencapai 10 juta yen (Rp 1,3 miliar).

Kyodo melaporkan, Sabtu (12/12/2020), porsi terbesar perusahaan yang bangkrut adalah tempat makan: 192 kuliner khas Jepang, kemudian diikuti 184 kafetaria dan restoran, lalu 162 adalah bar jenis izakaya.

Angka 792 perusahaan itu nyaris mengalahkan rekor tahun 2011 setelah gempa Tohoku. Saat itu jumlah perusahaan bangkrut mencapai 800.

Ada kemungkinan rekor itu bakal dilewati, sebab kasus COVID-19 masih melonjak di Jepang. Beberapa daerah diminta menutup usaha makan mereka lebih awal.

*(1 yen = Rp 136)

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Osaka Paling Terdampak

Prefektur Osaka mencatat kebangkrutan tertinggi di antara tempat makan. Tercatat, ada 146 tempat makan yang bangkrut di Osaka, kemudian diikuti Tokyo dengan 129, dan Aichi sejumlah 76.

Berdasarkan data Kyodo per 11 Desember, kasus COVID-19 di Osaka adalah yang tertinggi kedua di Jepang. Totalnya 24.192 kasus.

Angka itu belum mencakup usaha kecil yang bangkrut.

Bagi perusahaan yang bangkrut dengan utang di bawah 10 juta yen, totalnya ada sekitar 2.400 yang bangkrut.

Apabila perusahaan bisa meminjam utang dengan bunga nol persen, ternyata tidak terlalu membantu restoran. Pasalnya, pengusaha tetap butuh uang untuk membayar upah, sementara pemasukan berkurang.

3 dari 4 halaman

Jepang Akan Gratiskan Vaksin COVID-19

Pada awal Desember 2020, parlemen Jepang mengesahkan aturan vaksin gratis bagi penduduk untuk meredam Virus Corona COVID-19. UU itu diloloskan oleh Dewan Penasihat (Sangiin) di parlemen.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga telah berjanji untuk mengamankan vaksin bagi sekitar 126 juta warga Jepang pada 2021.

Dilaporkan Kyodo, Rabu 2 Desember 2020, UU itu merupakan revisi dari aturan vaksinasi sebelumnya. Belum jelas apakah warga asing di Jepang turut mendapat vaksin gratis.

Jepang telah memesan vaksin COVID-19 dari Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca. Anggarannya mencapai 671,4 miliar yen (Rp 90,7 triliun).

Aturan baru ini mendesak agar semua penduduk divaksin, meski begitu pemerintah mengizinkan individu menolak jika keampuhan dan keselamatan vaksinnya belum cukup terbukti.

Apabila vaksin COVID-19 memberikan efek samping, pemerintah Jepang turut akan membiayai ongkos perawatan. Biayanya akan ditanggung bersama dengan pemasok vaksin.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • makanan

  • bangkrut