Sukses

Paus Fransiskus Lantik Uskup Agung Jakarta Jadi Kardinal Vatikan pada 5 Oktober

Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo mendapat kepercayaan dari Paus Fransiskus yang menunjuknya sebagai salah satu kardinal Tahta Suci Vatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo mendapat kepercayaan dari Paus Fransiskus yang menunjuknya sebagai salah satu kardinal Tahta Suci Vatikan.

Pemimpin umat Katolik dunia itu akan melantik Uskup Agung Suharyo bersama 12 kardinal terpilih lainnya dalam Sidang Para Kardinal di Vatikan pada 5 Oktober 2019.

"Saat ini Uskup Agung masih di Jakarta, baru ke Vatikan menjelang pelantikan," kata Humas Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie seperti dilansir Antara, Senin (2/9/2019).

Selain menjadi pemimpin Keuskupan Agung Jakarta, Suharyo juga dikenal sebagai ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan uskup TNI/Polri.

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dalam pernyataan resmi menyebutkan keterpilihan Uskup Agung Suharyo sebagai salah satu kardinal merupakan bentuk kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kardinal ke-3 dari Indonesia

Kardinal ke-3 dari IndonesiaUskup Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga yang pernah dimiliki Indonesia setelah Justinus Darmojuwono dan Julius Darmaatmadja.

Mgr Ignatius Suharyo lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 9 Julo 1950. Mgr Ignatius menjadi Uskup Agung Jakarta sejak 29 Juni 2010, yang menggantikan Kardinal Julius Darmaatmadja.

Sebelum menjadi Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo menduduki posisi sebagai Uskup Agung Koajutor Jakarta. Dia juga pernah menjabat sebagai Uskup Agung Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.