Sukses

Uni Eropa Luncurkan Proyek Kerja Sama Pembangunan dengan ASEAN

Dubes Igor Driesmans mengatakan, Uni Eropa adalah mitra ASEAN yang sangat penting dalam kerja sama pembangunan melalui dukungan terhadap kawasan ASEAN dengan dana sebesar 250 juta euro.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans, meluncurkan tiga proyek baru kerja sama pembangunan antara Uni Eropa dan ASEAN dengan total dana sebesar 13 juta euro.

Proyek-proyek ini akan mendukung urbanisasi dan pengelolaan hutan yang berkelanjutan serta Lembaga Audit Tertinggi ASEAN, demikian disampaikan dalam webseminar bertajuk 3rd ASEAN-EU Coorperation and Scholarship Day 2020.

"Uni Eropa adalah mitra ASEAN yang sangat penting dalam kerja sama pembangunan melalui dukungan terhadap kawasan ASEAN dengan dana sebesar 250 juta euro untuk program integrasi regional dari tahun 2014-2020," ujar Driesmans.

"Di samping bantuan sebesar dua miliar euro untuk mendukung kerja sama bilateral dengan negara-negara anggota ASEAN. Bidang kerja sama yang diprioritaskan dan penting adalah pertumbuhan hijau, perubahan iklim dan lingkungan."

Proyek-proyek baru yang dimulai pada tahun 2020 ini bertujuan untuk membantu urbanisasi berkelanjutan, dengan fokus pada solusi cerdas melalui digitalisasi dan penggunaan teknologi (kota-kota ASEAN Smart Green, 5 juta euro).

Mendukung tata kelola hutan, perizinan dan perdagangan kayu yang berkelanjutan di seluruh wilayah (FLEGT, 5 juta euro)memperkuat kapasitas regional dan meningkatkan kesadaran dan penerapan standar internasional Lembaga Audit Tertinggi (ASEANSAI, 3 juta euro).

"Hari ini kami sangat senang dapat mengumumkan dimulainya tiga program kerjasama Uni Eropa-ASEAN yang baru. Program ini akan memberi manfaat bagi warga ASEAN dengan mendukung kota cerdas dan hijau, pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan di bidang kehutanan, serta transparansi dan akuntabilitas pemerintah," jelas Driesmans.

"Dengan peluncuran ini, Uni Eropa dan ASEAN menunjukkan komitmen kuat mereka untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama meskipun terjadi pandemi virus Corona, yang menghasilkan ketidakpastian ekonomi global."

"Di masa-masa sulit ini, kami menunjukkan bahwa kerja sama, bukan isolasi, adalah jalan untuk mengatasi tantangan mendesak saat ini termasuk perubahan iklim dan pandemi virus Corona," kata Igor Driesmans.

Sebagai tanggapan langsung terhadap pandemi global virus Corona, Uni Eropa telah memobilisasi paket "Tim Eropa" yang berjumlah lebih dari 800 juta euro untuk membantu ASEAN dan negara-negara anggotanya dalam mengatasi segera krisis kesehatan, dan memperkuat sistem kesehatan, air dan sanitasi, serta mengurangi dampak sosial-ekonomi.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesempatan Beasiswa

Pada acara ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day, perwakilan dari Uni Eropa, ASEAN, dan negara-negara anggotanya berpartisipasi dalam pameran dan memberikan kesempatan untuk belajar di luar negeri serta beasiswa yang tersedia, mulai dari program sarjana hingga pascasarjana dan doktoral.

Proyek kerja sama pembangunan Uni Eropa-ASEAN juga memperlihatkan kegiatan mereka. Karena situasi pandemi Virus Corona saat ini dan terkait dengan peraturan kesehatan masyarakat, ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day tahun ini berlangsung secara virtual selama dua hari (Kamis, 13 dan Jumat, 14 Agustus).

Pameran virtual ini menarik 2.027 pendaftar yang sebagian besar terdiri dari anak-anak muda di ASEAN dan 22 peserta pameran yang menyediakan berbagai informasi program beasiswa yang tersedia di ASEAN dan Uni Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.