Sukses

Inggris Danai Program Edukasi Kebersihan di Indonesia Senilai Rp 47 M

Pemerintah Inggris melalui Kedutaan Besar Inggris di Jakarta membiayai program edukasi kebersihan, dengan menggandeng UNICEF dan Unilever.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris menggandeng UNICEF dan Unilever untuk mengadakan program edukasi terkait kebersihan bagi masyarakat Indonesia. Program itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyatakan hal ini merupakan upaya paling sederhana yang dapat dilakukan untuk memerangi pandemi Virus Corona COVID-19. 

"Kita harus bekerja sama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Saya sangat senang, dengan rakyat Inggris, perusahaan Inggris dan badan amal Inggris berikrar mengatasi tantangan ini," papar Owen Jenkins dalam acara peluncuran program tersebut yang diadakan secara virtual pada Jumat (4/9/2020). 

Menggandeng Unilever sebagai salah satu produsen produk kesehatan terkemuka di dunia dan Save The Children sebagai badan amal kepedulian anak-anak di Indonesia, pemerintah Inggris berharap dapat memastikan ketersediaan air bersih bagi masyarakat terutama anak-anak di Indonesia. 

Dubes Owen Jenkins turut memaparkan alasan lainnya untuk bergabung dalam program ini, yakni mewujudkan salah satu poin terpenting dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) yang menyatakan kebutuhan air bersih menjadi paling mendasar bagi setiap manusia.   

Dana senilai Rp 47 miliar disalurkan dalam berbagai program seperti dalam bentuk produk kebersihan, akses ke materi edukasi kebersihan, dan kampanye edukasi masyarakat tentang Perubahan Perilaku Sanitasi dan Kebersihan Air (WASH).

Selain di Indonesia, kerja sama ini juga akan dilakukan di 17 negara lain yang tersebar di Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlunya Kerja Sama Lintas Sektor

Dubes Owen Jenkins juga menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, kerja sama lintas sektor sangatlah diperlukan. Ia mengharapkan kerja sama antar berbagai pihak bisa dilakukan guna mencapai tujuan yang sama. 

"Hal ini membutuhkan kerja sama yang erat dengan pemerintah di banyak negara, di Indonesia baik daerah maupun nasional, termasuk rencanajangka panjang termasuk meningkatkan akses kebersihan dan sanitasi," tambah Dubes Owen lagi. 

Turut hadir dalam acara peluncuran program secara virtual tersebut, Direktur Beauty and Personal Care, PT Unilever Indonesia Tbk, Ira Noviarti mengatakan: "Kami percaya bahwa semua pihak harus bekerja sama untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat selama pandemi ini. Untuk itu, kerjasama adalah kuncinya. Selama 86 tahun, Unilever telah meningkatkan pemahaman akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui brand kami Lifebuoy."

Program edukasi kebersihan kepada masyarakat Indonesia yang didanai oleh pemerintah Inggris. (Source: Save The Children)

Hingga saat ini, pemerintah Inggris telah banyak berkontribusi dalam memastikan ketersediaan akses terhadap kebersihan di tengah masyarakat Indonesia.

Sejumlah program yang telah sukses dilaksanakan adalah distribusi 1 juta batang sabun untuk mendukung upaya penanggulangan COVID-19, pembentukan PPPHW Nasional (Global Public-Private Partnership for Handwashing atau Kemitraan Publik-Swasta Global untuk Cuci Tangan) untuk memimpin kebiasaan HWWS (Cuci Tangan Pakai Sabun) yang berkelanjutan hingga penguatan koordinasi klaster WASH (Water, Sanitation, and Hygiene atau Air, Sanitasi, dan Kebersihan) nasional dan pelaksanaan protokol COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.