Sukses

Asap Akibat Kebakaran Hutan Oregon Berembus Hingga Washington

Liputan6.com, Oregon - Kualitas udara di lima kota besar di Oregon adalah yang terburuk dalam catatan sejarah. Sebab, negara bagian itu terus diselimuti oleh asap tebal dari kebakaran hutan yang melanda hampir 5 juta hektar di Amerika Serikat bagian Barat.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (16/9/2020) kebakaran telah menghasilkan begitu banyak asap sehingga bersama dengan udara berbahaya dari California berhembus ke negara bagian Washington.

Langit di atas ibu kota AS juga berubah menjadi keruh, sebagian berkat asap yang melayang ribuan mil dari Pantai Barat.

Kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya -- membakar total sekitar 4,5 juta hektar -- telah membakar kota-kota di Oregon sementara juga melahap hutan di California, Washington dan Idaho.

Selimut abu dan asap yang dihasilkan dari kejadian ini telah membuat kualitas udara di kawasan itu termasuk yang terburuk di dunia.

Yang paling terpukul adalah Oregon, di mana asap dan abu yang dikenal sebagai partikulat telah mencapai tingkat tertinggi yang pernah tercatat di Portland, Eugene, Bend, Medford dan Klamath Falls, kata Departemen Kualitas Lingkungan negara bagian itu.

Udara minggu ini di lima kota dinilai "berbahaya" menurut standar kualitas udara, dan di Bend, indeks kualitas udara mencapai 500, melebihi skala kualitas udara sama sekali, kata departemen itu.

Citra satelit menunjukkan bahwa sebagian asap dari kebakaran, telah berhembus ke New York dan Washington DC menurut National Weather Service.

2 dari 3 halaman

Lebih dari 500 Ribu Orang Melarikan Diri

Lebih dari setengah juta orang di negara bagian Oregon Amerika Serikat mengungsi akibat kebakaran hutan mematikan yang berkecamuk di seluruh Pacific Northwest, kata pihak berwenang.

Dipicu angin yang sangat panas dan kering, asap menyapu negara bagian. Gubernur Kate Brown mengatakan jumlah pasti korban jiwa belum diketahui, meski setidaknya ada tiga yang dikonfirmasi.

Lebih dari 100 kebakaran hutan saat ini menghanguskan sejumlah wilayah di 12 negara bagian AS bagian barat.

Oregon, California, dan Washington telah menanggung beban terbesar dari kebakaran hutan, yang dalam beberapa kasus telah menghancurkan seluruh kota, seperti dikutip dari laman BBC.

Sekitar 4,4 juta hektar hutan hangus, menurut National Interagency Fire Center.

Asap dari kebakaran hutan California mengubah langit menjadi oranye. Rich Tyler, juru bicara kantor Oregon State Fire Marshal, mengatakan kepada New York Times, "Ketika Anda memiliki api yang membakar rumah dan bisnis, Anda memiliki saluran gas terbuka yang masih memuntahkan gas alam, dan itu juga menyala. "

Pada Kamis 10 September malam, Kantor Manajemen Darurat Oregon mengkonfirmasi angka evakuasi terbaru, yang berjumlah lebih dari 10 persen dari 4,2 juta penduduk negara bagian itu.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: