Sukses

Kapan dan di Mana Kecelakaan Mobil Pertama Kali Terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 1869, ilmuwan Irlandia Mary Ward mengendarai mobil bertenaga uap yang dibuat oleh sepupunya. Ketika mereka mengitari tikungan di jalan, Ward terlempar dari kursinya dan jatuh di jalur kendaraan.

Salah satu roda berguling dan menyebabkan lehernya patah tak lama ia terbunuh, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Selasa (30/6/2020).

Ohio City mengklaim bahwa itu adalah kecelakaan pertama yang melibatkan mobil bertenaga bensin, atau kendaraan yang lebih dekat dengan apa yang kebanyakan dari kita anggap sebagai mobil saat ini.

Pada tahun 1891, insinyur James Lambert mengendarai salah satu penemuannya, sebuah kereta bertenaga bensin di awal penemuan.

Sebuah mobil Buggy yang juga membawa penumpang bernama James Swoveland, menabrak akar pohon yang mencuat dari tanah. Lambert kehilangan kendali dan kendaraan membelok dan menabrak tiang. Keduanya menderita luka ringan.

Kematian pejalan kaki pertama yang tercatat dengan mobil terjadi beberapa tahun kemudian.

2 dari 3 halaman

Klaim Lain

Kematian pengemudi pertama akibat tabrakan (kecuali Ward) dilaporkan terjadi pada tahun 1898, ketika orang Inggris Henry Lindfield dan putranya sedang berkendara dari Brighton ke London.

Menjelang akhir perjalanan mereka, Lindfield kehilangan kendali atas mobilnya saat menuruni bukit. Mereka menabrak pagar dan Lindfield terlempar dari kursi pengemudi sebelum mobil menabrak pohon.

Putranya tidak terluka dan berlari mencari bantuan. Di rumah sakit, ahli bedah menemukan kaki korban hancur di dan memutuskan untuk mengamputasi. Setelah operasi, Lindfield tetap tak sadarkan diri dan meninggal pada hari berikutnya.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: