Sukses

Dokter di Belanda Kembangkan Masker Cerdas Pakai Sensor Canggih

Peneliti Holst Center, Ashok Sridhar mengatakan masker ini dirancang dengan aplikasi praktis untuk menunjukkan apakah pemakainya pada dasarnya sehat.

Liputan6.com, Amsterdam - Masker cerdas tengah dikembangkan oleh dokter dan insinyur asal Belanda. Mereka menyatakan masker ini menggunakan teknologi canggih.

Masker tersebut menggunakan sensor dan data untuk membantu suhu serta pernapasan pemakainya. Masker ini juga akan memberi peringatan jika perlu segera diganti, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (10/9/2020).

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, para peneliti di Holst Center, laboratorium independen untuk penelitian dan pengembangan teknologi di kota Eindhoven, mengatakan masker itu mampu memantau tanda-tanda penting, selain menyensor kelembapan yang bisa menunjukkan apakah masker itu berfungsi dengan baik.

Inti teknologi itu sudah dikembangkan dalam proyek penelitian gabungan dengan berbagai kemitraan untuk menjual masker cerdas ini.

Peneliti Holst Center, Ashok Sridhar mengatakan masker ini dirancang dengan aplikasi praktis untuk menunjukkan apakah pemakainya pada dasarnya sehat.

Sridhar mengatakan masker ini juga akan memberi tahu pemakainya bagaimana kinerja masker itu sendiri. Ia mengatakan orang cenderung membeli masker dan memakainya lebih lama dari seharusnya.

"Dengan mengukur kelembapan filternya, kita juga bisa tahu bahwa masker itu tidak bisa digunakan lagi. Tujuannya adalah mengganti masker itu untuk mempertahankan keefektifannya."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahap Pengujian

Masker ini sedang melalui tahap pengujian, dan para peneliti berharap bisa menambahkan fungsinya lebih jauh, seperti memberi tahu pengguna ketika mereka menghirup zat beracun.

Masker ini menggunakan sensor fleksibel yang dicetak pada kain. Para peneliti mengatakan Holst Center memelopori teknologi elektronik cetak ini.

Mereka menggunakannya untuk mengembangkan kaos yang bisa memantau tanda-tanda penting pemakainya dalam latihan atletik dan melaporkannya kembali kepada pengguna melalui laptop atau telepon pintar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.