Sukses

Palestina Kecam PM Israel Usai Janjikan Lagi Aneksasi Tepi Barat

Para pejabat Palestina mengecam PM Israel yang kembali menyatakan janji untuk mencaplok semua tanah di Tepi Barat yang didukui untuk mendirikan permukiman ilegal Israel.

Liputan6.com, Ramallah - Para pejabat Palestina mengecam Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang kembali menyatakan janji untuk mencaplok semua tanah atau aneksasi di Tepi Barat yang didukui untuk mendirikan permukiman ilegal Israel.

Ramallah memperingatkan bahwa langkah seperti itu tidak akan mengarah pada "perdamaian".

Merespons pengumuman Netanyahu pada Minggu 1 September 2019, juru bicara kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeineh mengatakan bahwa hal tersebut adalah "kelanjutan dari upaya untuk menciptakan fait accompli yang tidak dapat diterima," demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (2/9/2019).

Rudeineh menambahkan bahwa langkah seperti itu "tidak akan menghasilkan kedamaian, keamanan atau stabilitas".

Sementara itu, Saeb Erekat, sekretaris jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), meminta masyarakat internasional untuk mengambil tindakan setelah komentar Netanyahu.

"Mereka yang mengaku khawatir setelah setiap pengumuman penyelesaian Israel harus menghadapi kenyataan: PM Israel mengumumkan aneksasi lebih lanjut atas wilayah yang diduduki," tulis Erekat di Twitter.

"Cukup impunitas: Ada tanggung jawab internasional untuk menjatuhkan sanksi terhadap Israel setelah puluhan tahun melakukan kejahatan sistematis," tambahnya.

Permukiman ilegal di bawah hukum internasional merupakan batu sandungan utama untuk perjanjian damai Israel-Palestina.

Palestina berusaha menjadikan Tepi Barat bagian dari negara masa depan yang akan mencakup Jalur Gaza, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Israel merebut daerah-daerah itu pada Perang Arab - Israel 1967. Negeri Bintang David juga mengirim pasukan serta mengusir pemukim Palestina dari Gaza pada 2005.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaring Suara Jelang Pemilu?

Penegasan kembali Netanyahu tentang janji pencaplokan itu terjadi di tengah dorongan kampanye untuk menarik para pendukung faksi sayap kanan ke partai Likud yang dipimpinnya menjelang pemilihan 17 September di Israel.

"Dengan bantuan Tuhan, kami akan menerapkan kedaulatan Yahudi untuk semua komunitas, sebagai bagian dari tanah Israel yang dijanjikan, dan sebagai bagian dari negara Israel," katanya kepada audiensi di pemukiman Elkana Tepi Barat pada hari Minggu 1 September 2019.

Berkuasa selama dasawarsa terakhir, tetapi dengan tuduhan korupsi yang membayangi, Netanyahu telah memperingatkan bahwa Likud perlu muncul dengan kepemimpinan yang menentukan dalam pemilihan atau presiden Israel mungkin memilih kandidat lain untuk membentuk koalisi pemerintahan setelah perlombaan.

Netanyahu membuat janji yang sama tentang pencaplokan sebelum pemilihan terakhir Israel pada bulan April, tetapi hasilnya membuatnya tidak dapat membentuk koalisi pemerintahan yang layak dan mendorong pemungutan suara untuk sebuah jajak pendapat baru.

Lebih dari 400.000 warga Israel tinggal di permukiman di Tepi Barat yang diduduki, sementara 200.000 lainnya tinggal di permukiman di Yerusalem Timur yang diduduki, di mana Israel secara sepihak telah memberlakukan kedaulatan penuh. Para pemukim adalah papan utama dukungan untuk pemerintah Netanyahu.

Didukung AS

Sementara itu, pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah mengayunkan kebijakan Gedung Putih yang dengan tegas mendukung Israel.

Pada bulan Juni 2019, duta besar AS untuk Israel, David Friedman, mengatakan Israel memiliki hak untuk mencaplok setidaknya bagian dari Tepi Barat.

Dengan publikasi rencana perdamaian AS yang diantisipasi masih tertunda, Trump telah mengakui pencaplokan Dataran Tinggi Golan yang diduduki tahun 1981 oleh Israel - tanah yang direbut dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.