Sukses

Insiden Serangan Bus Terjadi di Ethiopia Barat, Puluhan Orang Tewas

Puluhan orang tewas menjadi korban dalam insiden serangan bus di Ethiopia Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pria bersenjata telah membunuh puluhan orang dalam serangan "mengerikan" terhadap bus yang membawa warga sipil di Ethiopia barat, menurut badan hak asasi manusia negara itu.

Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia (EHRC) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa "perkiraan jumlah korban, saat ini 34, namun kemungkinan akan meningkat" dari serangan yang terjadi pada Sabtu malam di wilayah administrasi Debat di wilayah Benishangul-Gumuz. Demikian seperti melansir Al Jazeera, Senin (16/11/2020).

Dikatakan ada laporan tentang serangan "serupa", dan orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan di bagian lain wilayah itu, serta "orang-orang yang melarikan diri untuk mencari perlindungan".

Belum ada informasi langsung tentang pelakunya. 

Serangan itu terjadi di tengah konflik yang meningkat antara pemerintah Ethiopia dan wilayah Tigray di utara negara itu yang dilaporkan telah menewaskan ratusan orang dan mengirim lebih dari 20.000 orang melarikan diri ke perbatasan di Sudan.

Tidak ada kaitan yang diketahui antara kekerasan di Benishangul-Gumuz dan operasi militer di Tigray.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Mematikan Terhadap Warga Sipil

Serangan terhadap bus penumpang, yang sedang menuju dari Wonbera ke Chagni, terjadi di bagian negara yang baru-baru ini mengalami serentetan serangan mematikan terhadap warga sipil.

Kepala EHRC Daniel Bekele mendesak otoritas regional dan federal untuk bekerja sama dalam strategi untuk Benishangul-Gumuz karena "kecepatan yang tak henti-hentinya" dari serangan di wilayah tersebut.

“Serangan terbaru merupakan tambahan yang suram dari korban jiwa yang kami tanggung secara kolektif,” katanya.

Pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed telah memberikan sedikit informasi tentang kekerasan baru-baru ini di Benishangul-Gumuz, khususnya di zona Metekel, tempat Debate berada.

Dua belas orang tewas dalam serangan di zona itu pada Oktober, sementara 15 tewas dalam serangan serupa pada akhir September.

Berbicara kepada politisi pada bulan Oktober, Abiy mengatakan para pejuang yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu menerima pelatihan dan perlindungan di Sudan dan bahwa bantuan Khartoum diperlukan untuk menstabilkan daerah tersebut.

Politisi oposisi menggambarkan kekerasan di Benishangul-Gumuz sebagai insiden bermotif etnis.

Secara khusus mereka mengatakan ada kampanye yang ditargetkan oleh milisi etnis Gumuz terhadap etnis Amhara dan Agew yang tinggal di Metekel.

"Kecepatan serangan yang tak henti-hentinya terhadap warga sipil di Benishangul-Gumuz menyerukan kewaspadaan yang lebih tinggi dan tindakan yang lebih terkoordinasi antara pasukan keamanan regional dan federal," kata Bekele.

"Kami mendesak otoritas keamanan dan peradilan federal dan regional untuk bekerja sama, dan dalam konsultasi dengan komunitas lokal, untuk merancang ulang strategi keamanan regional yang dapat menghentikan serangan-serangan ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini