Sukses

Corona COVID-19 Mungkin Jadi Bagian Kehidupan Normal Jerman yang Harus Diterima

Robert Koch Institute mengatakan pendekatan sekarang adalah untuk 'belajar hidup dengan virus dan mengendalikannya'.

Liputan6.com, Berlin - Jerman harus belajar untuk hidup berdampingan dengan Virus Corona COVID-19. Orang-orang harus membangun taktik seperti menjaga jarak fisik dan kebersihan yang ketat ke dalam kehidupan sehari-hari yang normal, kata lembaga kesehatan publik terkemuka di negara itu ketika mengakhiri briefing pers reguler mengenai pandemi.

Lars Schaade, wakil presiden Robert Koch Institute, mengatakan bahwa ketika tingkat infeksi di Jerman telah "secara substansial telah meningkat", keputusan untuk menghentikan briefing harian yang biasa memberi informasi terkini mengenai virus, menandai fase baru. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (8/5/2020). 

"Epidemi ini tentu saja belum berakhir," katanya. 

“Tetapi setelah secara substansial mendorong virus muncul kembali sehingga jumlah kasus baru antara 600 dan 1.300 sehari ... pendekatan kami sekarang harus belajar untuk hidup dengan virus dan mengendalikannya.”

Para jurnalis yang menghadiri briefing dengan keras menyuarakan oposisi mereka terhadap briefing yang akan dihapus. 

Kegiatan ini telah memberi publik dan media informasi terperinci tentang tingkat infeksi Jerman, informasi terkini tentang perkembangan virus, dan penjelasan tentang langkah-langkah pencegahan dan ilmu di balik keputusan kesehatan masyarakat, bebas dari pewarnaan politik apa pun.

Schaade mengatakan media dapat terus mengajukan pertanyaan kepada departemen pers institut dan akan ada konferensi pers jika terjadi perkembangan signifikan.

Jerman telah memiliki 166.091 kasus dikonfirmasi Virus Corona baru pada hari Kamis. Ada kekhawatiran bahwa jumlah kasus baru meningkat, tetapi Schaade bersikeras mereka mencerminkan perkembangan normal setiap minggu, dengan jumlah yang lebih tinggi sering terdaftar pada hari Rabu dan Kamis.

Reproduksi atau tingkat R negara telah turun menjadi 0,65, yang berarti bahwa rata-rata setiap 10 orang yang terinfeksi akan menginfeksi antara enam dan tujuh lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Hingga Tahun Depan

Schaade mengatakan dia memperkirakan pandemi akan berlangsung selama beberapa bulan lagi, dan kemungkinan besar akan terjadi hingga tahun depan. 

“Jelas virus ini tidak bisa diberantas di Jerman. Ada konsensus tentang itu, setidaknya sampai ada vaksin atau perawatan. Kita harus mencoba membangun virus ini ke dalam kehidupan kita sehari-hari, mengubah perilaku kita untuk mengurangi penularannya. Kami menemukan diri kami dalam normalitas baru," jelasnya.

Dia mengatakan mengatasi virus mengharuskan setiap orang untuk bertanggung jawab atas perilakunya sendiri. 

"Hanya dengan begitu kita dapat mengendalikan virus dan menjalani kehidupan yang layak sebagai masyarakat."

Pada hari Rabu para pemimpin 16 negara Jerman sepakat untuk menempatkan tanggung jawab pada otoritas kesehatan masyarakat regional untuk memantau kemajuan virus dan memulai tindakan darurat jika infeksi mulai meningkat. 

Jika tingkat infeksi baru di kota melebihi 50 per 100.000 penduduk dalam waktu tujuh hari, masyarakat akan dengan cepat dipaksa ke dalam penguncian, termasuk penutupan sekolah dan toko. 

Schaade menyebut ukuran itu sebagai "batas keamanan pragmatis".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.