Sukses

Harus Dihindari, 5 Tanda Ketika Seseorang Mulai Merasa Rendah Diri

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan rendah diri adalah sesuatu yang tidak harus dihadapi oleh siapa pun.

Hal tersebut tidak hanya dapat menghalangi Anda menikmati hidup, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan mental Anda dan menyebabkan masalah seperti Depresi dan kecemasan, menurut para spesialis.

Melansir laman Bright Side, Sabtu (15/8/2020), berikut adalah 5 tanda-tanda ketika seseorang mulai merasa rendah diri dan harus segera dihindari:

2 dari 7 halaman

1. Tidak Menerima Pujian

Jika Anda bertindak terlalu rendah hati, itu mungkin berarti Anda tidak cukup percaya pada diri sendiri. Cobalah untuk membedakan kapan menjadi rendah hati lebih tepat dan waktu Anda harus menerima bahwa Anda melakukan pekerjaan dengan baik dalam sesuatu.

Selain itu, penelitian baru telah menunjukkan bahwa kesombongan memiliki makna evolusioner, dan nenek moyang kita membutuhkan orang lain untuk cukup menghargai mereka dalam masa-masa sulit.

3 dari 7 halaman

2. Anda Selalu Menganggap Diri Anda Biasa Saja

Perilaku khas dari seseorang yang tidak cukup menghargai diri sendiri adalah tidak percaya bahwa dirinya sangat berharga. Orang seperti itu berpikir bahwa mereka tidak mampu melakukan banyak hal, dan lebih suka berpikir melakukan pekerjaan yang sangat baik pada suatu hal adalah karena itu mudah, bahkan karena mereka benar-benar berhasil.

4 dari 7 halaman

3. Anda Pikir Orang Lain Hanya Fokus pada Kekurangan Anda

Seseorang dengan harga diri rendah memperlakukan diri mereka sendiri dengan kritik yang hebat dan sering memproyeksikan kritik batin ini sebagai kritik yang nyata dari orang lain.

Mereka cenderung berpikir bahwa orang lain hanya melihat sisi buruknya dan menertawakannya, padahal ini sama sekali tidak ada terjadi dalam kenyataan.

5 dari 7 halaman

4. Anda Tidak Pernah Memanjakan Diri Sendiri

Orang yang tidak cukup menghargai diri sendiri jarang melakukan sesuatu yang murni untuk kesenangan. Mereka lebih suka memikirkan sejuta alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang benar-benar ingin mereka lakukan, meskipun itu akan membuat mereka merasa sedikit lebih bahagia.

Namun, cara terbaik untuk melawan harga diri rendah adalah dengan melakukan hal-hal yang sangat Anda sukai.

6 dari 7 halaman

5. Anda Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Jika Anda selalu berpikir bahwa seseorang dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dari Anda, harga diri Anda perlu ditingkatkan.

Psikolog menyarankan untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Hal ini lantaran perbandingan tidak hanya merusak, tetapi juga didasarkan pada asumsi yang salah.

7 dari 7 halaman

Simak video pilihan berikut: