Sukses

10-12-1901: Penghargaan Nobel Pertama Kali Diberikan

Liputan6.com, Jakarta - Hadiah nobel pertama diberikan di Stockholm, Swedia, di bidang fisika, kimia, kedokteran, sastra, dan perdamaian.

Menurut History.com, Senin (9/12/2019), upacara diadakan pada peringatan kelima kematian Alfred Nobel, penemu dinamit Swedia dan bahan peledak tinggi lainnya. 

Dalam wasiatnya, Nobel mengarahkan bahwa sebagian besar kekayaannya sebaiknya ditempatkan dalam sebuah tabungan, di mana bunganya akan “dibagikan setiap tahun dalam bentuk hadiah kepada mereka yang, selama tahun sebelumnya, memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia."

Meskipun Nobel tidak menawarkan alasan publik untuk penciptaan hadiahnya, secara luas diyakini bahwa ia melakukannya karena penyesalan moral atas penggunaan penemuannya yang semakin mematikan dalam perang.

Alfred Bernhard Nobel lahir di Stockholm pada tahun 1833, dan empat tahun kemudian keluarganya pindah ke Rusia.

Ayahnya mengelola pabrik St. Petersburg yang sukses membangun ranjau peledak dan peralatan militer lainnya.

Dididik di Rusia, Paris, dan Amerika Serikat, Alfred Nobel terbukti menjadi ahli kimia yang brilian. Ketika bisnis ayahnya tersendat setelah berakhirnya Perang Krimea, Nobel kembali ke Swedia dan mendirikan laboratorium untuk bereksperimen dengan bahan peledak.

Pada tahun 1863, ia menemukan cara untuk mengendalikan peledakan nitrogliserin, cairan yang sangat mudah menguap yang baru-baru ini ditemukan tetapi sebelumnya dianggap terlalu berbahaya untuk digunakan.

Dua tahun kemudian, Nobel menemukan topi peledak, detonator yang ditingkatkan yang meresmikan penggunaan modern bahan peledak tinggi. Sebelumnya, bahan peledak yang paling diandalkan adalah serbuk hitam, sejenis bubuk mesiu.

2 dari 3 halaman

Penghargaan Bergengsi

Saat ini, Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di dunia dalam berbagai bidang mereka.

Pemenang terkemuka termasuk Marie Curie, Theodore Roosevelt, Albert Einstein, George Bernard Shaw, Winston Churchill, Ernest Hemingway, Martin Luther King, Jr., Dalai Lama, Mikhail Gorbachev, dan Nelson Mandela.

Beberapa pemimpin dan organisasi terkadang menerima Hadiah Nobel Perdamaian, dan banyak peneliti sering berbagi penghargaan ilmiah untuk penemuan bersama mereka.

Pada tahun 1968, Hadiah Nobel Memorial dalam Ilmu Ekonomi didirikan oleh bank nasional Swedia, Sveriges Riksbank, dan pertama kali diberikan pada tahun 1969.

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia memberikan hadiah dalam bidang fisika, kimia, dan ilmu ekonomi; Institut Medico-Bedah Kerajaan Swedia menentukan penghargaan fisiologi atau kedokteran; Akademi Swedia memilih sastra; dan sebuah komite yang dipilih oleh parlemen Norwegia memberikan hadiah perdamaian.

Hadiah Nobel masih diberikan setiap tahun pada 10 Desember, tepat pada peringatan kematian Nobel.

Pada tahun 2006, setiap Hadiah Nobel membawa hadiah uang tunai hampir $1.400.000 dan para penerima juga menerima medali emas, seperti tradisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
28-1-1887: Menara Eiffel Mulai Dibangun dan Jadi Korban Nyinyir
Artikel Selanjutnya
27-1-1995: Insiden Tendangan Kungfu Eric Cantona ke Penonton