Sukses

5 Penyebab Gagal Diet, Nomor 4 Mengejutkan

Jakarta - Merasa sering gagal dalam melakukan diet? Selalu menyalahkan jenis makanan selama diet? 

Banyak orang berusaha mati-matian untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, ketika sedang berusaha untuk melakukan diet, berbagai cara tapi selalu gagal.

Penyebabnya bukan selalu karena jenis makanan yang dimakan, namun ada beberapa hal yang ternyata menjadi biang kegagalan diet. 

Menurut DW Indonesia, Kamis (12/12/2019) ini adalah lima penyebab gagalnya diet:

2 dari 7 halaman

1. Makanan Disajikan di Atas Meja

Hasil penelitian menunjukkan, orang akan makan lebih banyak jika semua makanan disajikan di meja dan Anda bisa mengambil sendiri makanan yang hendak disantap.

Padahal jika makanan sudah diporsi sebelumnya di piring, Anda rata-rata makan 19% lebih sedikit.

3 dari 7 halaman

2. Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

Smartphone membuat Anda menjadi kurang aktif. Anda menghabiskan waktu untuk menggunakan internet atau bermain games sambil duduk. Cara termudah menghindari jebakan lemak ini, adalah dengan melakukannya sambil berdiri.

Berdiri selama 1 jam bisa mengurangi berat badan hingga 2,5 kilogram dalam setahun.

4 dari 7 halaman

3. Minum Susu Rendah Lemak

Hasil penelitian menunjukkan, orang yang secara rutin minum atau menyantap produk susu dengan kadar lemak tinggi, justru beresiko lebih rendah terkena masalah obesitas.

Disarankan Anda berpindah dari susu kadar lemak rendah yang tetap membuat lapar, ke susu lemak tinggi agar merasa kenyang lebih cepat dan makan lebih sedikit.

5 dari 7 halaman

4. Baju Tidur Terlalu Ketat

Percaya atau tidak, baju tidur yang terlalu ketat bisa membuat Anda menjadi gemuk. Apalagi jika terbuat dari bahan yang 'tidak bisa bernapas' seperti satin.

Karena, suhu tubuh Anda jadinya akan meningkat dan Anda tidak bisa memproduksi cukup banyak melatonin yang membantu memerangi lemak. Jadi sebaiknya kenakan baju tidur longgar dari bahan katun malam ini.

6 dari 7 halaman

5. Warna Piring Sama dengan Makanan

Sebaiknya, warna piring yang digunakan berbeda dengan warna makanan yang akan disantap. Karena biasanya, dengan demikian Anda akan mengambil porsi yang lebih sedikit.

Tapi jika misalnya Anda menaruh pasta dengan saos putih di atas piring berwarna putih, hampir bisa dipastikan porsi yang Anda ambil 18-19 persen lebih banyak karena warna piring mirip dengan warna makanan.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: